Membersihkan Sofa Bahan Kulit dari Noda

sofa-bahan-kulit

Sofa yang sering digunakan akan rentan kotor, baik karena debu, sisa makanan, tinta, dan lainnya. Oleh sebab itu, membersihkan sofa secara rutin diperlukan agar sofa tetap nyaman dan lebih awet. Jika Anda memiliki sofa bahan kulit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membersihkannya.

Tips Merawat dan Membersihkan Sofa Bahan Kulit agar Awet

1. Membersihkan sofa dengan vacuum cleaner

Walaupun material kulit memiliki tekstur permukaan yang lebih licin, bukan berarti bebas debu. Anda tetap perlu membersihkan sofa dengan vacuum cleaner. Selain untuk menghilangkan debu, juga untuk membersihkan sofa dari berbagai jenis kotoran kering yang menempel.

2. Mencuci sofa

Jika ada noda ringan yang menempel, Anda bisa mengelap sofa dengan air hangat. Namun untuk membersihkan secara menyeluruh bisa menggunakan sabun dengan cara berbeda tergantung bahan kulitnya asli atau kulit sintetis. Berikut cara membersihkan sofa bahan kulit berdasarkan jenis bahan kulit yang digunakan.

  • Bahan kulit asli

Anda bisa menggunakan air yang dicampur sabun atau menggunakan saddle soap untuk mencuci sofa. Masukan lap pada cairan tersebut dan kemudian gosok secara perlahan pada sofa. Setelah dibersihkan nodanya, Anda harus segera mengelap sofa dengan kain bersih agar cepat kering.

  • Bahan kulit sintetis

Bahan kulit sintetis juga bisa dibersihkan dengan air dan sabun. Cuci sofa dengan cairan sabun dan biarkan permukaan kulit tersebut kering secara alami namun jangan dijemur di bawah sinar matahari. Pastikan sofa benar-benar kering untuk mencegah munculnya jamur pada bahan kulit ini.

  • Bahan suede

Sofa dengan bahan suede dapat dibersihkan dengan cairan cuka yang dioles pada permukaan sofa dan kemudian ditaburi dengan tepung maizena. Gosok untuk mengangkat kotoran atau noda pada sofa dengan sikat khusus suede. Lap bersih hingga sofa kering.

3. Oles pelembab pada permukaan sofa bahan kulit

Tips membersihkan sofa kulit agar tidak pecah adalah menggunakan pelembap untuk bahan kulit. Oles atau semprot pelembab secara menyeluruh untuk menjaga lapisan kulit tetap lembap. Perlu diingat bagi pemilik kursi dengan bahan kulit untuk mengaplikasikan pelembap secara berkala agar kulit tidak kering.

Bahan kulit yang kering akan sangat rentan mengalami pecah yang menyebabkan permukaan sobek. Pelembap ini dapat diaplikasikan secara berkala dengan mengikuti petunjuk penggunaan pelembap bahan kulit.

Baca Juga: Jasa Service Sofa Bintaro untuk Atasi Sofa Kotor

4. Oles semir

Jika Anda sudah membersihkan sofa secara menyeluruh dan mencucinya, Anda bisa memberikan semir berwarna netral. Ini bisa dilakukan pada sofa dengan bahan kulit sintetis.

Pilih semir untuk bahan kulit dengan warna netral atau sesuai dengan warna sofa aslinya. Oles secara menyeluruh agar permukaan sofa kembali mengkilap.

5. Letakkan sofa di tempat yang aman

Setelah sofa bersih, sebaiknya Anda memilih tempat yang aman untuk menempatkan sofa agar terhindar dari panas sinar matahari. Hindari juga dari benda tajam dan hewan yang mungkin bisa merusak bahan kulit.

Itulah beberapa tips membersihkan dan mencuci sofa bahan kulit agar bebas dari debu dan kotoran. Sofa yang hampir digunakan setiap hari ini tentu sebaiknya juga dibersihkan secara rutin. Anda bisa membersihkan sendiri dengan mudah atau menggunakan jasa cleaning service untuk membersihkan sofa di rumah.

Anda tidak tahu dimana mendapatkan jasa bersih-bersih yang bagus? Cari saja di Suwun.co.id dengan memasukkan pilihan jasa yang Anda butuhkan di kolom pencarian. Nanti akan ditampilkan berbagai pilihan jasa yang relevan dengan pencarian Anda. Download juga aplikasi Suwun melalui Play Store dan App Store untuk fitur yang lebih mudah.

Artikel yang Direkomendasikan