Cara Memperbaiki Charger HP yang Lama

cara-memperbaiki-charger-hp

Mengisi ulang baterai ponsel hingga penuh menjadi lama dapat terjadi karena berbagai faktor. Hal ini dapat terjadi karena charger rusak, kabel putus, dan lainnya. Anda dapat mencoba beberapa cara memperbaiki charger hp yang lama mengisi berikut untuk mengatasinya.

Cara Memperbaiki Charger HP yang Lama Mengisi untuk Pengguna Android

1.  Memperbaiki charger dengan ganti kabel

Charger hp menjadi lama untuk mengisi baterai bisa disebabkan karena masalah pada kabelnya. Anda bisa mencoba dulu dengan kabel charger lain untuk memastikannya.

Apabila pengisian daya menjadi cepat, ini menandakan kabel charger Anda memang sudah rusak. Solusinya yaitu mengganti kabel baru. Kabel charger bisa dibeli di toko aksesoris hp yang tersebar di berbagai daerah.

2. Memperbaiki charger lambat mengisi dengan membersihkan port USB

Cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi charger yang lambat dalam melakukan pengisian ulang baterai hp yaitu dengan cara membersihkan port USB. Kondisi port USB yang sudah kotor karena debu, dapat membuat kinerja charger tidak maksimal.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya membersihkan port USB ini agar bebas kotoran dan debu. Anda dapat menggunakan kuas kecil untuk membersihkannya. Kemudian lap menggunakan tisu kering untuk mengangkat debu dan kotoran hingga benar-benar bersih.

3. Cara memperbaiki charger hp yang lama mengisi dengan ganti adaptor

Apabila Anda mendapati charger hp yang tidak bisa mengisi baterai dengan durasi yang wajar, ada baiknya untuk mengganti kepala charger atau adaptor charger tersebut. Tips perbaiki charger hp dengan membersihkan colokan mungkin tidak bekerja jika kerusakannya ada pada adaptor charger tersebut.

Anda bisa mengecek terlebih dahulu dengan menggunakan adaptor charger lain. Apabila pengisiannya normal, artinya adaptor charger Anda memang sudah rusak dan perlu diganti. Pastikan Anda membeli adaptor charger sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan.

Baca Juga: Cara Memperbaiki LCD HP Rusak

4. Menonaktifkan semua aplikasi yang berjalan

Secara tidak disadari mungkin ada banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar. Hal ini dapat menyebabkan pengisi baterai menjadi lebih lama karena aplikasi yang memakan daya tersebut.

Anda mungkin mengira charger hp yang rusak karena pengisian baterai lama. Padahal masalahnya adalah pada aplikasi yang aktif yang menguras daya baterai. Oleh sebab itu, sebaiknya ketika mengisi baterai hp, sebaiknya ponsel dimatikan.

5. Mengecek kondisi baterai hp

Ketika pengisian ulang baterai hp menjadi lebih lama dari biasanya, bisa disebabkan karena charger atau justru dari baterai hp itu sendiri. Apabila baterai ponsel Anda sudah rusak, ini dapat menyebabkan penyimpanan daya menjadi menurun.

Jadi untuk mengisi baterai hingga penuh pun akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari rata-rata. Silahkan Anda cek kondisi baterai hp apakah masih layak pakai atau tidak.

Bagi Anda yang menggunakan ponsel dengan baterai tanam, silahkan minta bantuan teknisi. Jangan coba membongkar sendiri apabila Anda tidak paham mengenai pemasangan komponen hp ini.

Itulah beberapa cara memperbaiki charger HP yang lama mengisi yang bisa Anda coba. Kualitas charger hp memang dapat menurun seiring umur pemakaiannya. Apabila Anda sudah mencoba cara di atas hingga mengganti charger baru tetapi tidak berhasil, mungkin Anda membutuhkan teknisi yang paham mengenai masalah tersebut.

Jika Anda sedang mencari tukang service hp atau jasa lainnya, silahkan kunjungi Suwun.co.id dan masukan jenis layanan jasa yang Anda butuhkan di kolom pencarian. Anda dapat memiliki jasa terbaik dari beberapa pilihan yang muncul sesuai pencarian Anda. Download juga aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk menikmati fitur-fitur yang lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan