Cara Memperbaiki Warna TV Sharp

cara-memperbaiki-warna-tv

Sharp menjadi salah satu merek TV yang banyak digunakan masyarakat. TV sekelas Sharp juga dapat mengalami kerusakan seperti munculnya warna dominan. Cara memperbaiki warna TV Sharp yang dominan dengan biru, hijau, atau merah dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti berikut.

Cara Memperbaiki Warna TV Sharp yang Dominan dengan Warna Tertentu

1. Memperbaiki warna TV dengan membersihkan karat pada soket tabung

Salah satu cara untuk memperbaiki warna TV Sharp yang tidak normal yaitu dengan membersihkan karat yang muncul pada soket. Karat pada soket tabung dapat menyebabkan warna TV berubah menjadi dominan warna tertentu.

Cara membersihkan karat pada soket ini harus dilakukan dengan melepas soket tabung terlebih dahulu. Apabila kondisi karat pada soket sudah terlalu parah atau sulit dibersihkan, maka perlu diganti dengan soket yang baru.

Silahkan Anda ganti soket serupa agar warna TV Sharp kembali normal. Soket yang sudah berkarat parah ini dapat menyebabkan warna TV menjadi hilang sehingga perlu diganti.

2. Cara memperbaiki warna TV Sharp dengan ganti IC Chroma

Warna TV Sharp menjadi dominan hijau, ungu, biru, atau merah dapat disebabkan oleh kerusakan pada chroma pengolah warna. Perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan apakah masalahnya berasal dari chroma pengolah warna tersebut atau bukan.

Chroma pengolah warna ini ada di bagian IC Chroma dan menyatu dengan beberapa blok rangkaian. Jika memang ada masalah pada bagian ini, maka perlu dilakukan perbaikan agar warna TV kembali penuh.

Namun untuk kondisi chroma pengolah warna yang sudah tidak bisa diperbaiki, silahkan diganti komponennya. Cara memperbaiki TV Sharp warna hijau ini harus diganti dengan IC Chroma yang sesuai. Supaya tidak salah membeli IC Chroma, Anda dapat membawa contohnya sehingga mendapatkan jenis IC Chroma yang sesuai.

Baca Juga: Service TV Palembang Terbaik

3. Memperbaiki warna TV dengan ganti Transistor RGB

Kerusakan TV Sharp yang hanya menampilkan satu warna seperti hijau atau biru dapat terjadi karena masalah pada komponen sirkuit RGB. Transistor RGB merupakan rangkaian yang mengolah warna sinyal sebelum disalurkan ke tabung melalui terminal katode.

Apabila sirkuit RGB mati, maka perlu dilakukan penggantian. Namun sebelum diganti, harus dilakukan pengukuran terlebih dahulu untuk setiap terminal katoda tabung (KG, KR, KB). Ini diperlukan untuk mengetahui besaran tegangan pada tiga terminal katoda tersebut.

Jika pada pengukuran katoda ada salah satu terminal yang tegangannya lebih besar, blok penguat tegangan pada katoda tersebut akan mengalami kendala. Cara memperbaiki TV Sharp warna biru karena hal tersebut yaitu dengan solder ulang pada terminal transistor yang retak.

Sedangkan untuk kasus RGB yang mati, maka solusinya adalah mengganti RGB baru. Silahkan lepas transistor RGB yang sudah rusak dan ganti yang baru. Cara ini akan mengembalikan warna TV Anda kembali normal dari yang sebelumnya hanya dominan biru, hijau, atau merah.

Itulah beberapa cara memperbaiki warna TV Sharp sesuai dengan masing-masing penyebabnya. Sebelum memperbaiki warna TV yang dominan dengan warna-warna tertentu memang harus dicari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Apabila Anda tidak paham tentang TV, sebaiknya hubungi teknisi yang sudah profesional.

Anda butuh segera teknisi untuk memperbaiki TV di rumah? Cari saja di Suwun.co.id untuk jasa service TV dan layanan jasa terbaik lainnya dengan mudah. Anda dapat memilih layanan jasa dari beberapa pilihan yang ditampilkan. Download juga aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur lebih lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan