Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak

cara-memperbaiki-lcd-hp

HP jatuh mungkin sudah pernah dialami oleh banyak orang. Jika jatuhnya cukup keras atau dari tempat yang tinggi, kemungkinan LCD hp rusak dapat terjadi. Beberapa cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh mungkin dapat menjadi solusi sebelum Anda membawanya ke tempat service.

Cara Memperbaiki LCD HP yang Rusak karena Jatuh agar Bisa Digunakan Lagi

1. Cara memperbaiki LCD HP rusak flickering

Salah satu kerusakan LCD akibat hp jatuh adalah flickering atau muncul garis-garis bergerak pada layar. Jika hp Anda mengalami flickering, akan sulit untuk menggunakannya. Mungkin jika digunakan terlalu lama, mata akan terasa pusing karena layar rusak tersebut.

Cara memperbaiki LCD HP Xiaomi yang rusak karena jatuh dan mengalami layar bergaris ini bisa menggunakan teknik booting. Silahkan Anda melakukan booting smartphone dengan menekan tombol daya selama beberapa detik hingga muncul pop up menu safe mode. Kemudian tekan tombol OK untuk konfirmasi reboot ke safe mode.

Apabila belum berhasil, Anda bisa menggunakan hp lain untuk mengatasi garis-garis flicker. Langkah pertama yaitu membuka kamera di hp lain dan buka pengaturan untuk mengaktifkan fitur anti flickering. Atur skala menjadi 60 hertz dan arahkan ke LCD HP yang mengalami flickering.

2. Cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh agar dead pixel tidak menyebar

Dead pixel adalah kerusakan pada LCD HP yang berupa bercak hitam di salah satu bagian. Kerusakan ini dapat terjadi ketika hp tidak sengaja terbentur atau terjatuh. Jika tidak segera diperbaiki, dead pixel dapat menyebar hingga seluruh layar tidak bisa dipakai.

Solusi untuk mengatasi kerusakan ini dapat menggunakan aplikasi Pixel Fixer atau sejenisnya. Tujuannya yaitu merangsang layar agar dapat merespons warna. Caranya yaitu menggunakan spektrum cahaya dinamis dari fitur aplikasi.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba cara lainnya dengan melepas semua bagian hp, mulai dari baterai, kartu memori, dan sim card. Masukan semuanya ke wadah plastik transparan dan ditutup rapat. Setelah itu, simpan di dalam freezer sekitar 6 hingga 8 jam dan tunggu hingga suhu perangkat kembali normal untuk dipasang ulang.

Baca Juga: Biaya Service HP Asus Sesuai Kerusakan

3. Cara memperbaiki LCD HP rusak baret

Kerusakan ini cukup sering terjadi karena kelalaian pengguna, HP jatuh yang mengakibatkan LCD mengalami baret. Kerusakan ini mungkin bisa diminimalisir jika HP sudah menggunakan anti gores.

Namun bagi Anda yang tidak memasang anti gores, maka perlu menggunakan cara memperbaiki LCD HP Samsung yang rusak karena jatuh untuk mengatasi baret. Caranya yaitu menggunakan pasta gigi.

Silahkan Anda cari di kamar mandi, pasta gigi yang biasa digunakan untuk mengatasi baret pada LCD HP. Anda dapat mengoleskan pasta gigi ke permukaan LCD dan diamkan sebentar. Kemudian bersihkan dengan tisu atau lap agar LCD kembali mulus.

Itulah beberapa cara memperbaiki LCD HP yang rusak karena jatuh yang bisa Anda coba. Sebenarnya ada banyak cara untuk memperbaiki LCD HP tergantung dari kerusakannya. Apabila Anda tidak bisa mengatasinya sendiri, maka solusi terakhir adalah membawanya ke tempat service.

Apakah Anda sedang membutuhkan jasa service hp yang bagus? Yuk, cari jasa service hp terbaik di  Suwun.co.id dengan memasukkan jenis jasa yang Anda butuhkan di kolom pencarian. Pilih jasa service terbaik dari beberapa pilihan yang ditampilkan untuk Anda. Download juga aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur-fitur yang lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan