Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespon

remot-tv

Remot TV tidak merespons ketika tombol dipencet mungkin sudah pernah dialami oleh banyak orang. Tidak perlu khawatir ketika Anda tiba-tiba mengalaminya karena ada beberapa cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon yang bisa dicoba. Lalu, bagaimana caranya? Simak langsung ulasannya di artikel berikut.

Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespon Tanpa Perlu Beli yang Baru

1. Perbaiki remot TV tidak merespon dengan membersihkan tombol

Cara pertama yang bisa dicoba jika remot TV Anda menjadi tidak responsif adalah membersihkan tombol-tombol pada remot. Anda bisa menggunakan alat kecil seperti jarum untuk membersihkan sela-sela tombol remot dari kotoran atau debu.

Namun jika ingin lebih bersih, Anda bisa membersihkan keypad remot dengan melepasnya dari bodi remot. Gunakan cutton bud atau kapas untuk membersihkan kotoran yang menempel. Jika sudah bersih, Anda bisa memasangnya kembali.

2. Perbaiki remot TV tidak merespon dengan membersihkan besi penghubung

Selain membersihkan tombol, Anda bisa mencoba cara memperbaiki remot TV Polytron yang tidak merespon dengan membersihkan besi penghubung baterai. Jika besi pada kotak baterai tersebut sudah berkarat, arus listrik dari baterai ke remot akan terhambat sehingga remote tidak berfungsi dengan baik.

Biasanya remot terkadang respons terkadang tidak karena arus listrik dari baterai yang tidak optimal. Anda dapat membersihkan besi penghubung baterai menggunakan cairan khusus.

Namun Anda perlu membuka remot dengan melepas satu per satu baut dan kemudian besi penghubungnya diangkat. Setelah dibersihkan dengan cairan khusus, silahkan keringkan terlebih dahulu sebelum dipasang kembali pada remot tv.

Baca Juga: Service TV Palembang sebagai Pilihan Terbaik

3. Cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon dengan ganti baterai

Jika remot TV Anda tidak merespon ketika dipencet tombolnya, bisa saja baterai pada remot tersebut sudah habis. Baterai habis otomatis remot TV Anda akan kehilangan pasokan daya sehingga remot tidak berfungsi seperti biasanya.

Apabila Anda memiliki multi tester, Anda bisa menggunakannya untuk mengecek daya baterai. Namun jika tidak punya juga tidak masalah karena Anda bisa mengecek baterai pada perangkat elektronik lain seperti jam yang menggunakan baterai sejenis.

Silahkan beli baterai yang baru apabila baterai remot TV Anda yang lama sudah habis daya. Buka penutup baterai dan lepas baterai lama untuk mengganti dengan yang baru. Tutup kembali dan cek apakah remot sudah berfungsi lagi atau belum.

4. Perbaiki remot TV tidak merespon dengan mengatur ulang pengaturan remot tv

Selanjutnya adalah menggunakan pengaturan ulang untuk Anda yang menggunakan remot TV universal. Cara memperbaiki remot TV LG yang tidak merespon ini menggunakan kode error yang bisa untuk semua merek tv. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi remot TV yang tidak merespon.

Memperbaiki error pada remot TV yang tidak responsive ini Anda perlu mengatur ulang setting password dengan kata sandi baru. Jika perlu, Anda bisa simpan password tersebut.

Itulah beberapa cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon yang bisa Anda coba. Jadi Anda tidak perlu membeli remot TV yang baru. Namun apabila cara-cara di atas tidak ada yang berhasil, mungkin saatnya Anda menghubungi tukang servis untuk memperbaikinya.

Anda bingung untuk mencari jasa service TV yang bagus? Jangan khawatir, Anda bisa mencari jasa service terbaik dengan mudah di Suwun.co.id melalui fitur pencarian yang tersedia. Silahkan masukan saja jenis layanan jasa yang Anda butuhkan dan nanti akan muncul beberapa pilihannya. Anda juga bisa download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april