Cara Menghitung Biaya Membangun Kos Kosan

biaya-membangun-kosan

Salah satu bisnis yang menguntungkan yaitu bisnis kos-kosan atau kontrakan. Bisnis ini bisa dikatakan memiliki keuntungan yang besar karena hanya mengeluarkan modal besar di awal saja.

Setelah selesai melakukan pembangunan maka seterusnya Anda akan mendapatkan keuntungan dari pemasukan biaya kosan baik itu tiap bulan sekali atau setiap tahun sekali sesuai dengan peraturan dengan penyewa kos.

Bisnis kos atau kontrakan ini merupakan salah satu bisnis properti yang sangat menjanjikan terutama bagi mereka yang memiliki lahan di dekat fasilitas umum seperti sekolah.

Baca Juga: Biaya Borongan Bangun Rumah Per Meter

Perhatikan Ini Saat Menghitung Biaya Membangun Kos Kosan

Bagi Anda yang sudah merencanakan untuk membuat kosan maka Anda perlu mengetahui bagaimana menghitung biaya membangun kos kosan sehingga bisa mendapatkan keuntungan.

Harga Tanah

Pertama yang perlu diperhatikan pada saat akan membangun rumah kost yaitu mempertimbangkan harga tanah. Cara menghitung harga bangun kos tentunya dimulai dari harga tanah yang akan dibeli atau yang dimiliki.

Harga tanah ini jadi salah satu faktor pengeluaran dana atau modal yang sangat besar. Terlebih lagi jika posisi tanah ada di tempat atau lokasi yang strategis sehingga harganya akan makin tinggi.

Ekspansi Kost

Menghitung biaya membangun kos kosan juga perlu mempertimbangkan ekspansi kost. Ekspansi atau tindakan perluasan usaha ini juga perlu dipertimbangkan pada saat perencanaan. Beberapa orang juga menginginkan pendapatan yang lebih saat sudah memiliki bangunan kosan.

Desain Kost

Tips membangun kosan selanjutnya yaitu desain kos. Desain kos yang baik yaitu yang mengutamakan keamanan serta kenyamanan dari penyewa. Terlebih lagi rumah kos biasanya sering ditinggal oleh penghuninya sehingga keamanan jadi hal yang paling utama.

Simulasi Menghitung Biaya Membangun Kos Kosan

Pembangunan kos-kosan ini harus mempersiapkan rencana anggaran biaya yang jumlahnya relatif besar. Perencanaan ini akan membantu untuk mempermudah proses sehingga dapat meminimalkan masalah atau risiko kemacetan pembangunan yang disebabkan oleh dana.

Menghitung biaya membangun kos kosan harus dilakukan secara detail sehingga perhitungan tidak akan keliru. Jika Anda merasa tidak sanggup untuk melakukan perencanaan maka bisa Apakah bisa menggunakan jasa konsultan untuk meminimalkan kesalahan.

Sebagai contoh perhitungan untuk pembangunan rumah kost dengan kamar berukuran 3×4 dan tanah berukuran 12 meter persegi. Jika harga tanah yang dibeli sebesar Rp1.000.000 untuk tiap meter persegi maka untuk pembangunan kos pertama dia bisa menyentuh angka Rp2.000.000.

Berikut merupakan rincian pembiayaan pembangunan kostan.

Biaya pembelian tanah: 120 meter persegi x Rp1.000.000 = Rp120.000.000

Biaya pembangunan tiap kamar kost: 12 meter persegi x Rp2.000.000 = Rp24.000.000.

Jika Anda akan membangun 10 kamar maka biaya yang dibutuhkan yaitu Rp240.000.000 dan jika ditambahkan dengan biaya tanah maka menjadi Rp360.000.000. Modal tersebut memang sangat besar.

Jika 10 kamar yang dibuat semuanya terisi dan harga untuk tiap kamarnya Rp500.000 dan pembayaran dilakukan secara bulanan sehingga untuk satu tahun Anda akan mendapatkan sebesar Rp60.000.000 untuk 10 kamar. Pengembalian modal akan didapatkan dalam 6 tahun.

Nah, itu saja ulasan kali ini. Bagi Anda yang membutuhkan jasa kontraktor untuk membangun kos-kosan, Anda bisa langsung kunjungi Suwun.co.id. Situs Suwun menyediakan berbagai jasa yang Anda butuhkan dengan harga yang variatif dan tentunya bersaing!

Suwun juga menyediakan aplikasi bagi Anda yang ingin lebih mudah mencari jasa yang dibutuhkan melalui smartphone Anda. Download aplikasi Suwun sekarang!

Artikel yang Direkomendasikan