Mengenal Jenis Galvalum dan Harganya

jenis-galvalum-harga

Penggunaan material galvalum sebagai atap belakangan ini menjadi populer di bidang konstruksi bangunan. Galvalum merupakan material plat logam dalam bentuk lembaran yang melewati proses galvanisasi yang membuat material tersebut memiliki kelebihan tertentu seperti tahan karat dan lebih awet digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Untuk itu, penting untuk mengetahui jenis galvalum dan harganya terutama saat Anda melakukan renovasi atau membangun rumah.

Galvalum sebagai solusi penggunaan atap bangunan memiliki beberapa manfaat, antara lain sebagai berikut:

  • Galvalum memiliki material yang lebih ringan sehingga tidak memberi beban yang berat pada struktur bangunan
  • Galvalum lebih tahan karat karena telah melalui proses galvanisasi yang membuat material logam menjadi tahan karat dan menjadi lebih tahan lama untuk digunakan dalam jangka panjang.
  • Galvalum lebih mudah dibentuk dan lebih mudah disesuaikan ukurannya sehingga lebih memudahkan pekerjaan saat pemasangan atap
  • Galvalum dapat dilakukan pengecatan ulang sehingga lebih mudah perawatannya
  • Tersedia dalam beberapa tipe galvalum dengan ukuran dan ketebalan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Beberapa Tipe maupun Jenis Galvalum dan Harganya

Galvalum sendiri memiliki beberapa jenis dan harganya masing – masing. Berikut ini daftar jenis dari galvalum dan harganya.

1. Seng galvalum

Jenis pertama dari galvalum yaitu seng galvalum. Jenis ini memiliki ciri berbentuk gelombang yang tipis dan ringan. Umumnya, ukuran dari jenis seng galvalum ini sekitar 83 x 200 cm dan ketebalannya mulai dari 0,2 sampai 1 mm. Jenis ini cocok untuk diterapkan di atap rumah, masjid, dan bangunan yang skalanya tidak terlalu besar. Harganya sendiri dibedakan berdasarkan jenis ukuran dan ketebalannya

2. Plat BJLS

Jenis galvalum berikutnya yaitu Plat BJLS. Jenis ini merupakan jenis galvalum yang memiliki jenis gelombang yang tidak berurutan dan merupakan jenis yang cocok untuk digunakan sebagai atap dan juga dinding. Jenis ini lebih cocok untuk penggunaan jenis bangunan berskala besar seperti bangunan industri, pergudangan, perkantoran, pertokoan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Menghitung Bikin Rumah 2 Lantai

Jenis Galvalum dan Harganya

Harga dibedakan berdasarkan jenis dan ukuran ketebalannya. Berikut ini daftar harga galvalum, diambil dari beberapa sumber.

1. Seng galvalum

Jenis galvalum yang satu ini memiliki harga yang sedikit lebih murah di pasaran dengan satuan harga per lembar dan dibedakan menurut ketebalan dan ukurannya.

  • Ketebalan 0,2 mm dengan ukuran 1,8 m x 80 cm        : Rp 48.000 per lembar
  • Ketebalan 0,25 mm dengan ukuran 1,8 m                   : Rp 62.000 per lembar
  • Ketebalan 0,25 mm dengan ukuran 2,1 m                   : Rp 69.000 per lembar
  • Dll

2. Plat BJLS

Untuk jenis yang kedua, dijual dengan satuan per meter dan per lembar menurut ketebalannya.

  • Ketebalan 0,4 mm ukuran 1,2 x 1 m               : Rp 118.000 per meter
  • Ketebalan 0,5 mm ukuran 1,2 x 1 m               : Rp 147.000 per meter
  • Ketebalan 0,6 mm ukuran 1,2 x 1 m               : Rp 173.000 per meter
  • Ketebalan 0.4 mm bobot 10,05 kg                  : Rp 273.000 per lembar
  • Ketebalan 0.5 mm bobot 12,38 kg                  : Rp 338.000 per lembar

Itulah sedikit pembahasan mengenai jenis dan harganya. Untuk mencari referensi material bangunan seperti galvalum, Anda dapat mengunjungi Suwun.co.id. Anda juga bisa download aplikasi Suwun melalui Play Store dan App Store untuk fitur lebih lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan