Biaya Borongan Bangun Rumah Per Meter 2022 Terbaru

borongan bangun rumah

Ketika akan membangun rumah, semua biaya yang diperlukan sangat penting untuk diperhitungkan terlebih dahulu. Semua perkiraan biaya membangun rumah sangat penting untuk dihitung terlebih dahulu agar mengetahui kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan. Biaya tersebut bisa terdiri dari biaya bahan material, jasa tukang atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pembangunan rumah.

Hal tersebut karena semua hal-hal yang disebutkan tadi berperan penting pada proses pembangunan. Biaya untuk jasa tukang ataupun lainnya biasanya terdiri dari sistem harian atau borongan. Sistem biaya borongan bangun rumah dinilai memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan sistem harian namun tetap saja itu semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Perkiraan Biaya Borongan Bangun Rumah

Beberapa menyebutkan bahwa anggaran bangun rumah dengan sistem borongan ini dinilai lebih menguntungkan karena Anda tidak perlu repot mengurus segala keperluan yang ada karena semuanya sudah diurus secara penuh pada pihak pemborong.

Tetap saja Anda perlu berkonsultasi dahulu sebelumnya tentang biaya yang akan dikeluarkan agar tidak ada kesalahpahaman dan Anda bisa yakin dengan pihak pemborong tersebut. Nah di bawah ini terdapat estimasi biaya bangun rumah per meter yang bisa diketahui.

Biaya tanah

Sebelum membangun rumah pastinya Anda sudah mempunyai tanah terlebih dahulu karena membangun rumah berada di atas tanah. Jika Anda ingin mencicil memiliki tanah terlebih dahulu sebelum membangunnya, Anda perlu mengetahui kisaran biaya tanah. Setiap wilayah memiliki harga tanah yang berbeda, nah contoh kisaran harga yang berlaku di ibukota per meternya adalah sebesar 3 juta.

Jadi misalkan Anda akan membangun rumah pada tanah yang memiliki rasio 130:150 maka kisaran membeli tanah tersebut sebesar 150 x 3.000.000 = 450.000.000.

Biaya pondasi

Selanjutnya setelah mengetahui kisaran biaya tanah, Anda juga tidak boleh melewatkan biaya pondasi dan beton. Kedua hal ini sangat penting sekali pada pembangunan rumah karena sebelum membangunnya harus dibuat pondasi yang kuat terlebih dahulu.

Perhitungan biaya pondasi sama dengan rumus menghitung trapesium yaitu (penampang atas+bawah) : 2 x tinggi pondasi. Kemudian setelah pondasi telah dihitung dikalikan dengan biaya pondasi per meter kubiknya.

Baca Juga: Tips Memilih Jasa Tukang Bangunan Online

Biaya borongan bangun rumah, upah tenaga kerja

Keberadaan tenaga kerja yang profesional sangat penting sekali agar proses pembangunan rumah bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan bangunan yang kokoh. Biaya tenaga kerja terdiri dari sistem borongan dan harian, untuk sistem harian biaya tersebut berkisar 150 sampai 200 ribu untuk per harinya.

Jika Anda memilih sistem borongan maka hal yang dilihat adalah pada luas bangunan yang akan dikerjakan. Berapa biaya bangun rumah per meter? Per meternya biaya yang dikeluarkan berkisar 3,5 sampai 5 juta.

Biaya material

Berdasarkan estimasi biaya bangun rumah, biaya material dikatakan memakan jumlah yang cukup besar. Hal tersebut karena setiap detail dalam membangun rumah ini membutuhkan bahan bangunan atau material yang ada. Jika ingin disesuaikan dengan keinginan Anda yang pengerjaannya rumit misalnya, maka akan membutuhkan biaya yang cukup besar apalagi jika menginginkan kualitas yang tinggi.

Itulah beberapa informasi perkiraan biaya borongan bangun rumah yang bisa Anda ketahui. Jika Anda ingin mengetahui lebih jelas informasi ini dan membutuhkan jasa borongan rumah professional Anda bisa akses Suwun.co.id.

Suwun akan menyalurkan Anda pada jasa borongan rumah terbaik dengan harga yang sangat bersaing! Jangan lupa, install aplikasi Suwun untuk mencari pilihan jasa borong membangun rumah yang cocok dengan kebutuhan Anda!

Artikel yang Direkomendasikan