Desain Balkon Carport dan Tips Membuatnya

Balkon biasanya ditempatkan di bagian atas garasi atau balkon carport. Penempatan balkon di bagian atas garasi ini memiliki beberapa kelebihan yaitu untuk memaksimalkan tata ruang pada rumah yang terbatas.

Balkon sendiri merupakan teras pada lantai atas di bangunan bertingkat. Balkon biasanya ditemui pada bangunan apartemen gedung perkantoran rumah tapak dan hotel. Pada bangunan residensial berupa rumah tampak balkon ini menjadi tempat untuk bersantai. Tetapi saat ini banyak yang memanfaatkan balkon untuk tempat bercocok tanam atau untuk tempat menyalurkan hobi.

Desain Balkon Carport di Bagian Atas Garasi

Berikut ini yang merupakan beberapa desain balkon carport mit terrasse yang bisa dipilih untuk balkon yang proporsional dan aman.

1. Balkon garasi lebar

Bagi Anda yang ingin membuat balkon di bagian atas garasi maka bisa mencoba desain balkon lebar. Tidak ada patokan ukuran khusus untuk sebuah balkon. Ukuran balkon bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan. Tidak masalah untuk membuat balkon dengan ukuran luas yang sama dengan rumah.

Desain balkon lebar ini akan terlihat rapi dan simpel meskipun lahan terbatas untuk hunian Anda. Tambahkan elemen dekorasi seperti meja, kursi, dan tanaman hias.

2. Balkon carport minimalis di atas garasi

Desain balkon yang minimalis ini akan sangat cocok dengan rumah yang mengadopsi konsep bangunan minimalis. Konsep ini bisa diaplikasikan juga pada balkon Anda. Ukurannya tidak harus luas bisa disesuaikan dengan lebar garasi.

Anda dapat menambahkan halaman dekorasi seperti tanaman hias sehingga menambah estetika teras pada bagian atas rumah.

3. Balkon garasi tertutup

Inspirasi desain balkon diatas carport rumah 1 lantai selanjutnya yang bisa Anda coba yaitu dengan desain balkon yang tertutup. Tak hanya identik dengan tempat terbuka balkon ini juga memiliki modal tertutup. Desain balkon yang tertutup ini sekarang sudah banyak digunakan terutama untuk rumah yang bergaya modern dan mewah.

Tambahkan railing kaca yang bisa digunakan untuk pagar pembatas pada bagian balkon. Anda juga bisa memasang atap kayu untuk dapat melindungi balkon dari adanya terpaan cuaca yang bisa berubah sewaktu-waktu.

Tips Membuat Sebuah Balkon Carport

Dalam membuat balkon tidak hanya aspek hanya aspek kenyamanan saja yang harus diperhatikan, tetapi juga keamanan juga tidak boleh diabaikan.

Berikut ini merupakan beberapa tips membuat balkon di atas carport yang harus diperhatikan.

1. Pilih material yang aman

Dalam membuat sebuah balkon hal yang harus diperhatikan yang pertama yaitu pilih material yang aman untuk membangun sebuah balkon. Gunakan beton untuk material utama pembuatan lantai serta tiang penyangga.

Beton akan lebih tahan lama serta kuat dari terpaan cuaca. Tambahkan juga pagar pembatas pada area balkon dengan material besi ataupun stainless.

Baca juga: 6 Tips Menentukan Ukuran Carport Mobil

2. Memasang kanopi dan tirai

Tips kedua yang harus diperhatikan yaitu dengan memasang kanopi dan tirai. Agar dapat melindungi balkon dari hujan atau panas maka harus menggunakan kanopi dan tirai. Hal ini akan membantu untuk membuat suasana balkon lebih adem sehingga Anda juga akan lebih nyaman berada di balkon.

3. Memasang saluran air

Hal yang tak kalah penting yaitu dengan memasang saluran air di sekitar balkon. Letaknya yang di luar rentan diterpa hujan. Bila tidak ada saluran air maka air hujan tersebut bisa masuk ke area balkon dan menggenang.

Anda kesulitan mencari jasa untuk pembuatan balkon carport? Coba cari jasa tukang maupun kontraktor melalui website Suwun.co.id atau aplikasi Suwun yang sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Artikel yang Direkomendasikan