Balkon Adalah: Pengertian, Sejarah, dan Fungsi

balkon-adalah

Balkon adalah sebuah area dengan banyak fungsi yang hamper selalu ditemukan pada sebuah bangunan bertingkat. Ini adalah area yang sangat cocok untuk digunakan menikmati pemandangan serta angin yang sepoi-sepoi dari bagian atas rumah Anda, sambil bercengkrama dengan keluarga atau rekan.

Pengertian Balkon Adalah

Balkon merupakan bagian lantai yang dibuat di bagian luar sebuah bangunan yang umumnya mempunyai ketinggian kurang lebih satu meter, bagian tersebut dilengkapi dengan pembatas yang kuat. Pembatas tersebut bisa berbentuk sekat, pagar, atau langkan. Secara sederhana, balkon dipahami sebagai sebuah teras terbuka yang ditempatkan pada bagian lantai atas rumah bertingkat.

Di era abad pertengahan hingga Renaissance, balkon sepenuhnya terbuat dari corbel, yaitu susunan rangkaian batu yang beraturan. 

Tidak hanya batu, balkon awalnya juga dibuat dengan kayu besar atau braket batu. Mulai abad ke-19, penyangga yang terbuat dari besi tuang, bata, dan beton bertulang sudah banyak digunakan sebagai material untuk balkon.

Fungsi Balkon

Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa fungsi balkon yang bisa Anda terapkan, antara lain:

1. Area Taman

Bagi Anda yang gemar berkebun, menjadikan balkon sebagai area menanam tanaman kesukaan Anda adalah pilihan yang tepat. Ada berbagai tanaman yang bisa Anda tanam, seperti bunga, buah, atau bahkan sayur. Dengan adanya kebun kecil di balkon akan membuatnya jadi lebih asri.

Baca juga: Rekomendasi Model Keramik Balkon Atas Rumah

2. Sirkulasi Udara

Dengan bentuk balkon yang terbuka dan beratap, maka akan membuat sirkulasi udara semakin baik. Rumah Anda juga terhindar dari tingkat kelembaban yang tidak diinginkan. Anda juga bisa menghirup udara yang lebih segar ketika pagi hari melalui balkon.

3. Area Penyimpanan

Selain memberdayakan basement, jika itu terlalu sulit dilakukan, maka cara lain yang bisa dilakukan adalah menjadikan balkon sebagai area penyimpanan. Misalnya dengan meletakkan beberapa kursi dan meja yang terbengkalai untuk difungsikan kembali dan membentuk ruang bersantai yang estetik.

4. Tempat Bersantai

Fungsi inilah yang paling banyak diterapkan oleh pemilik rumah yang memiliki balkon. Balkon yang posisinya lebih tinggi pada suatu rumah akan memberikan sudut pandang yang lebih luas dan menenangkan. Balkon adalah tempat yang sangat cocok untuk Anda menenangkan pikiran sambil menikmati suasana rumah yang lebih sejuk.

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan