Tutorial Service PS3 dengan Mudah

service-ps-3

Yellow Light of Death atau yang disingkat menjadi YOLD sering menjadi penyebab kerusakan Playstation 3. Keadaan di mana Play Station 3 tidak dapat dioperasikan atau mati biasanya disebabkan panas berlebih /overheat di bagian GPU PS3 dan Processor. Jika overheating dibiarkan terlalu lama akan merusak IC RSX rusak. Permasalahan yang anda alami mungkin membuat anda mencari service ps3 terdekat.

Namun apabila anda ingin service ps3, dibutuhkan waktu yang cukup lama sehingga anda tidak bisa lagi bermain games. Pemakaian ps3 yang sudah bertahun-tahun lamanya juga menjadi penyebab mesin ps3 yang anda punya jadi bermasalah. 

Jika ingin mengetahui ps3 bermasalah atau tidak, anda bisa memperhatikan saat menekan lampu power yang ada di ps3, anda justru akan mendapati lampu hijau yang kerap kali berganti menjadi warna kuning. Lalu bergantian lampu merah yang mengerjap. Hal tersebut akan sering terulang pada Playstation 3 anda. 

Namun sebenarnya, setiap kerusakan yang ada pada ps3 memiliki kondisi yang berbeda-beda. Artinya, apabila anda memutuskan untuk service ps3, maka keadaan mesin setelah di service umumnya tidak dapat kembali menjadi normal seperti sedia kala, kecuali jika menggunakan cara reball.

Meski begitu, setidaknya apabila anda melakukan service, kemungkinan mesin akan bisa difungsikan lagi dengan kondisi normal. Berikut ini tutorial service ps3 yang bisa anda coba apabila mengalami masalah overheating: 

  1. Pertama : Cobalah untuk membongkar Playstation 3 anda. 
  2. Kedua    : Apabila anda masih mempunyai slot memory di ps3, cobalah untuk memeriksa dua baut yang terletak di bagian bawah sebelah kiri ps3 anda. 
  3. Ketiga    : Seusai itu, anda pasti akan menemukan komponen dari prosesor dan GPU dari ps3 anda. Lalu bersihkan bagian itu. Untuk memanaskan bagian tersebut, anda perlu menggunakan blower.
  4. Keempat : Perlu diperhatikan! Pemanas yang anda gunakan nantinya harus mempunyai suhu mencapai 350 derajat. Jika masih bingung, anda bisa melihat contoh seperti quick atau gordak maupun heat gun bosch dalam waktu pemanasan kira-kira 3 menit. 
  5. Kelima    : Apabila anda sudah memanaskan bagian tersebut, tunggulah sampai dingin. 
  6. Keenam  : Bagian kipas yang ada di ps3 juga perlu anda bersihkan. Begitu pula dengan besi pendinginnya, agar terbebas dari debu-debu tebal yang menempel. Hal tersebut perlu dilakukan agar nantinya proses pendinginan pada mesin ps3 menjadi lebih efektif.
  7. Ketujuh   : Apabila anda rasa prosesor dan GPU sudah dingin, anda bisa mengolesnya dengan bahan yang terbuat dari Thermal Paste. Bahan tersebut sebenarnya juga ada pada prosesor dari komputer anda atau bisa juga membelinya di toko komputer sekitar.
  8. Terakhir  : Setelah mengikuti semua Langkah di atas, pasang kembali Playstation 3 anda. 

Tutorial di atas dapat anda coba jika ps3 anda mengalami overheating tetapi belum terkena ylod. Namun jika anda memiliki masalah lain dan bingung mengatasinya, anda bisa mencari jasa service ps3 terdekat. Perlu diketahui, ps3 yang terkena masalah ylod memiliki ciri-ciri lampu power yang berwarna kuning mati setelah dinyalakan.

Apabila ingin mengetahui info-info menarik lainnya ikuti link berikut ini https://suwun.co.id/

Platform tersebut menyediakan jasa dan pelanggan untuk membantu anda mengatasi pekerjaan yang sulit menjadi mudah dan cepat. Cobalah untuk mencari layanan service ps3 jakarta timur pada platform ini.

Artikel yang Direkomendasikan