Alarm Mesin Cuci Bunyi Terus hingga Bau Apek

alarm-mesin-cuci-bunyi

Semua peralatan elektronik dapat mengalami kerusakan tidak terkecuali mesin cuci. Peralatan elektronik yang digunakan hampir setiap hari ini bisa rusak dengan ciri-ciri alarm mesin cuci bunyi terus, mengeluarkan bau apek, layar monitor mati, dan lain sebagainya. Berikut beberapa jenis kerusakan mesin cuci yang paling sering terjadi.

Alarm Mesin Cuci Bunyi Terus dan Tanda Kerusakan Lainnya

1. Mesin cuci tidak berputar dengan benar

Pernahkah Anda menyalakan mesin cuci namun tidak berputar? Permasalahan ini paling umum terjadi dan sering kali membuat panik. Jika kejadian ini dialami Anda, silahkan untuk mengurangi jumlah pakaian dari dalam tabung mesin cuci.

Muatan pakaian yang terlalu banyak dapat menyebabkan mesin sulit untuk berputar. Selain itu, coba ganti colokan atau sumber listrik karena mungkin ada kerusakan pada sumber listrik sebelumnya sehingga mesin cuci tidak cukup menerima daya listrik.

2. Alarm mesin cuci bunyi terus

Ketika mesin cuci bekerja memang mengeluarkan bunyi, begitu juga saat proses pengeringan selesai. Namun untuk mesin cuci bunyi alarm yang tetap terdengar setelah mesin tidak dipakai, Anda perlu memeriksanya mungkin ada tombol panel yang tidak sengaja tertekan atau ada benda asing yang tidak sengaja tersangkut pada mesin. 

Kemungkinan lainnya adalah kerusakan pada drum bearing yang menyebabkan mesin cuci berbunyi sendiri. Jika komponen ini rusak, maka harus diganti dengan yang baru agar mesin cuci kembali bekerja dengan normal.

3. Mesin cuci bocor

Mesin cuci bocor adalah salah satu permasalahan yang tergolong umum. Biasanya kebocoran ini ditandai dengan air yang menetes saat mesin cuci dinyalakan. Apabila ada tanda kebocoran, kemungkinan bagian selang dan segel pintu mengalami kerusakan.

Kebocoran selang mesin cuci dapat terjadi karena luapan busa dari deterjen yang digunakan untuk mencuci. Segel pintu mesin cuci yang sudah longgar juga bisa menimbulkan kebocoran ketika Anda menggunakan mesin cuci. Apabila mesin cuci bocor karena hal tersebut, maka penggantian komponen diperlukan, baik itu selang atau segel pintunya.

Baca Juga: Kisaran Harga Service Mesin Cuci

4. Panel mesin cuci tidak berfungsi

Pada mesin cuci modern banyak yang menggunakan layar untuk menunjukkan mesin cuci sedang bekerja. Pada panel ini biasanya terdapat beberapa tombol untuk menjalankan perintah tertentu seperti kecepatan memutar, lamanya mencuci, kapan memasukkan pewangi, dan lain-lain.

Tombol yang tidak sengaja tertekan ketika selesai menggunakan mesin cuci dapat menjadi penyebab alarm mesin cuci bunyi. Bagian ini juga bisa mengalami kerusakan seperti tidak menampilkan secara akurat siklus kerja mesin cuci atau bahkan tidak menyala sama sekali. Hal ini mungkin terjadi karena adanya kerusakan timer mesin cuci.

5. Mesin cuci mengeluarkan bau apek

Mesin cuci mengeluarkan bau apek merupakan hal yang wajar, terlebih untuk mesin cuci yang sudah digunakan bertahun-tahun. Seiring waktu, kotoran atau bakteri dari pakaian kotor yang masuk mesin cuci dapat menyebabkan bau tidak sebab.

Sebaiknya lakukan pembersihan secara rutin untuk mencegah mesin cuci bau apek. Jangan dibiarkan karena bisa membuat hasil cucian tidak maksimal.

Itulah beberapa permasalahan mesin cuci yang umum terjadi seperti alarm mesin cuci bunyi terus, mesin tidak berputar, bau apek, dan lainnya. Apabila masalahnya disebabkan kerusakan komponen, Anda bisa meminta jasa service untuk segera memperbaikinya.

Bingung cari jasa service mesin cuci yang bagus? Silahkan cari di Suwun.co.id dengan memasukkan pilihan jasa yang Anda butuhkan di kolom pencarian. Download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store, dan Anda bisa menemukan banyak pilihan jasa service terbaik yang dapat dipanggil ke rumah untuk memperbaiki mesin cuci.

Artikel yang Direkomendasikan