Begini Cara Memulai Usaha Jasa Setrika

jasa-usaha-setrika

Peluang usaha jasa setrika cukup menjanjikan dengan semakin banyaknya orang yang membutuhkan jasa ini. Terlebih lagi untuk daerah yang dekat dengan tempat kos, kampus, dan area perkantoran. Bagi Anda yang tertarik dengan peluang usaha ini, berikut tips untuk memulai usahanya. 

Tips Memulai Usaha Jasa Setrika yang Menguntungkan

1. Pelajari cara menyetrika yang benar

Jika ingin menyediakan layanan yang bagus, pastikan Anda mempelajari cara menyetrika yang benar. Bukan hanya menggosokkan setrika panas pada pakaian yang keriting setelah dicuci. Anda juga harus paham seperti tidak boleh menyetrika baju dalam kondisi basah karena bisa merusak kainnya.

Pelajari juga jenis-jenis kain karena tingkat panas yang dibutuhkan untuk masing-masing jenis kain tentu berbeda. Jika paham dengan jenis kain dan cara menyetrika yang benar, pasti usaha jasa setrika panggilan Anda akan diburu banyak pelanggan.

2. Persiapkan modal dan peralatan

Apabila sudah merasa menguasai cara menyetrika yang benar, Anda bisa memulai mempersiapkan modal untuk memulai usaha. Modalnya tentu berupa peralatan dan perlengkapan menyetrika. Usaha ini tidak membutuhkan modal besar karena harga setrika yang hanya beberapa ratus ribu.

Selain peralatan menyetrika, Anda juga harus menyiapkan perlengkapan seperti pengharum pakaian. Pilih wewangian yang khas yang dapat membuat pelanggan langsung paham hasil setrika Anda dari baunya. Cari pengharum pakaian yang tahan lama dan wanginya netral atau cocok untuk banyak orang.

3. Tentukan lokasi usaha

Lokasi usaha memiliki peran penting terhadap kesuksesan sebuah usaha. Pilih lokasi yang strategis dengan akses jalan yang mudah sehingga pelanggan tidak malas untuk datang ke tempat Anda. Walaupun jasa yang ditawarkan bagus tetapi sulit diakses, usaha Anda mungkin tidak akan ramai. 

Lokasi yang bagus seperti di area perumahan, perkantoran, kampus, dan kawasan kos. Survei lokasi yang memiliki peluang bagus yang banyak membutuhkan jasa ini. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Tepat

4. Tentukan harga yang kompetitif

Cara menjalankan usaha agar dapat bertahan lama adalah menentukan tarif jasa setrika yang kompetitif. Pastikan tarif jasa Anda masuk untuk budget masyarakat yang potensial menjadi pelanggan Anda. Lakukan survei harga standar untuk jasa ini apabila ada tempat setrika lain di sekitar lokasi Anda.

Namun jika tarif yang Anda patok tinggi, pastikan kualitas hasil setrika yang Anda berikan juga sesuai. Tidak sedikit pelanggan yang rela membayar lebih asalkan mendapatkan layanan yang memuaskan. Mungkin bisa ditambahkan layanan atau fasilitas lain untuk membedakan tempat usaha Anda dari tempat lain.

5. Promosikan jasa setrika

Orang-orang tidak akan tahu Anda terima jasa setrika baju apabila tidak ada promosi. Tawarkan pada orang-orang di sekitar, baik secara langsung atau iklan di media sosial. Manfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, grup WhatsApp, dan lainya untuk promosi usaha Anda secara gratis.

Pada awal promo, Anda bisa menerapkan strategi diskon atau potongan harga untuk pengenalan. Selain promo tersebut, berikan layanan terbaik seperti proses pembayaran yang fleksibel, jasa panggilan, layanan antar, dan lainnya untuk menarik customer.

Itulah beberapa tips membuka jasa setrika yang mudah dan tidak membutuhkan modal besar. Pastikan harga dan kualitas yang Anda tawarkan sesuai agar pelanggan tidak kapok untuk kembali lagi.

Ingin lebih banyak pelanggan yang menggunakan jasa Anda? Tawarkan di Suwun.co.id yang menyediakan tempat untuk layanan jasa dan pelanggan bertemu. Anda juga gunakan aplikasi Suwun yang dapat didownload di Play Store dan App Store secara gratis.

Artikel yang Direkomendasikan