Penyebab WC Mampet Beserta Solusi Efektifnya

penyebab-wc

Hampir setiap rumah tangga pasti pernah mengalami satu kondisi yaitu WC atau kloset yang tersumbat atau bahasa lainnya adalah mampet. Banyak yang mengabaikan larangan untuk membuang sampah di WC yang menjadi penyebab WC mampet utama sehingga kemudian banyak menyebabkan terjadinya mampet pada saluran WC yang digunakan.

Penyebab WC Mampet Baik Untuk WC Duduk atau WC Jongkok

WC sebenarnya dibuat dan didesain secara khusus untuk membuang kotoran yang keluar dari tubuh manusia, bukan untuk tempat membuang benda asing seperti sampah plastik, pembalut dan lain sebagainya. Jika terjadi saluran WC yang tersumbat, maka akibatnya adalah kotoran pun akan menjadi tak bisa dibuang secara maksimal ke septik tank yang kemudian menyebabkan bau tak sedap menguar ke luar di sekitar WC tersebut berada.

Lakukan Cara Berikut Setelah Mengenali Penyebab WC Mampet

Jika Anda mengalami kondisi WC yang mampet maka harus segera mencari jalan keluar dari kondisi tersebut secepat mungkin agar supaya tak menimbulkan akibat yang lebih fatal. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyebab WC jongkok mampet dengan cepat dan aman.

1. Baking soda dan cuka

Untuk cara yang pertama, Anda bisa menggunakan perpaduan bahan baking soda dengan cuka. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan menaburkan baking soda ke air yang ada di lubang WC kemudian tunggu hingga serbuk baking soda mengendap. Setelah itu barulah tuangkan cuka sebanyak 2 botol dan lakukan dengan merata menggunakan cara tuang yang melingkar. Tunggu hingga ada reaksi selama kurang lebih 1 jam, barulah siram air WC untuk melihat apakah sudah lancar atau belum salurannya.

2. Garam dan air panas

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan kombinasi garam dan air panas. Anda bisa menggunakan jenis garam kasar sebanyak 500 gram untuk ditaburkan di atas air yang ada di dalam WC, setelah itu siram dengan air panas secukupnya. Untuk mendapatkan reaksi berupa dorongan secara alami pada benda yang membuat WC tersumbat Anda harus membiarkannya selama kurang lebih 8 jam. Setelah itu barulah bisa menyiramnya dengan air untuk mengecek apakah saluran sudah terbuka dengan lancar atau belum.

Baca Juga: Memilih Sedot WC Terbaik

3. Sabun cuci piring dan air panas

Selain bahan garam, Anda juga bisa memanfaatkan sabun cuci piring yang cair untuk membuat benda yang menyumbat saluran WC bisa terdorong masuk ke dalam septik tank. Cara untuk melakukannya pun cukup mudah yaitu dengan menuangkan sabun cuci piring yang cair ke dalam air di dalam WC untuk kemudian siram dengan air panas secukupnya.

Anda juga harus menunggu selama beberapa waktu untuk melihat apakah ada reaksi yang muncul dari cara tersebut. Jika ternyata saluran WC Anda masih tersumbat maka sebaiknya gunakan metode lainnya yang lebih efektif.

4. Gantungan baju

Jika beberapa cara di atas masih belum efektif untuk mengatasi penyebab WC mampet dan solusinya, maka sebaiknya mencoba cara berikutnya yaitu dengan menggunakan gantungan baju yang terbuat dari kawat besi. Untuk melakukannya terlebih dahulu Anda meluruskan bagian yang melengkung kemudian melapisi ujung yang tajam dengan potongan kain yang dibalut dengan isolasi. Tujuannya adalah agar supaya ujung kawat yang tajam tak menimbulkan kerusakan pada dinding WC.

Cara ini bisa dikatakan berhasil jika pada saat melakukannya Anda melihat jumlah air yang ada di dalam WC terlihat menyusut drastis.

Atasi Penyebab WC Mampet dengan Layanan Jasa Sedot WC

Jika Anda masih belum bisa mendapatkan penyebab WC duduk mampet dan solusinya dengan menggunakan beberapa cara di atas, maka bisa menggunakan cara yang terakhir yaitu memakai layanan jasa sedot WC yang saat ini banyak tersedia di sekitar Kita. Umumnya layanan jasa sedot WC akan melakukan proses penyedotan benda yang ada di dalam saluran WC sehingga bisa terbuka dan lancar dengan menggunakan alat dan metode secara khusus.

Diketahui cara tersebut cukup efektif untuk mengatasi penyebab WC mampet dengan cepat dan tanpa mengeluarkan energi yang terlalu banyak.

Anda sedang mencari info tentang penyebab WC mampet dan solusi terbaik untuk mengatasinya? Dapatkan info lengkapnya hanya di Suwun.co.id.

Download secepatnya aplikasi Suwun yang tersedia gratis di Play Store atau App Store untuk menggunakan beragam fitur bermanfaat yang ada di dalamnya.

Artikel yang Direkomendasikan