Ketahui Macam-macam Freon dan Fungsinya

macam-macam-freon-dan-fungsinya

Dalam lemari es ada salah satu komponen yang memiliki peranan penting yaitu freon. Dalam artikel berikut ini Kita akan mengenal macam-macam freon dan fungsinya dalam lemari es yang banyak digunakan dalam kebutuhan rumah tangga.

Penjelasan Macam-macam Freon dan Fungsinya

Freon yang terdapat di sebuah perangkat elektronik lemari es memiliki fungsi freon pada kulkas sebagai faktor pendingin dan untuk menjaga makanan serta minuman yang disimpan di dalam lemari es bisa tetap terjaga kualitasnya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa macam dari freon yang banyak digunakan dalam perangkat lemari es.

1. Freon R410A

Jenis freon yang satu ini memiliki kelebihan yaitu lebih ramah lingkungan karena bersifat tidak merusak lapisan ozon seperti halnya freon lainnya. Freon yang satu ini banyak dipakai untuk perangkat eletronik AC namun banyak juga masyarakat Indonesia yang menggunakannya untuk lemari es. Untuk tabung freon ini ukurannya jauh lebih besar ketimbang ukuran freon lainnya namun memberikan nilai plus tersendiri dalam hal isi ulangnya.

2. Freon R32

Merupakan jenis freon yang banyak dipakai oleh masyarakat Kita untuk mengisi ulang gas freon lemari es yang sudah kosong atau habis. Bahkan beberapa teknisi juga menggunakan jenis freon ini untuk melakukan isi ulang freon pada perangkat AC. Gas yang diproduksi dari freon ini cukup murni dan memiliki ciri khas warna merah jambu dengan keunggulan lebih ramah lingkungan.

3. Freon R134A

Jenis freon yang satu ini merupakan jenis freon yang paling banyak dan paling umum digunakan oleh masyarakat pada alat elektronik rumah tangga diantaranya adalah lemari es. Freon ini juga memiliki bahan yang ramah lingkungan dan Anda akan mendapatkan freon jenis ini dalam bentuk kalengan.

4. Freon R290

Merupakan jenis freon yang memiliki kualitas bahan lebih ramah dan aman terhadap lingkungan namun juga paling mudah terbakar sifatnya.

5. Freon R22

Jenis freon ini terbilang tak banyak dipakai oleh masyarakat Kita. Penyebabnya adalah karena memiliki kandungan zat ODS yaitu jenis zat freon yang memiliki sifat bisa merusak lapisan ozon sehingga freon ini sangat tidak ramah lingkungan.

Dengan keberadaan freon maka makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya bisa menjadi lebih awet dan tahan lama tanpa mengurangi kualitas bahan makanan yang ada di lemari es. Menjaga makanan dan minuman berada dalam kondisi dingin yang stabil terbukti mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman yang bisa membuat makanan serta minuman cepat membusuk yang merupakan fungsi freon kulkas.

Baca Juga: Biaya Instalasi AC

Macam Freon dan Fungsinya Sehubungan dengan Fungsi yang Dimiliki Tabung Freon

Untuk menyimpan gas freon Anda akan membutuhkan tabung freon untuk menyimpan gas freon dengan aman dan tak membahayakan penggunanya. Tabung freon kini mulai banyak digunakan untuk beraneka ragam kebutuhan baik untuk rumah tangga maupun non rumah tangga, dari mulai skala kecil hingga skala besar.

fungsi tabung freon adalah untuk menyimpan dan menjaga gas freon dengan baik serta aman sehingga tak membahayakan penggunanya. Tabung freon harus bisa dipakai dan terpasang dengan aman sehingga bisa meminimalisir resiko kebocoran yang bisa membuat keselamatan nyawa penggunanya terancam.

Maka dari itu, jika Anda merasa tak mampu atau tak memungkinkan untuk memasang tabung freon secara mandiri di rumah untuk kebutuhan perangkat elektronik yang Anda gunakan, sebaiknya gunakan layanan jasa teknisi untuk mendapatkan pemasangan tabung freon yang benar dan aman. Sekian ulasan tentang macam macam freon dan fungsinya.

Dapatkan informasi tentang macam-macam freon dan fungsinya secara lengkap hanya di Suwun.co.id. Anda bisa menghubungi layanan tersebut untuk mendapatkan informasi jenis freon, cara pemasangan dan harganya secara lengkap.

Unduh segera layanan aplikasi Suwun yang tersedia dalam Play Store atau App Store sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan.

Artikel yang Direkomendasikan