Penyebab Pompa Air Mati yang Jarang Disadari, Apa Masalah Utamanya?

Masalah yang biasanya ditemukan di banyak rumah adalah pompa air yang rusak atau mati. Tahukah Anda apa penyebab pompa air mati? Pompa air yang mati bukanlah hal yang baru karena masalah yang satu ini termasuk masalah klasik yang akan sering dihadapi ibu rumah tangga.

Bagi orang awam, pasti ketika ditanya sumber air akan menyebutnya dari keran. Ya benar, air yang kita dapatkan memang dari keran namun tahukah Anda bahwa sebenarnya sebelum dialirkan melalui keran, air ini harus dipompa terlebih dahulu dari dalam tanah. Jadi setiap rumah pasti akan membutuhkan mesin pompa air.

Ketahui Apa Saja Penyebab Pompa Air Mati

Terdapat kabel yang putus

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab pompa air mati hidup adalah adanya kabel yang putus. Kabel yang putus tentu saja akan membuat aliran menjadi terputus, ya akibat kabel yang terputus, tidak akan ada listrik yang terhubung dan menyebabkan pompa air mati.

Jadi setelah mengetahui salah satu penyebab pompa yang mati ini Anda bisa mengecek atau memeriksa apakah kabel listrik yang tersambung pada pompa baik-baik saja atau tidak.

Keran air yang tertutup

Penyebab pompa air mati lainnya adalah bisa karena keran yang tertutup. Keran yang tertutup bisa mempengaruhi hal tersebut karena mesin tidak akan bekerja sehingga tentu saja pompa akan mati. Ketika keran tertutup dan tekanannya semakin tinggi maka otomatis akan memutus arus listrik yang dibutuhkan pada pompa.

Baca juga: Jasa Pasang Pompa Air Terdekat dan Biayanya

Adanya kerusakan pada kapasitor

Beberapa faktor yang disebutkan tadi juga termasuk penyebab pompa air Shimizu cepat panas dan mati. Nah penyebab selanjutnya bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada kapasitor. Kapasitor yang rusak atau mati bisa Anda cek pada dinamonya, ketika dinamo tidak berputar maka bisa jadi kapasitor mengalami kerusakan.

Nah untuk memastikan lebih lanjut lagi Anda bisa mengetahuinya dengan adakah suara yang menahan ketika pompa sedang dinyalakan atau tidak. Jika suara itu muncul maka artinya kapasitor pompa air yang ada di rumah Anda sedang bermasalah.

Penyebab pompa air mati bisa karena dinamo yang terbakar

Penyebab pompa air kalau panas mati sendiri selanjutnya bisa karena dinamo mesin pompa. Jika tadi kita bisa ketahui dari kapasitornya, selanjutnya Anda juga bisa mengetahuinya secara langsung pada dinamo atau motor dinamo. Mesin pompa yang mati bisa disebabkan karena motor dinamo yang ada pada mesin terbakar.

Hal ini bisa menyebabkan kefatalan karena jika motor dinamonya terbakar, pompa akan mati total dan semua gulungan dinamonya akan terputus. Jika sudah begini maka jalan satu-satunya Anda harus menggantinya secara segera.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan pompa air di rumahmu mati mendadak. Jika hal ini terjadi padamu, Anda tidak usah khawatir karena Anda bisa langsung memanggil teknisi untuk mengatasi hal tersebut. Penyebab pompa air mati kini sudah diketahui apa saja namun Anda masih kebingungan di mana mencari teknisi atau jasa service pompa air yang tepat.Jika bingung, jawabannya ada di Suwun.co.id, Anda bisa mengunjungi situs tersebut untuk mencari teknisi atau jasa service pompa air yang tepat, andal dan terpercaya. Selain menggunakan situs ini, Suwun juga punya aplikasinya loh, Anda bisa mendownload aplikasi Suwun di Google Play Store atau App Store dan temukan jasa teknisi yang tepat yang akan mengatasi pompa air mati.

Artikel yang Direkomendasikan