Manfaat dan Titik Pijat Refleksi Kaki untuk Sesak Nafas yang Ampuh

titik-pijat-refleksi-kaki

Sesak nafas ini cukup terkenal dengan istilah medisnya, yaitu Dyspnea. Salah satu solusinya dengan cara mencari titik pijat refleksi kaki untuk sesak nafas. Kondisi ini memang menyebabkan penderitanya mengalami ketidaknyamanan untuk bernafas yang disebabkan oleh berkurangnya asupan oksigen ke dalam paru-paru.

Sebenarnya, kondisi ini tidak bisa disepelekan karena bisa jadi ini adalah sinyal ketika paru-paru memiliki masalah kesehatan. Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan dyspnea seperti penderita asma, tekanan darah rendah, penyakit pneumonia, gagal jantung dan lain sebagainya.

Sesak nafas bisa jadi berbahaya apabila disertai dengan demam, batuk dan rasa nyeri pada dada. Bisa jadi ini adalah tanda bila Anda mengidap penyakit pneumonia yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

Manfaat Pijat Refleksi di Kaki

Pijat refleksi di kaki dikenal dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut adalah beberapa manfaat pijat refleksi di kaki yang dapat dirasakan oleh tubuh:

1. Meredakan Stres dan Kecemasan

Salah satu manfaat pijat refleksi di kaki adalah dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Tekanan pada titik-titik refleksi pada kaki membantu memicu pelepasan endorfin, senyawa kimia yang dapat memberikan perasaan senang dan meredakan stres.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Pijat refleksi di kaki dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh untuk berfungsi dengan lebih efisien dan membantu mengurangi rasa lelah dan sakit.

3. Meredakan Nyeri dan Sakit

Tekanan pada titik-titik refleksi pada kaki juga dapat membantu meredakan nyeri dan sakit di bagian tubuh lainnya. Beberapa titik refleksi pada kaki terkait dengan organ-organ tertentu di tubuh, sehingga pijat refleksi di kaki dapat membantu mengurangi rasa sakit pada organ-organ tersebut.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pijat refleksi di kaki juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Pijatan yang lembut pada titik-titik refleksi pada kaki dapat membantu merilekskan tubuh dan menghilangkan rasa tegang pada otot, sehingga mempermudah untuk tidur dengan nyenyak.

Jika sesak nafas ini tiba-tiba muncul, Anda bisa coba meredakannya dengan menekan bagian pijat refleksi di kaki. Simak artikel berikut ini, untuk mengetahui informasi terbaik terkait cara mencari titik pijat refleksi kaki untuk sesak nafas.

3 Titik Pijat Refleksi Kaki untuk Sesak Nafas

Cara mengatasi penyakit sesak nafas, tidak melulu harus dengan obat. Anda juga bisa melakukan pijat refleksi, sebab metode ini merupakan pengobatan tradisional yang cukup ampuh untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan pada tubuh. Selain mengunjungi tempat pijat refleksi terdekat, Anda bisa melakukan teknik pijat dengan menekan titik refleksi pada kaki seperti di bawah ini.

1. Titik Refleksi di Ibu Jari

Jangan panik, apabila Anda mengalami sesak nafas. Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah menekan titik pijat refleksi kaki untuk sesak nafas pada bagian jempol kaki. Lakukan cara pijatan untuk sesak nafas pada anak dengan menekannya secara perlahan dan berulang kali selama 4 sampai 5 menit.

Apabila gejala sesak nafas ini sering terjadi, Anda di anjurkan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh di rumah sakit atau klinik. Sehingga, dapat mengatasi kemungkinan penyakit lain yang timbul dari gejala ini.

2. Titik Refleksi di Bagian Telapak Kaki

Alternatif lain yang bisa dilakukan ketika sesak nafas adalah menekan bagian telapak kaki. Cara melakukan pijatan untuk sesak nafas pada anak cukup mudah, cukup memijat sambil menekan bagian telapak kaki beberapa kali selama 5 menit. Rasa sesak nafas yang dirasakan akan perlahan hilang.

Cara di atas cukup mudah dilakukan sendiri ataupun meminta bantuan orang lain di rumah. Namun, apabila sesak nafas yang dirasakan tidak kunjung hilang, Anda sebaiknya mengonsultasikan hal ini ke dokter atau mendatangi rumah sakit terdekat.

Baca juga: Titik Saraf di Kaki untuk Pijat Refleksi

3. Titik Pijat Refleksi Kaki untuk Sesak Nafas di Bagian Betis

Selain dapat melancarkan peredaran darah, keuntungan lain dari pijat refleksi adalah membantu Anda mengurangi gejala penyakit, salah satunya adalah sesak nafas. Dari 2 titik pijat refleksi yang sudah disebutkan di atas, teknik pemijatan pada bagian betis juga terbilang ampuh untuk meredakan rasa tidak nyaman yang ditimbulkan dari sesak nafas.

Lakukan pemijatan titik pijat refleksi untuk kesehatan secara lembut sambil sesekali menekannya. Anda bisa melakukan tekanan di sekitar betis, atau lebih tepatnya pada bagian pertengahan tulang betis sebanyak 33 kali.

Nah, itulah beberapa titik pijat refleksi kaki untuk sesak nafas yang bisa Anda lakukan sebagai langkah awal sekaligus pertolongan pertama. Umumnya, cara tradisional di atas cukup berhasil untuk penderita sesak nafas ringan. Namun, untuk penderita sesak nafas serius, teknik ini hanya membantu untuk meredakannya bukan menyembuhkan.

Anda bisa menggunakan jasa pijat refleksi professional apabila rasa sesak nafas Anda tidak kunjung hilang. Untuk menemukan jasa pijat refleksi terbaik untuk sesak nafas, Anda bisa mengunjungi Suwun.co.id. Anda juga bisa download aplikasi Suwun di Play Store dan App Store secara gratis.

Artikel yang Direkomendasikan