Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya Di Bawah 10 Juta

Ada berbagai tips renovasi rumah hemat biaya yang bisa Anda lakukan untuk tetap memiliki rumah yang indah. Tentu ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari penentuan konsep, memilih material, memilih tukang atau kontraktor, dan berbagai hal lainnya. Demikian itu perlu dipertimbangkan agar proses renovasi bisa berjalan lancar. Yuk perhatikan beberapa tips renovasi rumah yang dapat dilakukan.

Inilah Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya

Bagi Anda yang akan melakukan renovasi rumah, pertimbangkan beberapa tips renovasi rumah hemat biaya berikut ini sebelum eksekusi.

Penentuan Konsep

Hal pertama yang dapat dilakukan saat akan merenovasi rumah yaitu menentukan konsep sehingga pekerjaan renovasi bisa berjalan sesuai yang direncanakan. Dengan menentukan konsep juga memudahkan pekerja untuk melakukan pekerjaannya.

Membuat RAB

Rencana Anggaran Belanja (RAB) wajib disusun sebelum melaksanakan pekerjaan renovasi. Biaya renovasi rumah bekas menjadi sangat krusial karena nantinya berkaitan dengan seberapa banyak uang yang Anda keluarkan saat proses renovasi berjalan.

Usahakan untuk menyusun rencana anggaran dengan ahlinya sehingga akan lebih sistematis dan tepat sasaran. Karena proses renovasi yang dilakukan tanpa adanya acuan anggaran yang jelas justru membuat Anda semakin stres.

Besaran biaya juga ditentukan oleh berbagai hal seperti material bangunan yang digunakan, seberapa sulit konsep renovasi rumah yang diinginkan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Desain Renovasi Rumah Bagian Depan dan Estimasi Biayanya

Menentukan Material Bangunan

Tips renovasi rumah hemat biaya selanjutnya yaitu cerdas dalam menentukan material bangunan yang digunakan untuk renovasi. Apabila Anda memiliki anggaran yang terbatas untuk renovasi rumah tidak ada salahnya untuk menggunakan material yang harganya lebih terjangkau dengan kualitas menengah.

Selain biaya pekerjaan atau tukang, salah satu pengeluaran biaya terbanyak yaitu ada di material bangunan. Namun apabila terlalu beresiko menggunakan material murah karena berkaitan dengan kekokohan rumah, lebih baik mengutamakan kualitas dan keamanan.

Misalnya material untuk rangka atap, pipa air yang ditanam, dan struktur bangunan. Pemilihan material bangunan juga bisa dibantu oleh kontraktor yang lebih paham tentang jenis material bangunan dan kualitasnya serta harganya di pasaran.

Memilih Tenaga Ahli

Apakah Anda berpikir dengan memilih tenaga ahli justru akan mengeluarkan biaya yang lebih mahal? Hal itu tidaklah benar, justru dengan menggunakan tenaga ahli maka dapat menjamin kualitas hasil renovasi rumah.

Apalagi saat ini ada banyak rekomendasi jasa renovasi rumah profesional yang siap untuk mengerjakan proses renovasi dari awal hingga akhir. Mulai dari pembuatan konsep desain, penyusunan RAB, pengawasan, hingga proses renovasi selesai.

Bagi Anda yang ingin renovasi rumah budget 10 juta, cobalah untuk mengkonsultasikannya dengan jasa renovasi rumah profesional. Pasti Anda akan menemukan jalan keluar atau solusi yang tepat untuk merenovasi rumah dengan budget yang terjangkau.

Renovasi Secara Bertahap

Jika melakukan renovasi skala besar biasanya mengharuskan Anda untuk berpindah sementara ke tempat lainnya, apalagi jika ukuran rumah sempit. Hal ini membuat Anda akhirnya mengeluarkan anggaran tambahan untuk sewa tempat tinggal.

Untuk menghemat biaya, lakukanlah renovasi secara bertahap atau dalam skala kecil. Lakukan renovasi per bagian misalnya mulai dari bagian dapur, dilanjutkan renovasi ruang tamu, dan bagian-bagian lainnya. Dengan begitu, Anda tidak harus sewa tempat tinggal dan tetap merasa nyaman tinggal di rumah sendiri.

Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya Paling Mudah

Untuk merealisasikan pelaksanaan renovasi rumah dengan mudah, Anda dapat memilih jasa kontraktor berpengalaman yang dekat dengan domisili Anda. Ini menjadi salah satu tips renovasi rumah hemat biaya karena jika menyerahkan kepada profesional maka hasilnya lebih memuaskan.

Untuk menemukan jasa renovasi rumah terbaik terdekat, silakan klik Suwun.co.id kemudian masukkan jasa yang Anda butuhkan di kolom pencarian. Anda akan mendapatkan beberapa rekomendasi jasa kontraktor terbaik dan bisa memilih sesuai kebutuhan.

Selain melalui website, Anda juga dapat mencari jasa renovasi rumah dengan harga yang terjangkau melalui aplikasi. Segera download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store untuk fitur yang lebih lengkap! Anda juga bisa langsung hubungi melalui WhatsApp disini!

Artikel yang Direkomendasikan