6 Tips Membuat Nama Blog Bisnis Anti-Mainstream

Perkembangan bisnis digital semakin pesat, salah satunya yaitu ditandai dengan munculnya banyak blog atau website. Artinya kompetitor dalam dunia digital pun semakin meningkat sehingga bagi Anda yang ingin membuat blog atau website, perlu mengetahui tips membuat nama blog agar tidak pasaran.

Cara dan Tips Membuat Nama Blog yang Bagus

Bisnis digital melalui blog menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan saat ini, khususnya para generasi milenial dan generasi Z. Namun dalam memilih nama domain tidak boleh asal-asalan, harus diperhatikan dengan baik.

Berikut ini merupakan beberapa cara membuat nama blog yang menarik dan mudah diingat oleh orang-orang.

Menggunakan Nama Brand Sendiri

Untuk membuat nama domain yang menarik maka perlu menggunakan nama domain Brandable yang lebih mengutamakan merek atau brand dibandingkan keyword tertarget untuk berada di halaman pertama mesin pencari yang umumnya menggunakan nama domain EMD.

Contoh nama domain Brandable yaitu Google.com. Jika diterapkan pada bisnis Anda, bisa menggunakan brand atau merek produk barang atau jasa yang Anda tawarkan untuk dijadikan nama blog atau domain.

Tidak Menggunakan Merek Dagang Orang Lain

Sebelum memilih nama domain, pastikan Anda tidak menggunakan nama merek dagang milik orang lain karena hal itu melanggar panduan komunitas. Jika hal itu terjadi, maka blog Anda bisa dituntut oleh pemilik hak cipta merek itu.

Dengan demikian, pastikan terlebih dahulu apakah nama blog yang akan Anda gunakan mengandung unsur merek dagang orang lain atau tidak. Selain memperhatikan nama blog yang kreatif, hal ini benar-benar harus diperhatikan dengan lebih teliti.

Memilih Nama Blog Aesthetic

Tips membuat nama blog selanjutnya yaitu memilih nama blog yang aesthetic yang mudah diingat oleh orang lain.

Anda bisa terinspirasi dari berbagai situs populer untuk membuat nama blog, tapi bukan berarti meniru atau mencomot domain tersebut.

Anda dapat memperkirakan sendiri apakah nama domain yang Anda buat bisa memiliki tempat di hati orang-orang atau tidak.

Baca juga: Cara Memulai Usaha Jasa Laundry bagi Pemula

Gunakan Ekstensi .com .net .co.id tld

Penggunaan ekstensi nama domain juga sangat mempengaruhi keberhasilan dalam bisnis digital melalui blog atau website. Usahakan menggunakan ekstensi nama domain yang cukup dikenal oleh orang awam seperti ekstensi .com. Contoh nama blog pribadi dengan ekstensi ini yaitu stylekoleksion.com.

Namun apabila merasa kurang cocok dengan ekstensi tersebut bisa gunakan alternatif lainnya seperti .net atau .co.id. Beberapa ekstensi tersebut adalah yang paling banyak dikenal oleh orang awam dan terkesan lebih profesional.

Tips Membuat Nama Blog Singkat dan Mudah Diingat

Tips membuat nama blog tidak perlu panjang dalam membuat nama blog karena akan mempersulit orang lain untuk. Meskipun tidak ada salahnya menggunakan nama blog yang panjang tetapi hal itu justru akan menyusahkan pengunjung blog.

Nama blog yang sulit diucapkan karena terlalu panjang, membuat para pengunjung tidak mendapatkan kesan khusus setelah mengunjungi blog.

Daftarkan Domain di Penyedia Hosting Domain Terbaik

Bagi Anda yang menjalankan bisnis online melalui blog, penting untuk mendaftarkan domain di penyedia web hosting profesional.

Anda juga bisa mendaftarkan nama domain, server, web hosting, dan penerbitan SSL sertifikat untuk membuat blog Anda semakin baik.

Sekarang Anda semakin dimudahkan dengan adanya penyedia jasa hosting domain untuk meningkatkan kualitas blog Anda. Anda membutuhkan jasa hosting domain terbaik? Klik Suwun.co.id untuk memilih jasa hosting domain sehingga blog Anda menjadi ladang bisnis digital yang dapat menarik banyak pengunjung. Untuk lebih leluasa dalam mengakses berbagai fitur, silakan download juga Aplikasi Suwun di HP Anda. Semoga tips membuat nama blog di atas bermanfaat untuk Anda!

Artikel yang Direkomendasikan