Tips Potong Rambut di Salon atau Barber saat Pandemi Corona

jasa-potong-rambut

Tips potong rambut di salon saat pandemi corona. Yuk, simak di sini!

Berdiam diri di rumah saat pandemi adalah cara terbaik untuk mencegah penularan COVID-19. Tapi, beberapa orang mungkin tetap butuh ke salon salah satunya untuk memotong rambut.

Pergi ke salon setelah beberapa waktu tinggal di rumah untuk mencegah penularan virus corona jadi kebutuhan sebagian orang. Ada yang butuh potong rambut sampai melakukan perawatan diri karena perawatan mandiri di rumah dirasa kurang optimal.

The kindest cut: Queues as Northern Ireland hairdressers finally reopen  after four months - BelfastTelegraph.co.uk

Lantas, amankah pergi ke salon menyusul pembukaan sejumlah pusat bisnis termasuk salon di era tatanan hidup baru (new normal) pandemi corona ?

Resiko ke salon di era pandemi corona

Salon menjadi salah satu tempat yang tidak beroperasi selama beberapa bulan lalu. Ini bisa jadi karena jarak yang sulit dikendalikan ketika berada di salon atau barbershop.

Salon yang ramai sangat berpotensi menjadi tempat penyebaran COVID-19. Apalagi pelanggan dan karyawan salon hampir tidak ada jarak. Padahal, salah satu protokol kesehatan adalah menjaga jarak. Ini sangat sulit diterapkan di salon.

“Kalau menurut saya, salon salah satu tempat yang ramai. Misalnya wanita, sering menghabiskan waktu di salon buat santai. Kontak antara pelanggan sama karyawan juga dekat sekali,” ujar dr. Devia.

Tips aman ke salon di tengah pandemi corona

Masih Takut Ke Salon Karena Pandemi ?Ikuti Tips Aman Berikut - Semua  Halaman - bangka.sonora.id

Ada beberapa panduan yang bisa kamu terapkan jika ingin tetap aman saat berkunjung ke salon untuk memotong rambut atau melakukan perawatan lain. Berikut di antaranya.

1. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat

Setiap orang berkontribusi dalam memutus mata rantai penularan virus corona atau penyakit lain.

Jika kamu merasa kurang sehat, meski hanya merasakan gejala ringan, urungkan untuk pergi keluar rumah, termasuk ke salon atau tempat umum lainnya.

2. Pilih salon yang menerapkan protokol kesehatan

Jika ingin potong rambut, pastikan memilih salon yang sudah menerapkan protokol kesehatan. Kamu bisa melakukan riset kecil sebelum datang dengan browsing atau menelepon salon yang akan kamu kunjungi. 

Ajukan beberapa pertanyaan, seperti penataan tempat duduk, batasan pengunjung dalam satu ruangan, sampai protokol kebersihan alat dan pekerja setempat.

3. Jangan berlama-lama di salon

Jangan berlama-lama mengunjungi salon atau tempat potong rambut. Sebisa mungkin, buat janji terlebih dahulu agar tidak perlu berlama-lama di dalam salon atau tempat potong rambut.

Rencanakan layanan yang akan diambil dengan matang agar tidak tergiur mengambil layanan tambahan yang bisa mengulur waktu di salon. Untuk sementara, Anda juga disarankan untuk menghindari perawatan yang menyasar dekat area selaput lendir seperti mata, hidung, dan mulut.

4. Pastikan kondisi tangan selalu dalam keadaan bersih

Sanitasi tangan sebelum masuk salon atau tempat potong rambut. Sebelum duduk di kursi, pastikan kursi dan meja yang Anda akses dalam kondisi bersih.

Jika Anda menggunakan kamar mandi di dalam salon, pastikan untuk membersihkan kembali tangan sebelum duduk.

Buka pintu dengan siku atau tisu. Semua langkah sederhana ini dapat menjaga tangan, yang bisa menjadi pintu masuk kuman, dalam kondisi bersih.

5. Jangan copot masker

Ikuti anjuran untuk mengenakan masker saat berada di luar rumah. Pakai masker bisa melindungi Anda dari tertular penyakit. Serta, mencegah Anda menularkan penyakit yang bisa menular lewat partikel dari saluran pernapasan seperti virus corona.

6. Ganti pakaian setelah dari salon

Tidak hanya dari salon, setelah bepergian keluar rumah, disarankan untuk ganti pakaian. Karena baju yang dipakai di luar rumah, dikhawatirkan tertempel partikel virus yang berpotensi menyebabkan penularan. 

Mau Cukur Rambut? Catat Protokol Kesehatan di Salon dan Barbershop

Nah, berikut tips yang bisa kamu terapkan jika ingin tetap aman saat berkunjung ke salon/barber. Terapkan protokol kesehatan secara ketat agar salon dan barbershop tidak menjadi tempat penyebaran COVID-19!

Booking jasa potong rambut di Barbershop melalui Suwun

Artikel yang Direkomendasikan