Tips Perawatan Mesin Cuci Laundry

kenapa-pengering-mesin-cuci-tidak-mau-berputar

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, mesin cuci laundry merupakan investasi finansial yang mempermudah proses pencucian pakaian setiap hari. Agar mesin cuci dapat bertahan lama, berikut beberapa tips mengenai apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan dalam merawat mesin cuci.

Bagaimana Cara Membersihkan Mesin Cuci Laundry?

Merawat kebersihan mesin cuci bukan hanya membuat cucian lebih bersih, tetapi juga memperpanjang umur peralatan. Disarankan untuk membersihkan mesin cuci dengan menyeluruh secara berkala, atau apabila tersedia fitur “Siklus Pembersihan,” aktifkan setiap bulan atau setelah sekitar 30 kali pencucian. Ini akan membantu menghilangkan residu busa atau sisa sabun yang dapat menumpuk di dalam mesin.

Langkah dari perawatan mesin cuci yang juga sangat penting adalah membersihkan perangkap serat setelah setiap penggunaan. Hal tersebut sangat membantu mencegah risiko kebakaran dan menjaga kinerjanya tetap optimal. Selain itu, penting untuk membersihkan ventilasi pengering, yaitu saluran yang mengarah dari pengering ke luar rumah Anda, setidaknya sekali setahun.

Baca Juga: Kerusakan yang Mempengaruhi Harga Service Mesin Cuci

Perawatan Mesin Cuci Laundry Agar Tetap Awet

Adapun upaya yang bisa dilakukan untuk memastikan mesin cuci tetap berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun yaitu:

1. Hindari penggunaan deterjen yang berlebihan.

Penggunaan deterjen yang berlebihan sebetulnya tidak berpengaruh apaun terhadap kebersihan pakaian, tetapi malah akan meninggalkan residu sabun pada pakaian. Hal ini dapat menyebabkan bau yang melekat di mesin cuci. Selain itu, penggunaan deterjen yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan mesin cuci Anda bekerja lebih lama, memerlukan siklus bilas tambahan untuk menghilangkan deterjen.

2. Periksa kantong pakaian

Sebelum memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci, selalu periksa kantong pakaian terlebih dahulu. Benda-benda logam seperti koin atau kunci dapat merusak tabung mesin cuci. Jika secara tidak sengaja Anda melewatkan langkah ini, pastikan untuk membersihkan filter pompa pembuangan pada mesin cuci yang memiliki bukaan depan, yang dirancang untuk menangkap barang-barang tersebut.

3. Jangan tinggalkan pakaian basah di dalam tabung mesin cuci laundry

Meninggalkan pakaian dalam keadaan basah di dalam mesin cuci tidak hanya buruk untuk pakaian itu sendiri, tetapi juga dapat merusak mesin cuci laundry. Agar terhindar dari pertumbuhan jamur dan lumut di dalam mesin, selalu pastikan untuk segera mengeluarkan pakaian setelah siklus pencucian selesai.

Mau order jasa laundry secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan