Tips Memperbaiki Layar HP Berkedip Untuk Android

Sebenarnya masalah layar hp berkedip cukup jarang terjadi. Jika memang hp android Anda seperti itu, bisa saja baru muncul kalau sudah dipakai lama. Pada artikel kali ini, akan dibahas seputar tips-tips untuk mengatasi masalah layar berkedip tersebut.

Berbagai Jenis Masalah Layar Hp Berkedip

Biasanya mereka yang mengalami masalah ini pada hp-nya merasa panik karena sebelumnya belum pernah terjadi. Kondisi ini juga cukup menakutkan karena terjadi pada layar hp. Ada beberapa jenis kerusakan yang mungkin bisa terjadi.

Misal layar hp Anda berubah warna seperti berubah agak kuning. Masalah lainnya bisa seperti layar yang bergerak sendiri, atau bergaris. Bahkan bisa saja layar hp benar-benar tidak berfungsi sehingga tidak bisa dipakai secara normal.

Beberapa Tips Mengatasi Layar Hp Berkedip

Agar mengatasi masalah tersebut, simak beberapa tips berikut:

  1. Reset HP

Solusi satu ini bisa saja berhubungan, kalau sistem terdapat bug, inilah salah satu solusinya Bug tersebut berarti sistem menjadi tidak stabil. Seperti masalah macet, sehingga dapat berpengaruh kepada brightness. Kalau sudah di-reset, maka tampilan HP persis layaknya hp baru beli.

Silakan coba cek kondisi layarnya, jika normal, maka berarti masalahnya di sistem. Jangan lupa cadangkan data-data penting sebelum melakukan reset.

  1. Layar Hp Berkedip? Coba Matikan fitur kecerahan adaptif

Kalau pengaturan ini dinyalakan, maka brightness dapat berubah-ubah otomatis sesuai aspek lingkungan. Alasan mengapa layar hp berkedip kedip bisa saja karena fitur tersebut. Agar bisa mencoba mengatasi masalahnya, nonaktifkan saja kecerahan adaptif.

Gunakan pengaturan kecerahan secara manual, hal ini juga bisa menghemat penggunaan baterai. Setting kecerahan hp bisa Anda atur dari 40 sampai 60 persen. Jangan atur kecerahan sampai full apa lagi di ruangan, agar menghindari masalah shadow.

Jika mengembalikan pengaturan ke otomatis kembali, masalah kedip bisa saja kembali lagi. Cobalah tunggu beberapa hari untuk memastikan.

Baca juga: 10 Cara Memilih Jasa Service HP Terdekat Bisa Ditunggu

  1. Stop main hp kalau overheat

Pada beberapa produk HP saat panas, bisa saja suhunya sampai ke layar. Jika suhu sudah tinggi, maka akan mengakibatkan masalah backlight atau kedap-kedip muncul. Hal ini umumnya ditemui pada HP-HP yang sudah dipakai menahun.

Kondisi komponen-komponen hp tersebut bisa saja mulai melemah. Agar mengatasi hal tersebut, harus berhenti menggunakan HP sementara sampai suhu stabil. Supaya lebih jelas, coba Ikuti panduan cara mengatasi layar hp bergaris dan berkedip berikut:

  • Kalau HP sudah hangat, Anda perlu matikan HP. Gunakan tombol power hp, bukan memakai Power Off.
  • Disarankan tidak charge HP lama-lama, apa lagi pada permukaan seperti kasur. Sering kali hal tersebut membuat suhu meningkat drastis.
  • Pakai charger original atau charger bawaan HP.
  • Kalau layar HP Anda berkedip ketika suhu meningkat, matikan atau power off. Lalu tunggulah beberapa saat.
  1. Memakai fitur opsi pengembang

Pengaturan satu ini merupakan setting lanjutan yang bisa dipakai untuk mengatasi layar hp berkedip setengah. Di dalam opsi pengembang tersebut, dapat diatur berbagai macam pengaturan, beberapa mungkin jarang diketahui. Agar bisa menggunakannya, coba buka Setting/ Setelan dan masuk ke bagian Tentang Ponsel.

Pada Nomor yang tertera, coba klik kurang lebih 5x sampai muncul notifikasi. Kalau sudah, buka kembali Setelan, masuk ke dalam Opsi Pengembang. Scroll sampai ada kolom Rendering dan sejenisnya. Coba centang pilihan Nonaktifkan Overlay atau sejenisnya. Supaya hp Anda benar-benar bisa berfungsi kembali, coba gunakan layanan dari jasa terpercaya.

Jika masalah layar hp berkedip atau pun masalah hp lainnya masih terjadi, Anda bisa percayakan pada layanan jasa service hp terpercaya di Suwun.co.id. Untuk kemudahan pemesanan jasanya, download aplikasi Suwun disini sekarang juga!

Artikel yang Direkomendasikan