Cara Membuat Desain Produk (Kemasan) yang menarik

jasa-desain-produk

Desain kemasan produk merupakan salah satu faktor penting yang dapat menguatkan branding bisnis dalam persaingan yang semakin ketat. Desain kemasan yang menarik dan berkualitas menjadi pembeda antara brand kamu dengan kompetitor.

Melalui desain kemasan produk, kamu dapat menyampaikan informasi mengenai identitas bisnismu seperti logo, kualitas produk, dan sebagainya. Hal seperti ini tentu bisa menarik perhatian pelanggan untuk jatuh cinta pada produkmu.

Penting untuk diketahui, sebuah kemasan produk yang menarik tak harus mahal dan juga tak harus rumit, kamu hanya perlu menjadi kreatif dan mengerti keseimbangan antara efisiensi dan efektivitas.

Desain Produk: Cara Menyelesaikan Masalah dalam Industri Kreatif

Dengan begitu, produk kamu akan lebih stand out serta menarik perhatian orang yang melihat. Artinya, kesempatan konsumen untuk terlibat pada produkmu akan semakin besar.

Desain kemasan produk yang menarik dan unik tentu mempunyai karakter yang akan membedakan dengan produk serupa lainnya.

Cara Membuat Desain Kemasan Produk Agar Menarik

Desain packaging unik dan menarik tentunya menerapkan beberapa hal penting yang bisa memengaruhi sukses atau tidaknya sebuah bisnis. Untuk itu, kami akan memberikan tips cara membuat desain kemasan menjadi lebih menarik yang bisa kamu coba.

1. Pilih warna yang tepat

Warna kemasan suatu produk sangat penting, hampir 90% dari pembelian didasarkan hanya pada warna. Jadi, kamu harus mengetahui peran dan arti warna dalam desain kemasan, misalnya:

  1. Hijau melambangkan kesegaran, alam, atau uang
  2. Merah melambangkan hasrat, kekuatan, cinta dan keberanian
  3. Biru melambangkan ketenangan, otoritas, atau maskulinitas
  4. Kuning melambangkan energi, serta kebahagiaan
  5. Merah mudah melambangkan rasa ramah, feminitas
  6. Ungu melambangkan kreativitas, royalti, atau misteri
  7. Oranye melambangkan kesan senang, kehangatan, atau tekad

2. Pilih bentuk kemasan yang sesuai

Kalian mungkin pernah memperhatikan bahwa kemasan untuk produk “maskulin” sering memiliki bentuk persegi panjang, seperti kotak, sementara banyak produk “feminim” seringkali lebih melengkung, ternyata itu bukanlah kebetulan.

Ada pertimbangan psikologi dalam bentuk kemasan tersebut, tersembunyi di balik target pasar kamu, untuk itu kamu bisa membuat desain kemasan sesuai dengan itu.

Meskipun desain yang menonjol itu penting, namun perlu juga diingat bagaimana produk kamu dapat bersaing di industri ritel. Kamu bisa berkonsultasi dengan beberapa desainer kemasan untuk membuat bentuk kemasan yang tepat sesuai dengan bisnis dan target pasar.

Baca Juga: Tips Memilih Mesin Cuci Berkualitas agar Tidak Mudah Rusak

3. Manfaatkan Gambar yang Menarik

Orang Indonesia cenderung lebih mudah menerima sesuatu yang berbau visual, oleh sebab itu cantumkan gambar agar lebih menarik minat pembeli. Gambar tidak harus selalu berkaitan dengan produk, Anda bisa saja menambahkan gambar-gambar lucu atau karikatur yang secara tidak langsung masih terkait dengan pencitraan produk tanpa harus terkesan kaku.

4. Buat agar mudah dimengerti

Pelanggan kamu perlu “mengerti” produk kamu dengan cepat. Kamu hanya memiliki beberapa detik untuk membuat produkmu dapat dipahami oleh pelanggan saat pertama kali melihatnya.

Salah satu cara yang bisa kamu coba yakni menggunakan bahasa yang sederhana, cara ini sangat penting untuk meningkatkan kemungkinan seseorang akan memahami apa yang kamu jual dan membuat mereka lebih cenderung untuk membelinya.

5. Gunakan kalimat sederhana

Pada desain kemasan makanan, seringkali ditemukan berbagai tulisan selain komposisi ataupun identitas barang itu sendiri. Misalnya saja kalimat slogan, kata-kata persuasif, nama brand, dan lainnya.

Meskipun ingin dibuat menarik tetapi hindari penggunaan kalimat berlebihan, alay, atau kurang penting yang mampu membuat bingung para konsumen.

Pakailah gaya bahasa sederhana, mudah diingat tetapi mampu mengintepretasikan tujuan maupun barang tersebut.

6. Tambahkan Data Legalitas dari Lembaga Pemerintah

Ini adalah salah satu hal yang tidak kalah penting yaitu mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintahan yang memang berwenang dengan produk-produk yang Anda produksi sehingga produk Anda lebih terjamin kesehatannya dan lebih tepercaya. Contohnya legalitas dari  Badan Pengawas makanan dan Obat, Dinas Kesehatan, maupun sertifikasi halal.

Dengan mengetahui rahasia membuat desain packaging produk yang bagus maka keuntungan bisnis bertambah besar.

Cobalah untuk berkonsultasi pada ahli bisnis berpengalaman atau browsing internet agar Anda mendapatkan inspirasi baru. Yuk, cari jasa desain di Suwun.co.id!

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april