Apa Itu Tembok Bangunan? Simak Definsi dan Fungsinya di Sini!

cara membersihkan tembok

Untuk memperoleh bangunan tembok yang kokoh dibutuhkan penyusunan batu bata yang baik dan benar. Tahapan pertama untuk membuat tembok adalah melakukan persiapan meliputi merencanakan desain tembok yang ingin dibangun, menentukan bahan yang akan digunakan dan menyiapkan alat yang dibutuhkan. Memiliki tembok yang kuat sangat berpengaruh pada kualitas bangunan rumah yang akan dibangun.

Tembok Adalah: Tips Membangun Tembok yang Kokoh

Tanda bahwa tembok atau dinding dibangun dengan adanya kesalahan dalam pembangunannya adalah ketika muncul retakan. 

Retakan bukan hanya akan mengganggu estetika, namun sekaligus menjadikan Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk melakukan perbaikan dan renovasi. Maka salah satu hal penting sebelum membangun tembok adalah untuk menyempatkan melakukan cek spesifikasi bangunan tembok yang berfungsi penting dalam sebuah bangunan rumah.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat bangunan tembok yang kuat dan kokoh yaitu :

1. Siapkan bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat bangunan tembok yang kuat dan kokoh, dibutuhkan batu bata atau batako yang berkualitas dan campuran adukan semen dan pasir yang tepat.

2. Rendam batu bata

Langkah yang pertama sebelum batu bata diaplikasikan untuk menjadi bangunan tembok adalah dengan merendamnya atau membasahinya dengan air terlebih dahulu. Lakukan sekitar 1 jam sebelum batu bata dipasang dengan tujuan agar menjadi lebih kokoh dan kuat.

3. Buat garis panduan pemasangan

Dibutuhkan adanya garis panduan pemasangan batu bata agar tercipta pengikat antara lapisan batu bata yang dipasang. Umumnya digunakan ukuran setengah batu bata untuk menjadi garis panduan pemasangan.

4. Buat palang dan kolom balok

Tujuannya adalah agar beban dinding bata menjadi lebih merata sehingga bisa terhindar dari resiko dinding yang terjatuh.

Baca Juga: Tips Cari Tukang Bangunan Harian

5. Buat kolom di pintu dan jendela

Agar pembuatan bingkai pintu atau jendela usahakan semua yang terdapat lubang bor harus memiliki kolom. Begitu juga untuk palang balok yang akan mengelilingi bingkai dan selalu bergerak keluar masuk.

6. Basahi batu bata saat proses plesteran

Diamkan bangunan tembok selama beberapa hari setelah terbentuk menjadi dinding. Kemudian sebelum mulai proses memplester dinding, basahi tembok dengan air hingga terserap maksimal. Tujuannya membasahi air tembok adalah untuk mencegah air yang menyerap yang bisa menjadikan tembok mudah retak.

7. Basahi tembok saat memplester

Pengairan atau membasahi tembok dinding semen sangat dianjurkan setelah proses memplester selesai. Pengairan tersebut dilakukan setidaknya 1 hingga 3 atau 7 hari lamanya.

Tembok Adalah Bagian Penting Bangunan, Jangan Sembarangan!

Demikian ulasan singkat tentang pengertian tembok adalah dinding yang terbuat dari susunan batu bata yang harus diperhatikan proses pembangunannya dengan benar. Jika Anda ingin membuat bangunan yang berkualitas, percayakan proyek pembangunan rumah atau gedung yang dibutuhkan pada jasa tukang terpercaya.

Mau order jasa tukang bangunan secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan