Apa Itu Balok Intel? Ini Definisi dan Fungsinya!

harga-kayu-balok

Dalam sebuah bangunan, keberadaan balok intel adalah sangat penting untuk menjaga bangunan bisa berdiri dengan kokoh. Balok tersebut memang dipasang dalam bangunan karena mempunyai peran penting untuk menjaga keamanan serta kekuatan struktur bangunan. Selain itu, balok intel juga bisa memberikan sentuhan estetika tersendiri pada sebuah desain bangunan.

Balok Intel Adalah: Fungsi dan Metode Pemasangannya

Adapun fungsi dari balok intel adalah untuk membantu menahan beban yang tertumpu pada bukaan seperti pintu dan jendela. Fungsi dari penggunaan balok intel juga disesuaikan dengan kebutuhan struktural. Berikut beberapa fungsi yang dimiliki balok intel dalam sebuah bangunan :

  1. Membantu mengokohkan struktur dinding bangunan
  2. Menahan beban bagian atas bangunan rumah
  3. Menjaga bagian kusen dan pintu jendela tetap kokoh berdiri
  4. Menguatkan struktur bangunan kusen
  5. Untuk mencegah adanya kerusakan atau retak pada tembok yang ada di atas pintu atau jendela
  6. Mencegah kusen pintu atau jendela melengkung

Balok intel adalah dipasang dengan menggunakan teknik atau metode khusus. Sebelum melakukan pemasangan balok intel, pastikan terlebih dahulu memahami beberapa hal berikut ini.

  • Panjang balok intel dengan menggunakan perhitungan standar panjang balok intel adalah selebar kusen jendela atau pintu ditambah 30 cm pada sisi kanan dan kiri
  • Balok intel yang melengkung yaitu dengan membuat balok intel dengan bentuk setengah lingkaran. Tips untuk membuat balok intel adalah dengan memastikan kualitas cor-coran beton di bagian tengah balok dibuat dengan cukup kuat.
  • Pasang angkur pada kusen jendela dan pintu pada bagian sisi kanan serta kiri agar konstruksi bangunan menjadi lebih kokoh.
  • Pasang beton dook dengan keberadaan angkur di dalamnya dengan tujuan untuk menahan agar air tahan tak masuk ke dalam kusen.

Demikian penjelasan singkat tentang balok intel adalah jenis balok yang berfungsi untuk menahan beban pada bukaan seperti contohnya jendela dan pintu rumah. 

Baca Juga: Tips Mencari Tukang Bangunan Harian

Balok Intel Adalah Bagian Penting Jika Ingin Bangunan Anda Berdiri Kokoh

Pahami dengan baik dan benar seputar penggunaan balok intel agar bangunan Anda kokoh dan kuat. Jika Anda ragu mendapatkan kualitas balok yang bagus, percayakan saja pada tukang terpercaya berikut.

Mau order jasa tukang bangunan secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan