Apa Itu Sloof? Ini Definisi dan Fungsinya!

cari-tukang-bangunan-panggilan

Sloof adalah salah satu bagian dari sebuah struktur bangunan yang lokasinya terletak di bagian atas pondasi bangunan dengan bentuk horizontal. 

Secara umum, sloof merupakan jenis konstruksi beton bertulang. Biasanya bagian sloof berada di bagian lantai dasar dan memiliki kegunaan untuk menahan beban pada struktur bangunan yang ada.

Sloof Adalah: Fungsi Sloof Untuk Bangunan

Bagian bangunan sloof didesain dari beton bertulang untuk bisa menopang beban rumah sehingga dipasang di atas fondasi dan ditanam di bawah tanah. 

Untuk membuat sloof tak bisa dilakukan sembarangan karena membutuhkan teknik khusus, perencanaan matang serta perhitungan yang tepat. Diharapkan hasil pembuatan sloof bisa sesuai dengan kebutuhan.

Adapun fungsi sloof adalah sebagai berikut:

1. Menopang beban bangunan

Bagian sloof memiliki fungsi untuk menahan beban dari bangunan sebelah atas ke pondasi bangunan. Keberadaan sloof akan sangat membantu beban dari bangunan bisa didistribusikan ke setiap titik dari pondasi, sehingga beban bangunan tersebar merata dan tak bertumpu hanya pada satu titik saja. 

Penggunaan sloof bisa membantu mencegah konsentrasi tekanan tinggi pada satu titik tertentu yang bisa berakibat pada penurunan struktural atau kerusakan bangunan.

2. Penghubung dinding dan lantai

Bagian sloof memiliki peran untuk menjadi penghubung antara dinding bangunan dengan pondasi atau lantai bangunan. Bagian tersebut menjadi struktur penting untuk memastikan bagian dinding dan lantai bisa bekerja sama untuk membuat bangunan tetap berdiri kokoh.

3. Stabilitas

Selanjutnya fungsi dari sloof adalah untuk memberikan kekuatan struktural dan stabilitas pada bangunan. Sehingga dinding dan balok bisa cukup kuat untuk menahan beban bekerja untuk mencegah terjadinya kegagalan struktural.

4. Pembebanan Lateral

Sloof juga didesain untuk bisa menangani dan menopang adanya beban lateral. Seperti misalnya beban terpaan angin, gempa bumi dan lainnya yang bisa berpengaruh pada kestabilan bangunan.

5. Pengendalian Pergerakan

Sloof adalah juga berfungsi untuk mengendalikan adanya pergerakan lateral pada dinding bangunan khususnya jika terjadi gempa bumi atau tekanan angin yang kuat.

Baca Juga: Tips Mencari Tukang Bangunan Harian

Sloof Adalah Bagian Penting dari Struktur Bangunan, Jangan Asal!

Pemahaman tentang pengertian dan fungsi dari sloof adalah sangat penting untuk mendapatkan kualitas bangunan yang kokoh. Memilih dan menerapkan sloof dengan tepat juga bisa menjadikan bangunan lebih stabil, kuat dan lebih tahan pada berbagai resiko selama masa pakai berlangsung. 

Jika Anda membutuhkan jasa pemasangan sloof bisa menggunakan jasa tukang bangunan yang handal dan terpercaya untuk dapatkan hasil yang berkualitas.

Mau order jasa tukang bangunan secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan