Stepping Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

stepping-adalah

Banyak yang mengabaikan pentingnya stepping di sebuah area tertentu seperti di sebuah ruang terbuka, taman hingga perairan. Bahwa elemen stepping adalah sebuah area pijakan khusus yang memiliki nilai estetik, fungsional sekaligus nyaman serta aman untuk menjadi pijakan. Umumnya stepping dibuat dari material batu alam, kayu, beton  dan lain sebagainya.

Stepping Adalah Area Pijakan Dengan Fungsi Khusus

Stepping atau yang biasa disebut dengan sebutan stepping stone juga banyak digunakan untuk menambah kesan estetik dan natural dari sebuah rumah. 

Sekilas untuk membuat pijakan atau stepping terlihat mudah untuk dilakukan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan benar, diantaranya adalah untuk membuat stepping yang nyaman sekaligus aman untuk menjadi jalan setapak.

Adapun fungsi dari keberadaan stepping di sebuah area terbuka adalah sebagai berikut :

1. Elemen estetika

Bahwa pijakan yang dibuat bisa menjadi sebuah penghias yang menambah keindahan di sebuah desain taman terbuka.

2. Akses pijakan jalan

Berfungsi untuk memberikan akses jalan yang mudah dan terlihat jelas untuk penghuni bisa berjalan-jalan hingga berkeliling area tersebut dengan nyaman serta aman.

3. Fungsi pembagian area

Jalan pijakan juga bisa difungsikan untuk membagi area menjadi beberapa ruang yang berbeda sesuai kebutuhan penggunaannya.

Baca juga: Menambah Pesona pada Taman dengan Kolam Batu Alam Kecil

4. Ruang terbuka

Stepping juga bisa digunakan untuk membuat  ruang terbuka yang ada di antara tanaman di sebuah taman.

5. Sistem drainase

Jalan setapak yang didesain multifungsi seperti dipasang dengan menggunakan jarak secara khusus juga bisa membantu menjadi sarana mengalirkan air hujan untuk terserap ke dalam tanah.

Cara memasang atau membuat stepping adalah sebagai berikut :

  • Lakukan simulasi berjalan dengan melangkah mengelilingi area yang akan dibuat stepping sebanyak beberapa kali
  • Anda kemudian bisa membuat jalur stepping sesuai dengan keinginan dan kebutuhan yang dianggap paling nyaman, aman serta pas
  • Untuk percobaan Anda bisa memasang stepping stone di titik yang sudah diberi tanda, kemudian cobalah untuk berjalan di stepping yang sudah dipasang
  • Setelah stepping sudah terpasang semua, Anda juga harus melihatnya dari jarak jauh untuk menentukan apakah posisi jalurnya sudah sesuai secara visual atau belum
  • Ratakan bagian permukaan tanah sebelum memasang stepping sehingga posisinya nanti bisa lebih stabil
  • Anda juga bisa menambahkan campuran kerikil dan pasir sebagai pondasi jika ingin memasang stepping yang lebih tinggi dari permukaan tanah
  • Pastikan stepping terpasang dengan benar, isi celah yang terbuka untuk menjaga posisi stepping stabil dan tampil lebih rapi

Sekian penjelasan singkat tentang stepping adalah pijakan batu yang harus diperhatikan dengan baik cara pembuatannya. Berminat untuk membuatnya?

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan