Kantilever Adalah: Fungsi dan Contoh Penerapannya di Bangunan

kantilever-adalah

Bahwa struktur kantilever bisa dibuat dalam beragam bentuk dari mulai bentuk balkon, kanopi, anak tangga hingga tambahan lantai secara khusus. Adanya kantilever adalah untuk memberikan fungsi agar ruang yang ada di bawahnya terlihat lebih luas dan lega karena tak ada tiang yang mengganggu. Berikut penjelasan lengkap mengenai kantilever dan contoh penerapannya di berbagai jenis bangunan.

Kantilever Adalah Sebuah Struktur Bangunan Dengan Fungsi Tertentu

Secara umum, kantilever banyak diartikan sebagai sebuah struktur bangunan yang memiliki bentuk sebuah balok atau pelat yang terlihat menonjol serta melekat hanya pada satu bagian ujungnya saja. 

Dinding kantilever umumnya banyak dipakai untuk membuat teras atau balkon dengan tampilan yang elegan sekaligus ringkas. Namun, dikarenakan ketiadaan penyangga secara vertikal menyebabkan dinding kantilever mempunyai batas beban secara maksimal yang harus diperhatikan dengan benar saat pembuatannya.

Struktur kantilever sendiri memiliki beberapa fungsi atau kegunaan diantaranya adalah :

1. Untuk memaksimalkan fungsi ruang

Kantilever memang banyak dipakai untuk area eksterior dan fasad rumah, namun banyak juga yang menerapkannya pada sisi interior rumah. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan fungsi dari sebuah ruang dengan lahan terbatas menjadi terlihat lebih lega dan luas misalnya dengan pembuatan tangga model minimalis.

Baca juga: Rekomendasi Model Keramik Balkon Atas Rumah

2. Struktur bangunan yang serbaguna

Penggunaan kantilever juga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan, seperti misalnya untuk digunakan pada area carport. Tujuannya adalah untuk menjadi pengganti kanopi yang bisa melindungi kendaraan yang diparkir di carport.

3. Lebih hemat biaya

Penggunaan kantilever juga bisa menjadikan biaya material konstruksi yang dibutuhkan jauh lebih hemat biaya. Hal tersebut dikarenakan untuk membuat kantilever hanya membutuhkan satu sisi penyangga saja yang memerlukan jumlah material lebih sedikit.

Beberapa contoh penerapan penggunaan kantilever adalah sebagai berikut :

  • Desain kantilever untuk balkon apartemen atau rumah
  • Desain kantilever juga bisa diaplikasikan pada sebuah ruang untuk memberikan tambahan ruang khususnya pada lantai atas
  • Bangunan kantilever juga bisa dibuat pada atap bangunan dengan bentuk datar yang memanjang yang berfungsi sebagai kanopi seperti pada bagian lobby misalnya
  • Struktur kantilever modern bisa kita temukan pada bangunan seperti hotel dengan tujuan untuk menambah sisi elegan dan eksklusivitasnya

Penting untuk diketahui bahwa struktur kantilever adalah tak selalu cocok dengan semua jenis bangunan yang ada. Bahwa struktur kantilever lebih banyak digunakan untuk jenis bangunan bergaya modern, minimalis dan kontemporer.

Mau order jasa arsitektur secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan