Solusi Mudah Service Lampu Rumah Anda

jasa-service-lampu

Menjadi salah satu hal penting dalam rumah, tak jarang kita akan menemui kendala yang tiba-tiba terjadi pada lampu rumah. Kerusakan yang terjadi dapat meliputi lampu rumah yang menyala dan mati sendiri atau bahkan mati total. Meskipun Anda menggunakan lampu LED yang notabene lebih awet, namun lampu LED tetap bisa rusak disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya, ruangan yang terlalu sempit, kemudian daya listrik yang terlalu besar, hingga intensitas menyalakan dan mematikan lampu yang terlalu sering juga bisa menjadi penyebab lampu LED Anda mengalami kerusakan. Jika Anda mengalami kendala pada lampu rumah Anda, sebaiknya jangan buru-buru panik untuk mengganti lampu Anda. Sebagai solusi awal, Anda bisa mencoba melakukan langkah-langkah dibawah ini untuk melakukan service lampu rumah Anda. 

Service Lampu Mati Total

Jika lampu Anda tiba-tiba tidak bisa dinyalakan secara tiba-tiba, maka kemungkinan ada micro LED yang putus sehingga semuanya tidak akan mau menyala. Untuk melakukan service lampu led secara mandiri Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Siapkah alat avometer multitester, elemen solder, dan pinset.

2. Bukalah casing lampu LED dengan cara diputar.

3. Gunakan avometer multitester untuk mengetes micro LED satu persatu. Tandai micro LED yang tidak mau menyala.

4. Lepas bagian komponen luar LED.

5. Posisikan micro LED yang telah ditandai tadi diatas komponen LED yang diletakkan di elemen solder.

6. Kemudian, gunakan pinset untuk mencopot micro LED yang tidak bisa menyala tadi.

7. Setelah terlepas, satukan kedua posisi positif dan negatif menggunakan solder agar micro LED yang lain bisa menyala.

8. Terakhir, kembalikan komponen luar ke dalam body lampu.

9. Lampu LED pun akan menyala kembali.

Baca Juga: Suwun, Aplikasi Jasa JABODETABEK

Service Lampu yang Redup

Selain lampu yang tiba-tiba mati dan tidak bisa dinyalakan kembali, bisanya masalah yang ditemui adalah lampu yang menjadi redup. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan lampu LED di rumah Anda menjadi redup. Bisa karena baterai yang rusak atau habis, kemudian karena dioda bridge, maupun kerusakan pada resistor. Jika lampu redup karena dioda bridge yang rusak, maka satu-satunya cara adalah dengan mengganti lampu rumah Anda. Namun, jika karena baterai yang bermasalah, Anda bisa mengukur tegangan baterai setelah mengisi ulang daya baterai terlebih dahulu. Jika ternyata tegangan baterai lampu Anda tidak stabil maka artinya sudah waktunya mengganti baterai lampu Anda karena daya baterai lama sudah habis. Kemudian, jika yang menyebabkan lampu redup adalah resistor Anda bisa melakukan langkah-langkah service lampu led mandiri berikut :

1. Setelah membongkar lampu LED, ukur tegangan resistornya.

2. Kemudian, jika menemukan titik resistor yang turun pada tegangannya maka berikan flux.

3. Solder pada titik kapasitor dan copot.

4. Gantilah kapasitor lama dengan kapasitor yang baru.

5. Lampu LED akan kembali menyala setelah dipasang.

Itulah beberapa solusi service lampu yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, jika Anda mengalami kesulitan seperti kurangnya alat dan tenaga, Anda tidak perlu khawatir!  Anda bisa menggunakan jasa yang tersedia di laman https://suwun.co.id/. Sebagai marketplace penyedia jasa, Suwun dapat menjadi solusi bagi Anda untuk mencari jasa service lampu led terdekat. Anda bisa membuka laman Suwun lalu memilih penyedia jasa service lampu led terdekat dan memilih waktu yang tersedia. Kemudian, mitra Suwun akan datang ke rumah Anda untuk memperbaiki lampu Anda. Masalahpun akan terselesaikan dengan lebih menghemat waktu dan tenaga dengan Suwun.

Artikel yang Direkomendasikan