4 Keunggulan Rumah dari Baja Ringan

rumah-baja-ringan

Baja ringan merupakan salah satu material bangunan yang sering dijadikan sebagai material atap, rangka bangunan, dan pagar rumah. Saat ini banyak orang yang memilih rumah dari baja ringan, khususnya untuk rumah minimalis. Pasalnya, rumah dari rangka baja ringan sangat aman untuk dihuni.

Apa Saja Keunggulan Rumah Dari Baja?

Perlu diketahui bahwa keberadaan baja ringan saat ini mengalahkan kelebihan dari material baja konvensional dan kayu. Lalu apa saja keunggulan yang dimiliki oleh baja ringan? Berikut merupakan ulasannya.

1. Proses pemasangan baja ringan lebih cepat

Dibandingkan menggunakan material lain, pemasangan baja ringan untuk atap maupun rangka prosesnya pemasangannya lebih cepat. Hal ini dikarenakan ukuran baja ringan cukup beragam jadi dapat memilih ukuran sesuai dengan fungsinya.

Tukang pun akan lebih mudah saat pemasangan. Bahkan untuk membuat model pagar rumah dari baja ringan juga jauh lebih mudah. Caranya cukup mengebor di bagian baja ringan kemudian memasang baut di setiap rangka tersebut.

2. Rumah dari baja ringan menghemat budget

Dari sisi harga material, baja ringan memang harganya lebih tinggi dibandingkan kayu. Namun untuk pembuatan rumah keseluruhan, penggunaan baja ringan lebih menghemat budget.

Menggunakan material baja ringan dapat menghemat waktu dalam proses pembangunan tempat tinggal. Budget untuk pembayaran tukang pun akan lebih efisien. Selain itu baja ringan juga dapat meminimalisir tidak terpakainya sisa material.

3. Ringan tetapi kuat

Banyak orang yang membuat pagar rumah dari baja ringan minimalis salah satu alasannya karena lebih ringan dibandingkan material lain. Meskipun ringan, ternyata material baja ringan juga lebih kuat.

Perlu diketahui bahwa baja ringan ketebalan 1 mm mempunyai ketahanan setara dengan 3 mm baja konvensional. Tidak heran jika baja ringan sering dipilih sebagai material untuk pembuatan rangka rumah, pagar, dan atap.

4. Tahan terhadap api dan goncangan

Ternyata material baja ringan memiliki sifat yang tahan terhadap panas atau api saat kebakaran. Selain itu, tempat tinggal juga tahan terhadap goncangan sehingga saat terjadi gempa, material ini tetap kokoh.

Anda bisa menggunakan rangka baja ringan dalam membuat rumah minimalis 2 lantai. Pasalnya, sisa material baja ringan dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya misalnya untuk pembuatan pagar.

Apalagi saat ini banyak pagar rumah minimalis dari baja yang digemari banyak orang. Bahkan material baja ringan menjadi trend dalam pembangunan rumah.

Baca Juga: Service TV Tabung Terbaik

Cara Pembuatan Rangka dengan Material Baja Ringan

Perhatikan hal-hal berikut saat memasang baja ringan sebagai material untuk membuat rangka dua lantai minimalis.

Membuat Desain Bangunan 3D

Buatlah desain struktur rumah 3D terlebih dahulu sebelum memasang rangka. Hal ini bertujuan supaya dapat memperhitungkan material baja ringan yang digunakan. Selain itu, sistem modular juga dapat mempercepat pengerjaan.

Siapkan Peralatan Konstruksi Baja Ringan

Selain itu, alat-alat seperti mesin pemotong, bor, selang air, plat, waterpass, meteran, angkur, profil, dan peralatan lainnya harus dipersiapkan. Tentunya, beberapa peralatan dan bahan konstruksi baja ringan tersebut harus disesuaikan dengan jumlah dan dimensi yang sebelumnya sudah diperhitungkan.

Pengerjaan Pondasi Rumah Dan Merangkai Modul Konstruksi

Langkah selanjutnya yaitu menyelesaikan pembuatan pondasi rumah atau sub struktur. Jadi pondasi sudah siap saat proses pemotongan dan pengukuran selesai.

Selanjutnya, modul-modul konstruksi harus dirangkai sesuai rancangan bangunan rumah minimalis 2 lantai.

Proses Pemasangan

Selanjutnya yaitu proses pemasangan dengan menyatukan rangka baja ringan menggunakan baut dan mur supaya kencang. Anda dapat melanjutkan pemasangan bidang penutup bangunan seperti atap, lantai, dinding, plafon, dan lain-lain.

Apakah Anda bingung dalam memilih jasa tukang untuk membangun rumah? Langsung saja kunjungi situs Suwun.co.id karena di sini Anda bisa mendapatkan layanan atau jasa tukang bangunan berpengalaman dengan mudah dan cepat. Download juga aplikasi Suwun melalui Play Store dan App Store untuk mendapatkan berbagai fitur lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan