3 Penyebab Rumah Banyak Kecoa Secara Tiba-Tiba

penyebab-rumah-banyak-kecoa

Apakah rumah Anda tiba-tiba muncul banyak kecoa dan apa penyebabnya? Tentu sangat menjengkelkan jika kecoa keluar dari sarangnya dan berkeliaran di ruangan. Lalu sebenarnya apa yang menjadi penyebab rumah banyak kecoa bahkan sering muncul secara tiba-tiba? Padahal Anda merasa sudah menjaga kebersihan rumah.

Apa yang Menjadi Penyebab Rumah Banyak Kecoa?

Serangga yang menjijikkan ini biasanya bersarang di tempat yang kotor. Meskipun demikian, terkadang kecoa dapat ditemukan di rumah yang bersih sekalipun. Kenyataannya, meskipun sudah menjaga kebersihan rumah tidak menjamin rumah Anda akan terhindar dari keberadaan kecoa.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang menyebabkan kecoa tiba-tiba muncul di rumah.

1. Tempat yang Lembab Penyebab Rumah Banyak Kecoa

Perlu diketahui bahwa kecoa merupakan golongan hewan berdarah. Serangga ini dapat bertahan tanpa makan untuk jangka waktu yang cukup lama, tetapi tidak bisa bertahan hidup tanpa air dalam waktu seminggu.

Jika secara tiba-tiba Anda melihat kecoa banyak yang keluar dari sarangnya, kemungkinan penyebab utamanya yaitu rumah Anda yang terlalu lembab. Artinya, kecoa menemukan tempat yang tepat untuk bersarang karena terdapat sumber air yang cukup.

Jadi tidak peduli rumah Anda kotor atau bersih, kecoa akan berada di tempat yang memiliki kelembaban tinggi. Oleh karena itu, harus selalu menjaga kelembaban ruangan supaya tidak berlebih dan menjadi sarang kecoa.

Lalu dimana ruangan rumah yang memiliki kelembaban tinggi dan terdapat sumber air? Intinya, setiap tempat yang terdapat sumber air sangat berpotensi menarik perhatian kecoa.

Pertama, seringkali kecoa ditemukan di kamar mandi, baik di saluran air maupun lemari kamar mandi yang bocor. Saluran air dianggap memiliki kelembaban yang cukup bagi kecoa. Apalagi jika saluran air tersebut kotor, misalnya terdapat kerak, rambut, lumut, dan sel kulit mati.

Kedua, kecoa juga sering kali dijumpai di area binatu, seperti di mesin cuci dan mesin pengering. Ternyata kecoa sering masuk pada lubang pembuangan air cucian yang mengalir ke lantai atau tanah area mesin cuci.

Baca Juga: Service TV Tabung Terbaik

2. Terdapat Sumber Makanan Kecoa

Kecoa merupakan jenis hewan omnivora, yaitu pemakan segalanya, bahkan termasuk pemakan oportunistik. Artinya, semua hal dapat dijadikan sebagai sumber makanan kecoa. Hal inilah yang menjadi penyebab banyak kecoa di rumah.

Dalam urusan makanan, serangga ini tidak pilih-pilih, bahkan kecoa juga memakan barang-barang yang tidak terduga sama sekali. Misalnya seperti kain, kertas, kotoran hewan, lem, plastik, dan lain sebagainya.

Hal inilah yang membuat kecoa tidak kesulitan dalam mendapatkan sumber makanan. Biasanya, kecoa paling sering ditemukan di area dapur. Dapur dianggap sebagai tempat penyedia sumber makanan paling banyak untuk kecoa.

3. Terdapat Sarang Sebagai Tempat Kecoa Untuk Berkembang Biak

Tahukah Anda bahwa kecoa merupakan hewan nokturnal? Jadi hewan ini biasanya keluar dari sarang pada malam hari dan bersembunyi saat siang hari.

Meskipun demikian, saat siang hari pun, tidak menutup kemungkinan. Pasalnya, kecoa sangat menyukai tempat yang gelap, hangat, dan lembab. Apalagi jika tempat tersebut menyediakan sumber makanan yang menjadi penyebab kecoa banyak di rumah.

Kemudian dimana sarang kecoa yang paling banyak di rumah? Karena tubuhnya rata dan tipis sangat mudah bagi kecoa untuk membuat sarang di berbagai tempat.

Umumnya, kecoa membuat sarang di beberapa tempat seperti dapur, kamar mandi, gudang, dan berbagai tempat lainnya yang memiliki sistem ventilasi minim.

Anda setidaknya perlu menjaga kebersihan, kerapian, dan kelembaban berbagai tempat di rumah supaya kecoa tidak masuk. Anda bisa menggunakan layanan kebersihan rumah sehingga tidak perlu repot-repot untuk mengatasi masalah penyebab rumah banyak kecoa. 

Silahkan kunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan layanan kebersihan rumah sehingga terhindar dari kecoa. Download aplikasi Suwun di Play Store untuk berbagai kelengkapan fitur lainnya.

Artikel yang Direkomendasikan