Tips Merawat DVR CCTV agar Tidak Mudah Rusak

jasa-service-cctv

Bagaimana cara merawat CCTV? Simak tipsnya di sini!

Instalasi CCTV tidaklah lepas dari permasalahan – permasalahan yang akan mengganggu kinerja dari CCTV yang sudah di pasang. Selayaknya tubuh manusia yang memerlukan istirahat dan perawatan, begitu pula dengan CCTV membutuhkan perawatan dan perhatian khusus agar perfoma dan kinerja dari CCTV selalu optimal.

Pasti dalam benak kita muncul pertanyaan, Bukannya CCTV itu tugasnya memang bekerja 24 jam mengawasi dan merekam semua aktifitas yang tertangkap oleh kamera? Jawabannya iya, akan tetapi jika CCTV di biarkan bekerja 24 jam setiap hari dan tidak di berikan perawatan maka kinerjanya akan menurun dan tidak optimal. Bahkan yang lebih parahnya lagi CCTV anda bisa rusak dan pastinya anda harus mengeluarkan uang lagi untuk service CCTV anda atau bisa jadi membeli CCTV baru.

Biar Makin Aman, Ikuti 10 Tips Terbaik Memasang CCTV di Rumah - Artikel  SpaceStock

Nah, agar anda tidak mengeluarkan uang untuk beli baru CCTV maka berikut tips – tips perawatan untuk CCTV anda yang bisa anda lakukan sendiri atau memanggil tukang installasi CCTV untuk melakukannya

1. Jagalah Kebersihan CCTV

cara membersihkan lensa camera CCTV

Hal yang pertama untuk merawat CCTV adalah menjaga kebersihan dari alat ini dimulai dari lensa kamera, Housing, Drive Unit, DVR, Monitor dan semua yang berhubungan dengan alat keamanan ini jangan biarkan kotor dan penuh debu. Karena jika semua ini kotor akan dapat menghambat kinerja dari sistemnya sendiri seperti gambar kamera akan menjadi buram, dll.

2. Perhatikan Selalu Pengaturan Rekamannya

10 Rekomendasi CCTV Terbaik untuk Fitur Keamanan Oktober 2020 | BukaReview

Hal kedua adalah memperhatikan pengaturan mode rekaman Kamera CCTV. Rekaman haruslah diatur secara optimal, dari masa jangka waktu penyimpanan hasil rekaman, kualitas hasil rekaman dan pengaturan-pengaturan lainnya.

3. Perhatikan Seluruh Komponen Kamera CCTV Secara Berkala

Apa itu CCTV? Mari Mengenal CCTV (Closed Circuit Television) - Vendor CCTV  #1 Indonesia by ERNESIA

Komponen Kamera CCTV haruslah di Anda cek sendiri, kabel dan koneksi harus selalu diperhatikan, jangan sampai ada yang tidak terhubung. Sama halnya dengan posisi alat ini juga harus diperiksa, jangan sampai target kamera tidak tepat sasaran. Periksa penyanggah Kamera CCTV nya dan hal-hal lain yang mendukung Kamera CCTV apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

4. Perhatikan Keakuratannya

Hal keempat yang tidak kalah penting adalah memperhatikan keakuratan Kamera CCTV. Dari keakuratan jam dan waktu, pengendalian telemetri, keakuratan indikator dan cek kondisi DVR untuk mengetahui rusak atau tidak.

5. Backup Semua Rekaman

Biar Makin Aman, Ikuti 10 Tips Terbaik Memasang CCTV di Rumah - Artikel  SpaceStock

Jika Anda menemukan kapasitas Kamera CCTV sudah penuh, maka sebaiknya cadangkan atau backup hasil rekaman CCTV tersebut, sortirlah yang menurut anda masih perlu dan hapus yang udah tidak penting. Memback-up hasil rekaman cctv, lakukan penyortiran hasil-hasil rekaman yang penting yang masih bisa disimpan. Jika memang semua hasil rekaman dibutuhkan (biasanya untuk perusahan perbankan, rumah sakit dll) sebaiknya back-up data (pindah data) dilakukan secara rutin dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama dan secara kontinyu.

Demikian tips merawat CCTV yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda semua. Yuk, cari jasa di Suwun.co.id!

Artikel yang Direkomendasikan

Promo April Suwun 2022 untuk Area Jabodetabek

promo-suwun-april