Tips Memilih Mesin Cuci Berkualitas agar Tidak Mudah Rusak

jasa-mesin-cuci

Di zaman yang serba modern, makin banyak bermunculan barang elektronik yang bisa bantu meringankan pekerjaan rumah tangga. Salah satunya ialah mesin cuci. Bagi para pemakainya, penggunaan mesin cuci dinilai lebih efektif ketimbang menyikat atau kucek manual. Sebab, mencuci baju menggunakan mesin cuci juga bisa sambil melakukan aktivitas rumah tangga lainnya. Jadi, lebih hemat waktu karena bisa multitasking. Pun tetap bisa mencuci pakaian tanpa butuh banyak effort.

Pilih Mesin Cuci yang Tepat dengan 6 Tips Ini!

Karena bakal sering digunakan, mesti pintar-pintar ketika memilih mesin cuci. Takutnya kalau asal pilih, mesin cuci jadi gampang rusak dan mengalami kendala mesin. Nah, daripada mesti bolak-balik servis karena mesin cuci yang sering bermasalah, coba terapkan tips membeli  mesin cuci terbaik dari Tips berikut. Cara-cara ini juga berlaku jika kamu butuh tips membeli mesin cuci second atau bekas. Perhatikan tipsnya berikut, biar kamu bisa dapat rekomendasi mesin cuci terbaik buat dibeli nanti.

1.  Mencermati Daya Listrik pada Mesin Cuci

Semakin rendah daya listrik yang dibutuhkan mesin cuci, maka semakin hemat pula energi yang dibutuhkan. Pada umumnya, mesin cuci dua tabung membutuhkan daya untuk proses mencuci sebesar 90 watt hingga 240 watt dan daya untuk proses pengeringan sebesar 40 watt hingga 140 watt. Sementara itu, mesin cuci satu tabung membutuhkan daya listrik lebih besar karena proses pencucian dan pengeringan berlangsung pada satu tabung saja. Sehingga daya listrik yang dibutuhkan untuk mesin cuci satu tabung bisa mencapai 350 watt.

2. Garansi

Ada baiknya apabila kamu membeli mesin cuci yang memiliki garansi resmi dari merk mesin cuci itu sendiri. Umumnya mesin cuci mendapatkan garansi minimal satu tahun.

Hal ini akan mempermudah kamu apabila nantinya mesin cuci mengalami kerusakan saat kamu baru- baru membeli. Umumnya garansi mesin cuci 1 tahun.

3.  Mengamati Material Body Mesin Cuci

LG Bantu Mesin Cuci Self Service Berbasis Kartu ke Dinas Penaggulangan  Kebakaran - Semua Halaman - iDEA

Mesin cuci yang bagus pasti terdiri dari material body yang kuat dan tak mudah rusak. Pada umumnya, material body mesin cuci terbuat dari plastik polimer, terutama mesin cuci dua tabung. Sementara itu, kini banyak mesin cuci satu tabung yang terbuat dari stainless steel. Material stainless steel terbilang lebih unggul karena anti karat dan tidak mudah rusak akibat benturan. Meskipun Anda harus mengeluarkan biaya mahal untuk merk mesin cuci terbaik, biaya tersebut tentu sebanding dengan ketahanan mesin cuci yang dapat digunakan bertahun-tahun tanpa kendala kerusakan.

4. Pilih Fitur Sesuai Kebutuhan

Cara Pakai Fitur Quick Wash di Mesin Cuci | Pricebook

Jangan sampai fitur mesin cuci yang kamu pilih tidak terpakai, padahal harganya lebih mahal. Pilih fitur yang tidak menyulitkan dan sesuai kebutuhan  kamu pada penggunaannya.

Namun, apabila fitur pada mesin cuci memudahkan kamu, tidak ada salahnya merogoh uang lebih untuk membeli produk untuk memudahkan mencuci baju.

5.  Tips Memilih Mesin Cuci yang Kapasitasnya Sesuai Kebutuhan

Mesin cuci hemat listrik juga identik dengan kapasitas yang tidak terlalu besar. Karena peningkatan kapasitas mesin cuci harus disertai dengan tenaga besar untuk menggerakkan komponen motornya. Itulah sebabnya mesin cuci yang bagus dan berkapasitas besar membutuhkan daya listrik yang lebih besar. Kalau anggota keluarga Anda tidak terlalu banyak, sebaiknya Anda memilih mesin cuci dengan kapasitas sedang (kurang lebih 7 kg hingga 9 kg) supaya lebih hemat energi.

6. Memilih Antara Mesin Cuci Satu Tabung atau Dua Tabung

Mesin cuci dua tabung atau mesin cuci semi otomatis memiliki dua tabung dengan dua fungsi yang berbeda. Tabung pertama berfungsi untuk mencuci dan membilas pakaian, sedangkan tabung kedua berfungsi untuk mengeringkan pakaian. Mesin cuci dua tabung ini harganya relatif murah karena daya listriknya yang lebih rendah dan pengoperasiannya yang kurang praktis.

Sedangkan mesin cuci satu tabung alias mesin cuci otomatis menggunakan tabung yang sama untuk proses pencucian maupun proses pengeringan, sehingga nggak perlu repot-repot memindahkan pakaian. Mesin cuci jenis ini memakan daya listrik lebih besar sehingga harganya pun relatif lebih mahal.

7. Cari Merek Terbaik

Masing-masing merek biasanya punya keunggulan berbeda. Tips membeli mesin cuci yang bagus ialah dengan melakukan riset pasar dulu. Cek ulasan konsumen yang bisa ditemukan dengan mudah di internet agar kamu tahu mana merek mesin cuci terbaik dan sesuai dengan anggaran dan kebutuhanmu. Misalnya, kamu bisa mencari keyword ‘mesin cuci Samsung terbaik’. Atau, kalau sudah ada gambaran merek tertentu sebelumya, tinggal cari dengan keyword yang diinginkan, contoh ‘mesin cuci arisa bagus tidak’.

8. Tips Memilih Mesin Cuci Bukan Berdasarkan Mahal Tidaknya

Tidak semua barang yang memiliki harga mahal memiliki kualitas yang baik. Lagi-lagi sebelum membeli kamu memang harus melakukan sedikit riset dari merk yang ingin kamu beli.

Yang terpenting dari sebuah mesin cuci adalah kenyamanan kamu dalam memakainya. Walaupun mesin cuci murah, namun fiturnya sesuai dan memiliki kualitas yang baik, tidak ada salahnya dijadikan pilihan.

9. Perhatikan Fitur Pengeringan

Pilihlah mesin cuci yang memiliki fitur ini dalam satu mesin. Fitur pengeringan sangat penting untuk memudahkan kamu mengeringkan pakaian lebih cepat.

Apalagi, sangat dibutuhkan saat musim hujan. Jadi, pastikan mesin cuci kamu memiliki fitur ini.

4 Benda yang Sebaiknya Tidak Masuk Pengering Mesin Cuci - Health  Liputan6.com

Itulah beberapa tips jitu memilih mesin cuci. Ada baiknya kamu mencari referensi sebanyak-banyaknya dan pertimbangan yang matang dalam memilih mesin cuci agar terhindar dari penipuan dan kualitas mesin cuci yang buruk.

Karena mesin cuci bisa dibilang sebagai barang yang akan kamu gunakan setiap hari, jadi kamu harus memilih yang terbaik! Apakah anda sedang mencari jasa Service Mesin Cuci atau Elekronik lainnya ?

Artikel yang Direkomendasikan