Ide Penataan Pigura di Dinding Ruang Tamu

ide-penataan-pigura

Foto tidak hanya menangkap gambar tetapi juga kenangan. Banyak rumah menampilkan  momen spesial dalam bingkai foto. Namun, dalam penataan pigura di dinding ruang tamu memiliki caranya sendiri agar rapi serta terlihat cantik.

Apa Pigura Itu?

Pigura, atau yang sering kita kenal sebagai bingkai foto, berasal dari bahasa inggris yaitu photo frame. Elemen ini adalah pembatas dekoratif yang digunakan untuk melindungi atau menampilkan gambar, lukisan atau foto. Objek ini biasanya berbentuk persegi, persegi panjang atau bulat.

Bagaimana Penataan Pigura di Dinding Ruang Tamu?

Rasanya terdengar sepele namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada penataan pigura di dinding ruang tamu, antara lain di mana foto akan ditempatkan, ukuran ruangan, skema warna, dan gaya desain interior. Cara memasang foto di dinding ruang tamu ini bisa membuat  ruangan menjadi lebih menarik dan indah.

1. Posisi Tengah Menjadi Letak Pigura Paling Besar

Jika di rumah Anda terdapat beberapa pigura, cobalah untuk memilih yang memiliki bingkai yang paling besar. Setelah Anda menemukan bingkai terbesar, Anda dapat menempatkannya di tengah dinding dan menempatkan bingkai lain di sekitarnya. Bingkai besar ini menjadi bagian utama, agar orang melihat bagian tengah terlebih dahulu.

2. Mengelompokkan Pigura Sesuai Warna Dan Temanya

Cara selanjutnya agar Anda tetap menarik adalah dengan mengelompokkannya. Anda dapat mengelompokkan bingkai berdasarkan tema  atau warna gambar. Kemudian Anda bisa menggantungnya di dinding, pengelompokan bingkai dapat membuat dinding lebih terkoordinasi dan tidak berantakan.

3. Menyesuaikan Tata Letak Pigura Dan Ruangan

Proses menyusun penataan pigura di dinding ruang tamu juga harus menyesuaikan kondisi  yang berlaku di dalam ruangan, karena fungsi ini sebagai hiasan tambahan. Jadi jika Anda ingin menyusunnya, Anda dapat memeriksa terlebih dahulu tempat-tempat di mana benda ini bisa dipasang.

Baca juga: 6 Tips Desain Interior Kamar Menggunakan Rak Dinding

4. Pigura Disusun Dengan Arah Yang Sejajar

Cara lain untuk membuat susunan penataan pigura di dinding ruang tamu lebih menarik adalah dengan menempatkannya berdampingan atau sejajar.  Susunan ini terkesan sederhana, namun akan membuat tampilan lebih rapi dan enak dipandang.

5. Penataan Pigura di Dinding Ruang Tamu Sesuai Keinginan

Menyusun pigura bisa sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Anda bisa berkreasi dalam menempatkannya pada ruang kosong yang tersisa. Dengan menyusunnya sendiri dan sesuai keinginan Anda akan lebih puas pada hasilnya.

6. Menyusun Dalam Kolase Besar

Jika Anda memiliki banyak foto, Anda dapat membuat kolase besar darinya. Foto-foto tersebut bisa diletakkan di dinding koridor atau ruang tamu sebagai focal point tempat tinggal Anda. Cetak foto dengan ukuran yang sama dan tempelkan di kanvas. Jika tidak keberatan, Anda dapat mendesain kolase foto dan mencetaknya di satu kanvas. Tampilkan seperti pameran lukisan.

7. Membuat Gaya Frame in Frame

Jika Anda memiliki pigura besar, Anda dapat mengatur foto seperti jurnal dinding. Tidak perlu menyesuaikan ukuran bingkai foto.  Beberapa foto yang lebih kecil dapat dilampirkan ke bingkai. Anda juga dapat menggunakan pin untuk menambahkan barang-barang kecil lainnya seperti kertas kutipan, kalender atau boneka.

8. Melingkar Seperti Bentuk Jam

Salah satu cara paling unik penataan pigura di dinding ruang tamu adalah dengan membentuk jam. Setiap pigura digambarkan sebagai angka pada jam. Jika Anda menggunakan model jam ini, 12 bingkai foto dapat dipasang dengan pin. Rencanakan lokasi bingkai foto dengan pensil. Sesuaikan ukuran bingkai sehingga ukurannya sama.

Anda mencari jasa arsitektur dan desain agar pemasangan pigura di dinding lebih aestetik? Silahkan kunjungi Suwun.co.id dan masukkan jenis jasa atau layanan yang Anda butuhkan. Beberapa pilihan jasa akan ditampilkan sesuai dengan pencarian Anda.

Suwun juga menyediakan aplikasi yang dapat diunduh dengan mudah. Unduh Aplikasi Suwun di  Play Store atau App Store untuk menikmati fitur yang lebih lengkap.

Artikel yang Direkomendasikan