Perbaiki Proyektor Rusak Melalui Jasa Service InFocus

Proyektor InFocus menjadi salah satu barang elektronik yang sudah umum digunakan untuk acara, seperti pendidikan, seminar, penyuluhan atau hanya untuk sekedar menonton film bersama. Ketika InFocus rusak, tentu sangat mengganggu kegiatan Anda. Segera hubungi jasa service InFocus untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Jenis Kerusakan yang Ditangani Jasa Service InFocus

Kerusakan pada InFocus bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Dari yang ringan sampai yang penanganannya sulit. Agar tidak terjadi kerusakan lebih parah, segera hubungi jasa service InFocus atau langsung bawa ke ahlinya.

Berikut beberapa jenis kerusakan pada InFocus yang sering terjadi:

Proyektor tiba-tiba mati

Proyektor yang tiba-tiba mati saat digunakan dan tidak mau menyala menjadi hal menyebalkan. Penyebabnya bisa karena berbagai hal, seperti masalah pada software, power supply, sistem proyektor, IC regulator, atau bahkan terjadi kerusakan sirkuit internal.

Untuk pencegahan, bisa lakukan pembersihan bagian dalam proyektor secara rutin. Namun, jika sudah terlanjur mati, segera bawa ke tempat service.

Terdapat bintik dan debu pada layar

Adanya bintik-bintik pada layar proyektor tentu sangat mengganggu tampilan gambar atau video. Hal ini terjadi karena adanya debu dan kotoran di dalam lensa proyektor. Apabila bintik tersebut berwarna, berarti debu sudah menempel pada modul warna.

Hal ini bisa diatasi dengan membersihkan debu yang ada. Namun, jika masalah yang sama tetap muncul setelahnya, serahkan pada jasa service InFocus untuk diperbaiki.

Proyektor menyala tetapi tidak muncul gambar

Pastikan semua kabel sudah terhubung dengan semestinya. Namun, jika sudah dipastikan tetapi masalah tetap ada, kemungkinan terjadi kerusakan pada unit ballast atau lampu proyektor.

Unit ballast adalah komponen yang memberikan daya pada lampu proyektor. Apabila unit ballast rusak, lampu juga tidak bisa menyala. Untuk memperbaikinya, Anda bisa melakukan pergantian dengan membeli komponen tersebut di toko elektronik terdekat.

Tampilan layar redup

Ada dua kemungkinan yang bisa mengakibatkan tampilan proyektor redup. Pertama, karena cahaya di ruangan terlalu terang. Kedua, lampu proyektor sudah usang.

Jika terjadi masalah kedua, segera ganti lampu proyektor sesuai jenis proyektor. Apabila jenis proyektor Anda adalah Epson, maka bawalah kepada jasa service proyektor Epson.

Baca juga: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Warna Di Sekitar Tepi Gambar

Hal ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada prisma LCD. Namun, prisma LCD menjadi salah satu bagian termahal pada proyektor. Beberapa orang menyarankan untuk menggantinya sekalian dengan proyektor baru. Namun, apabila tetap ingin mengganti prisma LCD, segera datangi service LCD proyektor terdekat.

Mati total

Proyektor mati total bisa terjadi karena kabel sambungan tidak terhubung pada listrik dengan benar, kabel mengalami kerusakan, atau bagian colokan longgar.

Jika sudah memastikan kabel sambungan sudah terpasang dengan baik, tetapi proyektor tetap mati total, segera bawa proyektor ke service InFocus terdekat.

Berbagai kerusakan pada proyektor tentu membutuhkan penanganan yang berbeda, termasuk biaya. Harga service InFocus bisa saja murah apabila kerusakan tidak parah, tetapi bisa saja sangat mahal terutama jika yang rusak adalah prisma LCD proyektornya.

Biaya Jasa Service InFocus

Ketika mendatangi jasa service InFocus, ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk tingkat kerusakan yang terjadi pada proyektor Anda.

Bingung mencari jasa service barang elektronik yang rusak? Suwun adalah solusi untuk Anda. Kunjungi website Suwun.co.id dan tulis jasa yang Anda cari di kolom pencarian. Selain website, bisa juga download aplikasi Suwun di Play Store ataupun App Store.

Artikel yang Direkomendasikan