4 Penyebab Atap Bocor dan Simulasi Perhitungan Biaya

perbaikan-atap-bocor

Saat musim hujan tiba, masalah rumah bocor sering terjadi dan akhirnya membuat rumah tidak nyaman ditempati. Bagi Anda yang mengalami hal demikian perlu melakukan renovasi rumah, karena atap menjadi komponen yang sangat penting. Anda bisa menggunakan ahli perbaikan rumah bocor yang profesional dan berpengalaman.

Inilah Penyebab Atap Rumah Bocor

Berikut ini merupakan beberapa penyebab utama kebocoran atap rumah.

1. Perubahan Cuaca

Masalah atap bocor salah satunya disebabkan karena perubahan cuaca. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan perawatan dan pengecekan rutin pada setiap bagian atap. Anda juga dapat menggunakan waterproofing untuk melindungi atap rumah.

2. Apa Terlalu Landai

Biasanya struktur atap rumah memang dibuat miring supaya air hujan dapat mengalir. Jika posisi atap terlalu datar atau landai, air hujan tentu akan sulit mengalir ke bawah, akhirnya beton tergenang air. Hal inilah yang menyebabkan atap menjadi rembes sehingga perlu melakukan perbaikan kemiringan atap rumah.

3. Retak Rambut Di Atap

Penyebab lainnya mengapa atap mengalami kebocoran yaitu terjadi retak rambut sehingga airnya masuk melalui celah. Untuk mengatasinya, perhatikan komposisi material saat pengecoran.

4. Genteng Melorot

Apabila atap rumah menggunakan genteng, bisa jadi posisinya yang melorot atau pemasangan kurang tepat dapat menyebabkan kebocoran. Biasanya hal ini disebabkan karena pemasangan yang kurang pas.

Berapa Biaya Sewa Ahli Perbaikan Rumah Bocor?

Untuk melakukan renovasi atap yang bocor, dapat dikatakan gampang-gampang susah. Hal ini dikarenakan sumber dari kebocoran yang tidak terlihat dan dampaknya dapat dilihat kasat mata.

Dengan begitu, biaya untuk merenovasi atap bocor memang tidak sedikit. Biasanya, anggaran untuk renovasi atap juga merembet ke hal-hal lainnya sehingga bisa membengkak.

Untuk bisa menekan budget dalam mengeluarkan anggaran biaya perbaikan atap rumah maka dapat menggunakan multipleks. Lalu bagaimana simulasinya?

Baca Juga: Tips Renovasi Rumah Hemat Anggaran

Tutorial Penghitungan Biaya Ahli Perbaikan Rumah Bocor

Perlu diketahui bahwa anggaran untuk renovasi atap bocor hitungannya berdasarkan satuan meter persegi. Jadi semisal plafon yang akan diganti seluas 30 meter persegi gunakan bahan multipleks, berikut merupakan penjelasannya.

  • Multipleks per lembar ukurannya yaitu 1.2 x 2.4 m.
  • Untuk plafon dengan luas total 30 meter persegi, maka dibutuhkan kurang lebih 11 lembar multipleks. Kemudian untuk menyesuaikan luas atap, bisa dengan cara dipotong.
  • Multipleks dengan tebal 12 mm harganya berkisar Rp100.000 per lembarnya. Apabila diperlukan sebanyak 11 lembar maka totalnya Rp1.100.000. Alangkah baiknya untuk membeli multipleks lebih.
  • Jika diperlukan 11 lembar multipleks, bila sejumlah 20 lembar, karena dikhawatirkan terdapat multipleks yang pecah, rusak, atau salah potong. Sehingga total biaya yang dikeluarkan untuk membeli multipleks adalah Rp2.000.000.
  • Biaya untuk ongkos tukang atau jasa perbaikan rumah yaitu kisaran Rp200.000 per hari. Biaya ini belum termasuk biaya rokok dan makan.

Jadi, perhitungan kisaran anggaran yang dibutuhkan yaitu:

  • Biaya plafon: Rp 2 juta
  • Biaya tukang 3 hari: Rp600.000
  • Makan tukang 3 hari: Rp135.000
  • Uang rokok: Rp45.000
  • Anggaran Total: Rp2.780.000

Catatan: total biaya tersebut tidak termasuk biaya cat, jadi hanya biaya ganti plafon saja. Untuk ganti rangka atap, anggaran yang dibutuhkan tentu lebih besar. Namun supaya lebih aman maka lebih baik sekalian diganti sehingga tidak perlu rutin untuk melakukan renovasi atap setiap tahun.

Itulah penjelasan mengenai penyebab atap bocor dan perhitungan biaya sewa ahli perbaikan rumah bocor. Anda bingung di mana bisa mendapatkan ahli renovasi atap bocor? Untuk lebih mudahnya, silakan klik Suwun.co.id yang menyediakan berbagai layanan atau jasa sesuai kebutuhan.

Tinggal masukkan saja kata kunci jasa perbaikan rumah bocor, maka akan ditampilkan beberapa pilihan layanan terbaik. Untuk memperoleh fitur lebih lengkap, download aplikasi Suwun di Play Store.

Artikel yang Direkomendasikan