Cara Pemasangan Lantai Kayu Parket yang Mudah

lantai-kayu-parket

Lantai kayu parket saat ini tengah menjadi tren lantai estetik yang banyak dipilih. Meski bisa dibilang pemasangannya cukup rumit, namun Anda pun masih bisa melakukan cara pemasangan lantai kayu yang satu ini dengan mudah dan cepat, tentu asal mengetahui langkah-langkahnya.

Memahami Cara Pemasangan Lantai Kayu Parket

Sebelum melakukan pemasangan lantai parket tersebut, tentunya Anda memerlukan alat dan bahan yang cukup lengkap. Mulai dari gergaji, lap, amplas, lem kayu, hingga finishing. Setelah mendapatkan bahan lantai kayu parket berkualitas, maka Anda dapat mengaplikasikan langkah-langkah berikut.

1. Ratakan dan bersihkan permukaan lantai

Melakukan pembersihan lantai penting dilakukan sehingga lantai kayu parket dapat terpasang dengan baik dan tidak goyah. Jangan lupa juga untuk mengukur permukaan lantai hingga ketinggiannya sehingga tidak goyah dan komponen seperti pintu tetap dapat beroperasi dengan baik.

Pastikan juga permukaan lantai yang akan dipasang lantai kayu. Pastikan kembali tidak ada cekungan yang dapat mempersulit proses dan cara pemasangan lantai kayu jati parket tersebut.

2. Lumuri permukaan lantai kayu dengan lem

Setelah semuanya siap, maka Anda bisa mulai melakukan pemasangan lantai kayu dengan melumuri lantai terlebih dahulu menggunakan lem kayu. Biasanya, bagian yang dipasangi lantai kayu tersebut dari bagian tengah terlebih dahulu kemudian ke bagian samping.

Lumuri permukaan lantai kayu tersebut dengan lem secukupnya, tidak perlu terlalu banyak maupun terlalu sedikit. Ratakan lem di permukaan lantai tersebut menggunakan kape sehingga cara pemasangan lantai kayu parquet dapat dilakukan dengan lebih mudah.

3. Penyusunan cara pemasangan lantai kayu

Jika lem kayu sudah terlumuri dengan sempurna, maka Anda bisa mulai memasang lempengan lantai kayu tersebut satu per satu. Pastikan setiap lempengan mengunci satu sama lain dengan kuat sesuai metode pemasangannya.

Oleh karena itu, Anda dapat mengaplikasikan cara pemasangan lantai vinyl kayu parket dengan memberikan lem pada bagian samping lantai parket tersebut sehingga lebih merekat dengan sempurna. Anda juga bisa menggunakan benang yang sebelumnya telah disiapkan sehingga penyusunan bisa lebih presisi dan rapi.

Baca Juga: Service TV Tabung Terbaik

4. Pengamplasan lantai kayu

Apabila semua permukaan lantai telah tertutup oleh lantai kayu, langkah selanjutnya adalah melakukan pengamplasan supaya permukaan lantai menjadi lebih halus. Ada baiknya Anda menggunakan mesin bernama sanding machine untuk mempermudah proses penghalusan ini.

Selain itu, proses pengamplasan sebaiknya dilakukan H+1 setelah pemasangan kayu selesai sehingga lem kayu tersebut sudah lebih kering. Kemudian, pengamplasan dijalankan mengikuti alur serat dari lantai kayu tersebut.

5. Finishing dengan coating

Setelah menerapkan cara pemasangan lantai kayu rumah parket di atas, maka langkah terakhir adalah melakukan coating atau pewarnaan kayu sehingga lebih menarik. Ada beberapa tahapan yang dilakukan, mulai dari base coat di awal, main coat, colouring, hingga melapisi lantai dengan menutup warna kayu dan memberikan lapisan pelindung seperti gloss, doff atau matt.

Demikian beberapa cara memasang lantai kayu yang cepat dan mudah, terutama menggunakan lantai kayu parket. Nah, jika Anda kesulitan melakukannya seorang diri, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa profesional yang berpengalaman di bidangnya.

Salah satunya, melalui aplikasi atau web Suwun.co.id. Aplikasi ini dapat diakses melalui Play Store atau App Store mulai dari jam 07.00 sampai 23.00. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung lagi dengan cara pemasangan lantai kayu yang estetik ini, bukan? Download aplikasi Suwun disini!

Artikel yang Direkomendasikan