Inilah Cara Mematikan Kulkas yang Benar

cara-mematikan-kulkas-yang-benar

Kulkas memang dirancang sebagai alat untuk menjaga kesegaran makanan. Mencabut colokan secara sembarangan tentu saja akan memberi dampak yang negatif bagi lemari pendingin tersebut. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui cara mematikan kulkas yang benar supaya tidak cepat rusak.

Cara Mematikan Kulkas yang Benar agar Tidak Cepat Rusak

Lantas, bagaimana langkah-langkah mematikan kulkas yang tepat? Sebab pada dasarnya, cara yang dilakukan cenderung sederhana meskipun memakan waktu dan tenaga, terlebih jika dalam kulkas masih menyimpan banyak makanan.

1. Bersihkan bagian dalam kulkas

Sebelum Anda memulai mematikan kulkas, ada baiknya dibersihkan dulu bagian dalamnya dengan cara mengeluarkan semua makanan yang ada dalam kulkas, termasuk pada bagian freezer maupun chiller. Anda juga perlu mengeluarkan makanan atau minuman yang ada di bagian penyimpanan pintu.

Hal ini bertujuan untuk membuat suhu makanan dan minuman tetap terjaga, bahkan menghindari pembusukan. Sambil menunggu bagian dalam kulkas kering, Anda dapat mengolah bahan makanan yang sekiranya akan segera layu tidak baik lagi.

2. Matikan suhu freezer

Adapun tips mematikan kulkas yang benar selanjutnya yakni dengan mematikan suhu freezer. Hal ini dilakukan untuk melelehkan bunga es yang menumpuk. Dengan begitu, Anda tidak perlu mencungkil bunga es yang akan merusak dinding freezer.

Selain mematikan suhu freezer, tentu saja Anda harus mengontrol suhu dalam freezer tersebut. Matikan pengatur suhu dan suplai air dengan putaran temperatur yang ada di bagian dalam freezer. Jika kesulitan, Anda dapat mengikuti buku petunjuk manual secara berurutan.

Baca juga: 10 Cara Menggunakan Kulkas Baru dengan Benar agar Awet

3. Keringkan kulkas supaya tetap kering

Anda juga harus mencegah perkembangan bakteri di tempat yang kelembapannya tinggi. Terlebih, bakteri memang sangat mudah berkembang di tempat tersebut. Adapun cara pencegahannya bisa dengan mengeringkan kulkas menggunakan kain bersih.

Anda dapat menggunakan kain microfiber yang dapat menyerap air dengan cepat. Kain ini juga memiliki permukaan yang halus sehingga dinding kulkas tidak akan tergores ketika dibersihkan.

4. Cara mematikan kulkas yang benar dengan cabut colokan

Apabila semua langkah di atas sudah dilakukan, Anda bisa mencabut colokan kulkas. Jika ingin dinyalakan lagi, ada baiknya Anda menunggu minimal 15 menit terlebih dahulu. Kulkas yang dicabut daya listriknya akan meningkatkan suhu sehingga kelembapan akan sulit dijaga.

Berbeda halnya jika Anda bepergian dalam waktu yang lama di mana ada baiknya Anda mencabut colokan sebagai salah satu tindakan untuk menghindari risiko arus pendek. Hal ini karena tidak ada salahnya mencabut colokan dari stopkontak meskipun dalam waktu yang lama.

5. Hindari buka tutup kulkas

Lantas, apa yang perlu dilakukan ketika mati listrik? Ada baiknya Anda tetap membiarkan kulkas tertutup supaya udara dari luar tidak mudah masuk ke dalam lemari pendingin tersebut. Listrik yang padam sejatinya masih bisa membuat lemari es dingin sampai 4 jam jika pintunya tetap tertutup rapat.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan, terutama sebagai cara mematikan kulkas yang benar agar kulkas di rumah tidak mudah mengalami kerusakan. Apabila ada kendala pada kulkas tersebut, ada baiknya Anda segera memanggil jasa service kulkas yang bisa dipesan langsung melalui Suwun.co.id.

Selain dari web, Anda juga dapat memesan jasa terbaik melalui aplikasi Suwun yang bisa di-download langsung dari Play Store atau App Store. Fiturnya lengkap, Anda juga dapat mencari jasa terbaik di sekitar kota Anda!

Artikel yang Direkomendasikan