Pasang Keramik Dinding Kamar Mandi yang Tepat

Dinding kamar mandi memiliki fungsi untuk melindungi dinding kamar mandi agar tidak lembab. Namun, cara pasang keramik dinding kamar mandi haruslah tepat dan benar karena posisinya yang dipasang vertikal bukan horizontal, sehingga butuh ketelitian agar keramik tidak mudah lepas.

Cara Memasang Keramik Dinding Kamar Mandi

Berikut ini langkah-langkah untuk memasang keramik dinding kamar mandi yang bisa Anda terapkan.

Bersihkan Permukaan Dinding

Sebelum memulai proses, pastikan Anda membersihkan permukaan dinding dari semua material yang mengganggu seperti debu, kotoran, dan lumut.

Tentukan Jumlah Ubin yang Dibutuhkan

Menentukan jumlah ubin atau keramik berguna agar Anda tidak kekurangan bahan saat proses pengerjaan. Sebaiknya Anda menambahkan 10% jumlah keramik dari total perhitungan untuk berjaga-jaga apabila terjadi kerusakan pada keramik saat pemotongan untuk mengisi bagian yang lebih kecil.

Buat Adonan Perekat

Campurkan bahan semen dan pasir untuk membuat adonan perekat. Perbandingan bahan semen dan pasir adalah agar perekat kuat untuk menjaga keramik tetap pada posisinya.

Merendam Keramik Sebelum Dipasang

Sebelum pasang keramik dinding kamar mandi, sebaiknya Anda merendam keramik yang akan dipasang pada dinding kamar mandi selama 15 menit hingga 30 menit. Fungsinya agar bagian keramik yang ditempel memiliki pori dan bisa melekat sempurna dengan adonan perekat dan menghindari munculnya celah akibat penyusutan semen.

Ukur Dinding dengan Meteran

Gunakan meteran untuk mengukur dinding yang akan dipasangi keramik. Ini berguna untuk menentukan posisi paling tengah dinding, karena keramik pada dinding sebaiknya dimulai dari posisi paling tengah. Tandai bagian tersebut dengan paku dan pasang benang untuk menandai jalur pemasangan keramik dan permukaan bisa lebih rata.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Kamar Mandi Modern

Tempelkan atau Pasang Keramik Dinding Kamar Mandi

Setelah dinding sudah kering dan keramik yang direndam sudah ditiriskan, aplikasikan bahan perekat semen dengan ukuran ketebalan 1 cm hingga 1,5 cm. Kemudian, pasang keramik dinding kamar mandi mulai dari bawah agar lebih mudah.

Setelah keramik menempel, ketuk keramik dengan pelan menggunakan palu karet agar keramik bisa menempel sempurna. Pastikan keramik yang menempel juga sudah rata.

Tahap Finishing

Setelah semua proses pasang keramik selesai, bersihkan permukaan keramik dari noda semen menggunakan spons atau kain basah. Tunggu 24 jam sebelum melanjutkan proses pengisian nat.

Anda harus teliti memeriksa bagian siku dinding dan sudut ruangan untuk menghindari hasil pemasangan keramik yang miring. Anda juga harus memotong keramik dengan hati-hati sesuai ukuran untuk mengisi bagian-bagian sudut yang tersisa sehingga hasil yang didapatkan lebih rapi.

Untuk mendapatkan hasil pasang keramik dinding kamar mandi yang lebih baik, Anda bisa memanggil jasa pasang keramik dinding kamar mandi melalui Suwun.co.id. Suwun juga bisa diakses melalui aplikasi Suwun yang bisa Anda download melalui PlayStore atau AppStore.

Artikel yang Direkomendasikan