Pertimbangkan Ini Sebelum Pasang Parket di atas Keramik

parket-lantai

Parket merupakan jenis lantai yang menggunakan bahan alam yaitu kayu yang biasanya diterapkan untuk interior rumah agar terlihat bagus dan mewah. Namun pemasangan parket harus mempertimbangkan lantai dasarnya seperti pasang parket di atas keramik. Selain itu, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan sebelum pasang parket. 

Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Pasang Parket di atas Keramik

1. Jenis kayu parket yang digunakan

Penggunaan parket memang dapat memperindah interior rumah. Namun sebelum Anda memasang parket, sebaiknya pahami dulu jenis kayu parket yang akan digunakan. Terdapat dua jenis kayu yang digunakan pada parket yaitu kayu solid dan kayu sintetis.

Parket kayu solid memiliki keunggulan pada tampilannya yang lebih menarik dan kualitas kayu yang lebih tahan terhadap serangan rayap. Namun harganya cukup mahal dan rawan terhadap kelembaban.

Sedangkan parket kayu sintetis atau laminated menawarkan keunggulan pada harganya yang lebih murah dan tampilannya pun mirip dengan kayu asli. Kekurangannya adalah parket kayu sintetis lebih rawan terhadap serangan rayap.

2. Pasang parket di atas keramik atau di lantai lain?

Jenis lantai dasar yang akan digunakan untuk memasang parket merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan. Pastikan lantai tersebut tidak berpotensi menimbulkan kelembaban yang dapat merusak parket di kemudian hari.

Bagi Anda yang memilih lantai dasar keramik, perhatikan cara pasang parket di keramik yang benar agar tidak ada uap air yang berpotensi mengenai parket. Selain itu, pastikan juga lantai dasarnya ini tidak berpotensi merusak parket dengan serangan rayap yang menyebabkan kayu keropos.

Biasanya untuk mencegah kerusakan, lantai dasarnya dilapisi dengan foam atau plastik tipis sebelum pemasangan parket. Tujuannya adalah menahan uap air atau kelembaban yang dapat mempengaruhi ketahanan parket kayu dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Daftar Harga Keramik di Pasaran

3. Pemasangan jangka pendek atau jangka panjang?

Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan sebelum memasang parket adalah jangka waktu untuk rencana Anda menempati rumah atau bangunan. Misalnya saja Anda hanya berencana tinggal di rumah tersebut untuk 5 tahun saja, maka pemilihan lantai parket ini kurang cocok.

Tips pasang parket di lantai agar tidak rugi adalah Anda akan menggunakan tempat tersebut untuk tempat tinggal permanen atau jangka panjang dan tidak berencana untuk pindah. Tentunya Anda bisa memilih jenis parket kayu atau lainnya yang sesuai dengan selera.

Penggunaan parket kayu untuk lantai memang tidak sebanyak keramik. Kebanyakan masyarakat tanah air menggunakan lantai berbahan keramik karena lebih murah dan mudah dalam pemasangannya.

Namun untuk Anda yang memang ingin mendesain rumah dengan lebih estetis, Anda bisa menggunakan lantai berbahan parket ini. Ingat, pemasangannya harus dengan teknik yang benar seperti flooring, sanding, atau lainnya. Jika ingin interior Anda bagus dan mewah dengan parket kayu, pastikan proses pemasangannya tidak asal-asalan.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum pasang parket di atas keramik atau jenis lantai dasar lainnya. Ingat, pemasangan parket ini juga tidak boleh sembarangan dan harus teliti agar hasilnya bagus. Oleh sebab itu, pilih jasa atau tukang yang profesional atau setidaknya sudah berpengalaman dalam memasang parket kayu.

Sulit mendapatkan jasa atau tukang pasang parket yang bagus? Tenang, Anda bisa cari di Suwun.co.id untuk menemukan layanan jasa terbaik sesuai kebutuhan. Segera download aplikasi Suwun di Play Store dan App Store untuk lebih mudah menggunakan fitur pencarian jasanya.

Artikel yang Direkomendasikan