Fungsi Lampu Kepala Memiliki Peran Penting Untuk Mobil

fungsi-lampu-kepala

Sistem penerangan bagi mobil merupakan hal yang harus ada. Selain jadi pelengkap penampilan mobil, juga menjadi bagian keamanan apalagi ketika jalanan sudah gelap.

Dengan adanya lampu sebagai penerangan, kendaraan lain bisa mengetahui keberadaan mobil Anda. Salah satu sistem penerangan penting pada mobil adalah fungsi lampu kepala.

Fungsi dari Lampu Kepala

Lampu kepala merupakan penerangan yang terletak di bagian depan mobil dan memiliki dua buah lampu di masing-masing sisi mobil. Fungsi komponen ini adalah sebagai penerangan utama bagian depan mobil.

Adanya lampu kepala ini memberikan kenyamanan bagi pengendara ketika melalui jalan gelap atau ketika malam hari. Selain itu, lampu kepala juga menjadi isyarat yang berguna bagi pengendara lain yang berpapasan dengan mobil Anda.

Macam-macam Fungsi Lampu Kepala

Ada dua jenis lampu kepala, yaitu lampu jauh dan lampu dekat. Dua lampu ini bisa dinyalakan secara terpisah maupun bersamaan, ada sakelar pengatur untuk mengontrol lampu kepala yang disebut dimmer switch. Lampu jauh berfungsi untuk menyorot jarak yang lebih jauh dan lampu dekat berfungsi menerangi jarak lebih dekat, bisa dikatakan pemberian nama ini sesuai fungsinya.

Selanjutnya, lampu kepala memiliki jenis yang berbeda pada setiap mobil. Berdasarkan konstruksinya, lampu kepala dibagi menjadi dua macam. Berikut ini jenis-jenis lampu kepala beserta fungsinya.

1. Fungsi Lampu Kepala Tipe Sealed Beam

Tipe ini memiliki ciri khas berupa konstruksi bola lampu yang menempel dengan badan lampu kepala. Jika terjadi kerusakan, maka Anda harus mengganti keseluruhan lampu, bukan hanya bola lampunya saja. Lampu kepala tipe sealed beam terbuat dari filamen reflektor dan kaca bias yang dirancang menyatu dan tidak bisa dilepas.

Apa kegunaan dari reflektor pada lampu kepala? Reflektor pada lampu kepala merupakan cermin cekung yang bentuknya seperti parabola yang memiliki fungsi memantulkan sinar dari lampu pijar.

2. Fungsi Lampu Kepala Tipe Semi-sealed Beam

Berbeda dengan sealed beam, konstruksi tipe semi-sealed beam memungkinkan bola lampu bisa dilepas dari badan lampu kepala. Hal ini dikarenakan bola lampu dipasang pada sebuah soket, jadi ketika ada kerusakan, Anda tidak perlu mengganti keseluruhan komponen, hanya perlu melepaskan bola lampunya saja untuk diganti yang baru.

Jika tipe sealed beam menggunakan lampu filamen reflektor, tipe semi-sealed beam menggunakan dua lampu, yaitu lampu biasa dan lampu halogen.

Baca juga: Cara Memilih Mobil Bekas yang Bagus dan Berkualitas

Komponen Kelistrikan Lampu Kepala

Lampu kepala terdiri atas beberapa komponen kelistrikan yang umum ditemukan pada lampu kepala mobil, seperti baterai sebagai sumber daya listrik, sakelar utama sebagai penyalur tenaga yang dihasilkan baterai, sakelar pembagi untuk mengatur lampu jauh dan lampu dekat, dan relay untuk menghasilkan arus listrik agar baterai tidak bekerja terlalu keras.

Komponen kelistrikan pada lampu kepala yang tak kalah penting lainnya adalah regulator. Lalu apa kegunaan regulator pada sistem lampu kepala? Regulator pada lampu kepala memiliki fungsi untuk mengatur kestabilan arus listrik agar tidak terjadi seperti korsleting listrik yang disebabkan oleh hubungan arus pendek.

Itulah beberapa fungsi dari lampu kepala berdasarkan jenis dan susunan komponennya. Semoga dengan adanya penjelasan ini, membantu Anda memahami kegunaan lampu kepala dengan baik dan lebih tanggap ketika merasakan adanya kerusakan pada komponennya sehingga tidak membahayakan diri ketika berkendara di situasi gelap.

Jika Anda membutuhkan jasa servis mobil, Anda bisa mengunjungi Suwun.co.id, di sana akan ada banyak pilihan sesuai dengan jasa yang Anda butuhkan. Anda bisa juga mengunduh aplikasi Suwun untuk pengalaman mendapatkan pelayanan yang lebih menyenangkan. Aplikasi Suwun bisa Anda unduh di Play Store atau App Store.

Artikel yang Direkomendasikan