Macam-Macam Bentuk Atap Rumah yang Direkomendasikan

Atap pada rumah memiliki fungsi yang sangat penting. Selain untuk melindungi rumah dari berbagai faktor luar juga bisa dijadikan untuk mempercantik rumah. Terlebih lagi saat ini sudah banyak jenis dan model nya, sehingga Anda bisa memilih macam-macam bentuk atap rumah disesuaikan dengan selera dan keinginan Anda.  Apa saja macam-macam bentuk atap rumah? Berikut penjelasan secara detailnya!

Macam-Macam Bentuk Atap Rumah Sebagai Referensi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa atap rumah dapat mempengaruhi tampilan dari rumah itu sendiri. oleh karena itu dalam memilih model dari atap rumah, Anda perlu menyesuaikan dengan model rumah. Adapun macam-macam bentuk atap rumah yang paling banyak digunakan, diantaranya seperti:

  1. Atap perisai

Bentuk atap rumah yang pertama ialah atap perisai. Atap perisai merupakan atap yang memiliki bentuk seperti limas, dimana terdiri dari 4 bidang. 

Dari 4 bidang tersebut, 2 diantaranya berbentuk segitiga yang bertemu dengan satu garis, sedangkan dua bidang yang lainnya berbentuk trapesium. Bentuk atap ini mampu memberikan perlindungan secara merata pada rumah karena memiliki desain yang melebar dengan seimbang.

  1. Atap pelana

Macam macam bentuk atap rumah minimalis selanjutnya ialah atap pelana. Disebut sebagai atap pelana karena memiliki bentuk yang hampir mirip dengan pelana kuda yang memiliki sisi miring dengan dinding yang membentuk segitiga. 

Atap dengan model pelana memiliki tingkat kemiringan sebesar 30-40 derajat sehingga nantinya dapat membentuk suatu ruangan di dalam plafon.

atap dengan model pelana ini memiliki banyak kelebihannya, adapun beberapa kelebihan dari model atap pelana, diantaranya yaitu:

  • Pengerjaan yang lebih cepat karena bentuknya yang sederhana
  • Material yang digunakan lebih sedikit, sehingga lebih menghemat biaya
  • Memiliki resiko terjadinya bocor yang kecil, hal ini karena air hujan akan otomatis mengalir ke bawah.
  1. Atap datar

Bentuk dari atap selanjutnya ialah atap datar. Sesuai dengan namanya, atap datar ini memiliki bentuk datar sehingga memiliki bidang permukaan yang rata.

Kelebihan dari atap jenis ini adalah sangat cocok digunakan untuk rumah yang memiliki tipe minimalis karena memiliki tampilan yang elegan dan ringkas. 

Selain memiliki kelebihan, atap dengan model datar juga memiliki kekurangan yaitu dapat menyebabkan suhu di dalam rumah menjadi panas sehingga kita perlu mengatur sirkulasi udara sebaik mungkin.

Baca juga: Tips Melakukan Renovasi Atap Rumah Hemat Anggaran

  1. Macam-macam Bentuk Atap Rumah: Atap tenda

Atap tenda merupakan salah satu yang masuk dalam kategori macam macam bentuk atap rumah adat di Indonesia. Model adat ini memiliki kemiringan bidang yang sama. Atap ini juga sangat cocok digunakan pada bangunan yang berbentuk persegi, sehingga hasilnya akan simetris.

  1. Atap gergaji

Model atap selanjutnya yaitu atap gergaji. Atap gergaji sendiri merupakan atap yang terdiri atas dua atau lebih bidang yang berada pada lereng yang tidak sama, hal ini lah yang mengakibatkan model atap ini akan membentuk atap rumah terkesan seperti gergaji. Atap dengan model ini umumnya digunakan untuk bangunan pabrik, bengkel atau gudang.

Alasan utama model atap gergaji digunakan untuk pabrik ialah karena model atap ini mampu melindungi para pekerja serta mesin dari panasnya sinar matahari secara langsung. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, model atap ini banyak digunakan untuk perumahan.

Nah, itulah beberapa ulasan terkait dengan macam-macam bentuk atap rumah yang perlu diketahui sebagai referensi.

Bagi Anda yang masih bingung menentukan model atap rumah yang sesuai, maka bisa menghubungi jasa kontraktor rumah di Suwun.co.id, atau bisa juga mendownload aplikasi Suwun untuk mendapatkan kemudahan mengakses dan menikmati berbagai fitur yang ada di dalamnya. Yuk gunakan jasa di Suwun dan tentukan pilihan atap rumah Anda sekarang!

Artikel yang Direkomendasikan