Cara Membuat RAB Bangunan yang Baik dan Benar

cara-membuat-rab-bangunan

Bagi Anda yang ingin tahu cara membuat RAB bangunan, simak penjelasannya di bawah ini. RAB atau rencana anggaran biaya adalah perkiraan biaya yang mana diproyeksikan di kegiatan tertentu dan salah satunya proyek pembangunan rumah.

RAB adalah perencanaan pengeluaran keuangan didasarkan dengan berbagai aspek yang akan dibeli maupun disewa dalam rangka untuk pembangunan rumah atau pembiayaan suatu kegiatan.

Dengan membuat RAB, maka diharapkan proyek, khususnya untuk pembangunan rumah yang akan dilakukan terlaksana dengan efektif dan juga efisien. Nah, di bawah ini adalah panduan membuat RAB bangunan rumah yang bisa kamu pelajari.

Cara Membuat RAB Bangunan

Komponen dalam RAB Bangunan

Sebelum Anda membuat RAB bangunan, simak dahulu apa saja komponen yang ada di dalam RAB, seperti:

  1. Harga Satuan

Harga satuan harus dimasukkan ke dalam RAB, seperti harga barang per unit, harga satuan pekerjaan serta volume maupun unit pekerjaan.

  1. Upah

Komponen upah bisa dihitung melalui total pekerja dengan satuan tertentu, baik borongan atau harian.

  1. Volume Pekerjaan

Volume pekerjaan dihitung sesuai dengan satuan luas maupun unit yang berkaitan dengan pengerjaan dan luas lahan proyek.

  1. Uraian Pekerjaan

Uraian pekerjaan harus dimasukkan ke RAB dan biasanya harus dilakukan pekerja proyek dan terinci atau tersusun secara sistematis mulai dari pembangunan pondasi sampai atap bangunan.

  1. Harga Material

Harga material bangunan dipilih serta ditentukan berdasarkan kualitas dan kuantitas.

  1. Total Biaya

Terakhir adalah total biaya yang dicantumkan setelah semua anggaran setiap komponen terisi.

Nah, itulah dia cara membuat RAB bangunan di Excel yang bisa Anda pelajari dengan baik.

Cara membuat RAB rumah yang baik dan benar adalah:

  1. Cara Membuat RAB Bangunan: Buat Gambar Rancangan Bangunan

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat RAB adalah membuat gambar rancangan bangunan. Hal yang perlu ada dalam RAB adalah biaya sewa arsitek dan juga jasa konsultasi perancangan bangunan agar mengetahui beberapa hal, seperti gambar bangunan proyek konstruksi, perkiraan dan penghitungan volume kerja, rencana kerja konstruksi dan juga merencanakan material bahan bangunan.

  1. Hitung Volume Pekerjaan Konstruksi

Langkah kedua cara membuat RAB bangunan rumah adalah memperhitungkan volume pekerjaan konstruksi. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah hitung volume pekerjaan yang selaras dengan konsultasi hasil gambar rancangan dari bangunan konstruksi tersebut.

Volume pekerjaan tersebut akan memperhitungkan secara rinci, seperti luas bangunan, luas lahan dan juga denah konstruksi rumah. 

Baca juga: Trik Menyusun Rencana Anggaran Biaya Renovasi Rumah

  1. Hitung Biaya Taksiran

Langkah ketiga cara membuat RAB proyek bangunan adalah menghitung biaya taksiran. Menghitung biaya taksiran dilakukan setelah volume pekerjaan konstruksi. Cara menghitung biaya taksiran adakah menggunakan pedoman perhitungan dari pihak konsultan konstruksi dan juga dari  perbandingan harga material yang ada di pasaran berdasarkan dengan kebutuhan materialnya.

  1. Buat Plot Biaya Anggaran

Langkah keempat contoh cara membuat RAB bangunan adalah membuat plot biaya anggaran. RAB dibuat di setiap aspek maupun plot pengeluaran, baik itu pra pembangunan atau saat pembangunan. Pada hal ini, memerlukan satuan hitung dan juga biaya teliti untuk setiap plotnya.

  1. Menganalisis Perhitungan Upah dan Bahan Material Bangunan

Langkah keempat cara membuat RAB bangunan gedung adalah menganalisis perhitungan upah serta material. Bagian tersebut perlu dilakukan di proses relevansi biaya pekerja, seperti borongan maupun harian. Selain itu, ada juga proses menganalisis harga bahan material dan juga ketersediaan di daerah lokasi pembangunan tersebut.

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai cara membuat RAB bangunan yang baik dan benar.

Khusus bagi Anda yang sedang mencari jasa arsitektur atau jasa pembangunan rumah, Anda bisa mencari rekomendasi jasa terbaik dan profesional di Suwun.co.id.Suwun juga memberikan aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan fitur yang lengkap. Anda bisa download aplikasinya melalui aplikasi Suwun.

Artikel yang Direkomendasikan