Cara Menjual Foto di Shutterstock Sampai Mendapatkan Uang

Memiliki hobi memotret memanglah sangat menyenangkan, Anda bisa mengabadikan setiap momen dengan foto. Terlebih lagi saat ini banyak aplikasi yang digunakan untuk menjual hasil fotografi. Salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk menjual foto ialah Shutterstock.

Shutterstock merupakan situs populer bagi para fotografer dan desainer untuk menjual hasil karyanya dan dibayar dengan menggunakan dollar. Untuk bisa menjual foto di Shutterstock terbilang cukup mudah, berikut ini akan dibahas mengenai cara menjual foto di Shutterstock.

Langkah dan Cara Menjual Foto di Shutterstock

Di Indonesia sendiri informasi terkait penjualan foto secara online masih sangat minim. Tidak heran jika masih banyak fotografer di Indonesia yang tidak seantusias fotografer di luar negeri. Bagaimana cara menjual foto di Shutterstock? Berikut beberapa caranya:

  1. Melakukan registrasi

Cara menjual foto di Shutterstock yang pertama ialah kita perlu melakukan registrasi sebagai contributor terlebih dahulu. Cara untuk melakukan registrasi sangat mudah yaitu cukup dengan embuka situs Shutterstock lalu klik pada menu registrasi dan klik pada jika ingin mendaftar sebagai contributor. Selain itu, Anda juga perlu mengisi formulir yang telah disediakan dengan sebenar-benarnya dan selengkap-lengkapnya.

  1. Melakukan konfirmasi akun

Sebelum lanjut pada cara menjual foto di Shutterstock contributor, seorang contributor harus melakukan konfirmasi akun terlebih dahulu. Adapun untuk bisa konfirmasi akun biasanya menggunakan KTP dan password.

  1. Cara Menjual Foto di Shutterstock: Wajib Memiliki Akun Paypal

Setelah beberapa cara di atas, Anda juga disarankan untuk memiliki akun Paypal. Paypal merupakan suatu wadah yang digunakan untuk melakukan transaksi antar negara di dunia. Hal ini mengingat yang menggunakan aplikasi Shutterstock berasal dari berbagai negara di dunia. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki akun Paypal.

Baca juga: 9 Situs Edit Background Foto Online

  1. Menyeleksi foto pada Shutterstock

Setelah proses registrasi selesai, cara menjual hasil foto di Shutterstock selanjutnya yang perlu dilakukan ialah menyeleksi foto. Adapun untuk foto yang dapat di jual di Shutterstock perlu memenuhi beberapa kriteria, seperti:

  • Foto merupakan hasil karya sendiri
  • Jika fotonya berupa objek orang maka perlu adanya model release. Maksud dri model release adalah sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa model yang dipakai sebagai objek telah bersedia.
  • Foto tidak mengandung unsur brand atau watermark
  1. Tunggu foto di review oleh pihak Shutterstock

Setelah foto berhasil di upload, berikutnya ialah menunggu review serta penilaian dari pihak Shutterstock. Jika foto lolos seleksi, maka foto akan otomatis dimasukkan ke dalam website Shutterstock.

  1. Shutterstock akan mengirimkan keterangan pendapatan

Foto yang telah lolos seleksi nantinya akan dibeli oleh pihak Shutterstock. Transaksi pembelian foto akan dilakukan dengan menggunakan Paypal. Oleh karena itu, Ana perlu memastikan bahwa saldo Paypal sudah mencapai 200 dollar. Dari Paypal, contributor dapat melakukan penarikan saldo ke akun rekening bank terlebih dahulu. Cukup menguntungkan bukan?

Demikian beberapa cara menjual foto di Shutterstock agar bisa menjadi cuan. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, maka sangat disarankan untuk bisa menjual hasil fotografi nya ke Shutterstock.

Adapun untuk bisa mendapatkan foto yang bagus dengan kualitas tinggi maka Anda bisa menggunakan jasa fotografer yang terdapat pada Suwun.co.id. Anda bisa menggunakan jasanya untuk sekedar belajar agar memiliki kemampuan memotret yang baik.

Selain mengunjungi situsnya, Anda juga bisa mengakses nya secara langsung pada aplikasi Suwun yang tersedia di Play Store. Yuk jadikan hobi menjadi sumber penghasilan!

Artikel yang Direkomendasikan