Penyebab dan Solusinya Kipas Outdoor AC Mati Hidup

kipas angin ac

Apabila Anda menghadapi masalah dengan kipas outdoor AC yang mati hidup, hal ini bisa menjadi pengalaman yang mengganggu terutama di saat cuaca panas. Kipas outdoor AC memiliki peran penting dalam menjaga suhu kompresor dan membantu sirkulasi udara, sehingga ketika kipas mati, masalah bisa timbul pada sistem pendingin Anda. Berikut akan diberikan informasi lengkap mengenai kemungkinan penyebab kipas outdoor AC yang mati hidup.

Pengaman Listrik

Langkah pertama yang perlu Anda periksa adalah pengaman listrik. Pastikan bahwa aliran listrik menuju unit outdoor AC tidak terputus akibat korsleting atau pemutusan aliran listrik dari sumber utama.

Saklar atau Pengendali

Periksa saklar atau pengendali yang mengatur kipas outdoor. Kemungkinan saklar tersebut mengalami kerusakan atau keausan yang mengakibatkan kipas tidak dapat dihidupkan.

Kabel Terputus

Periksa apakah terdapat kabel yang terputus atau rusak pada koneksi kipas. Kabel yang longgar atau rusak dapat menghambat aliran listrik menuju kipas.

Kondisi Motor Kipas

Motor kipas mungkin mengalami kerusakan yang membuatnya tidak berfungsi. Anda dapat melakukan pemeriksaan visual terhadap motor kipas atau memanggil teknisi AC untuk pengecekan lebih lanjut.

Kotoran dan Debu

Penumpukan kotoran dan debu pada kipas dan motornya bisa menghambat pergerakan kipas atau menyebabkan overheating. Pastikan untuk membersihkan bagian-bagian tersebut secara berkala.

Baca juga: Kenapa Kipas Outdoor AC Tidak Berputar, Ini Penyebabnya!

Termal Overload

Sistem AC dilengkapi dengan perlindungan termal yang akan mematikan kipas jika suhu terlalu tinggi. Ini bisa disebabkan oleh masalah pada kompresor atau sirkulasi udara yang tidak lancar.

Kontrol PCB

Jika AC Anda menggunakan kontrol berbasis PCB (Printed Circuit Board), PCB yang rusak bisa menjadi penyebab kipas mati. Pemeriksaan oleh teknisi yang berpengalaman diperlukan dalam kasus ini.

Sensor dan Switch

Beberapa AC dilengkapi dengan sensor suhu dan saklar pengaman. Jika salah satu dari ini bermasalah, kipas bisa mati. Pastikan sensor dan switch berfungsi dengan baik.

Masalah Kelistrikan Umum

Pada beberapa kasus, masalah pada panel listrik atau gangguan listrik di rumah Anda dapat memengaruhi kinerja AC. Pastikan sumber listrik stabil.

Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengetahuan teknis, lebih baik memanggil teknisi AC berpengalaman untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah tersebut. Ingatlah untuk selalu mematikan aliran listrik sebelum melakukan pemeriksaan atau perbaikan untuk menghindari risiko cedera.

Mau order jasa secara online? Dapatkan mitra jasa terpercaya di Suwun.co.id atau juga bisa pesan melalui WhatsApp. Suwun adalah aplikasi penyedia jasa JABODETABEK yang memiliki ribuan ahli jasa profesional untuk kebutuhan Anda. Beragam jasa, seperti jasa pertukangan, jasa wedding organizer, jasa guru les, pelatih olahraga, PRT, jasa pindahan, jasa perbaikan AC dan kulkas semudah klik aplikasi Suwun, dan kunjungi juga media sosial di @suwun.aja & @suwun_mitra. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar tips dan trik di Blog, lho!

Artikel yang Direkomendasikan