Jenis Kayu Untuk Dinding Rumah Terbaik

Berbicara soal material kayu untuk membangun rumah, Anda harus tahu beberapa jenis kayu untuk dinding rumah yang bagus dan berkualitas. 

Kayu merupakan salah satu bahan material konstruksi yang sudah dipakai dari zaman dahulu. Jenis material bangunan yang satu ini tidak hanya bisa dipakai untuk rangka rumah saja, namun juga bisa digunakan untuk kusen, penyangga kaca, batang jendela dan yang lainnya.

Di Indonesia, Anda bisa menemukan berbagai jenis kayu yang berkualitas dan cocok dipakai untuk pembuatan konstruksi rumah. Bagi Anda yang ingin tahu apa saja jenis kayu yang bisa digunakan untuk membangun rumah, bisa simak daftarnya di bawah ini.

Daftar Jenis Kayu Untuk Dinding Rumah

Daftar kayu yang digunakan untuk membangun rumah yang berkualitas adalah:

1. Kayu Jati

Kayu jati merupakan jenis kayu terbaik yang terkenal dengan keindahan, kekuatan dan juga kestabilannya jadi sangat cocok dipakai untuk membangun rumah. Kayu jati juga tahan dengan jamur, rayap dan juga serangga hingga tahan dengan berbagai segala macam cuaca dan bahan kimia.

Kelebihan yang dimiliki kayu jati adalah sifatnya tidak berlubang dan lapuk sehingga membuat kayu ini bisa membuat rumah Anda jadi lebih awet. Harga kayu jati juga cukup mahal karena memiliki banyak kelebihannya.

2. Jenis Kayu untuk Dinding Rumah: Kayu Kamper

Macam-macam kayu untuk dinding rumah berikutnya adalah kayu kamper. Kayu yang satu ini mempunyai aroma yang cukup khas jadi dinamakan dengan kayu kamper. Kelebihan yang dimiliki dari kayu satu ini adalah kuat dari serangan serangga dan juga cukup ringan dibandingkan dengan kayu jati.

Serat kayunya memiliki tekstur halus dan juga terlihat begitu indah. Umumnya, kayu kamper dipakai untuk bahan membuat pintu atau jendela rumah.

3. Kayu Merbau

Bagi Anda yang ingin kayu yang kuat namun tidak mahal harganya seperti kayu jati, bisa memilih kayu merbau. Tekstur yang dimiliki pada kayu ini cukup keras dan juga stabil jadi bisa dijadikan untuk pengganti kayu jati.

Kayu merbau juga cocok dipakai untuk penyangga maupun tiang atap rumah Anda. Karena begitu kuatnya, kayu ini dapat mematahkan mata gergaji jika pengerjaannya tidak berhati-hati.

Baca juga: Inspirasi Moulding Dinding, Bikin Rumah Menawan

4. Kayu Bengkirai

Jenis kayu yang digunakan untuk rumah selanjutnya lagi adalah kayu bengkirai. Kayu yang satu ini merupakan salah satu jenis kayu yang terbaik di Indonesia sebab sifatnya kuat dan juga tahan lama. Kekuatan pada kayu ini bahkan bisa setara dengan kekuatan pada kayu jati juga.

Kayu ini sering dipakai untuk material konstruksi berat, seperti dijadikan rangka atap kayu, pagar rumah sampai decking. Kayu bengkirai juga tahan dengan segala macam cuaca jadi cocok digunakan untuk eksterior rumah.

5. Kayu Kelapa

Jenis kayu untuk dinding rumah berikutnya adalah kayu kelapa dan juga dapat digunakan untuk material rumah dan biasanya yang sudah berumur 60 th ke atas. Kayu kelapa yang tidak menghasilkan buah kelapa lagi jadi perlu ditebang dan diganti pohon yang baru lagi.

Kayu kelapa ini mempunyai kelebihan mudah dijadikan untuk balok kayu yang dipakai juga untuk tiang penyangga rumah. Tampilan pada kayu kelapa yang berkualitas ini juga cukup estetik dan juga menarik, jadi akan membuat hunian Anda terlihat lebih unik.

Itulah dia daftar jenis kayu untuk dinding rumah dan untuk membangun rumah dan Anda dapat mengunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan jasa tukang kayu yang menggunakan jenis kayu yang berkualitas di atas.

Suwun juga menyediakan aplikasi yang dapat didownload. Download segera aplikasi Suwun dari Play Store atau App Store sekarang juga.

Artikel yang Direkomendasikan