Cara Memasang AC Baru dengan Benar

Banyak masyarakat yang menyewa jasa memasang AC agar cara memasang AC baru baik dan benar. Apabila Anda memiliki AC baru di rumah sebenarnya bisa memasangnya sendiri dengan mengandalkan pengalaman pekerjaan pipa saluran air serta listrik. Sebenarnya Anda bisa memasang AC sendiri tanpa perlu meminta bantuan orang lain atau teknisi AC ke rumah.

Biasanya masyarakat memanggil teknisi AC untuk pemasangan AC dan Anda harus mengeluarkan biaya pemasangannya. Anda bisa mencoba memasang AC sendiri dengan mengikuti beberapa langkah-langkahnya dengan baik. Nah, bagi Anda yang ingin memasang AC sendiri di rumah bisa simak caranya di bawah ini.

Persiapan dan Cara Memasang AC Baru Sendiri

Ada beberapa persiapan perkakas yang perlu Anda siapkan sebelum memasang AC sendiri di rumah yang bisa Anda gunakan, dan jenis peralatannya adalah:

  1. 2 kunci pas
  2. Selotip listrik
  3. Pompa vakum
  4. Pengikat kabel
  5. Bor dengan mata bor
  6. Waterpas
  7. Sekrup
  8. Jangkar plastik
  9. Penutup dan isolasi
  10. Busa poliuretan mengembang
  11. Pengikat

Cara Instalasi AC Baru

Panduan memasang AC baru sendiri dengan mudah dan benar adalah:

1. Menentukan Lokasi Pemasangan AC

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk memasang AC di rumah adalah menentukan lokasi untuk menempelkan unit AC indoor dan outdoor. Hindari lokasi pemasangan AC yang terkena dengan cahaya matahari secara langsung dan juga sumber panas supaya tidak mengganggu sistem kerja pada AC.

Biasanya indoor AC perlu ditempelkan kurang lebih 2,13 m di atas tanah lokasinya. Kemudian Anda bisa instalasi AC di lokasi yang dekat dengan sumber listrik dan maksimal 2 meter jaraknya dari AC. Dinding untuk pemasangan AC juga harus kuat supaya bisa menahan AC dan Anda dapat membuat bingkai kayu maupun besi untuk bantuan tambahan.

2. Memasang Lempengan Besi Penyangga AC

Langkah atau tips cara instalasi AC baru berikutnya adalah memasang lempengan besi penyangga AC. Caranya mudah, yaitu dengan menahan lempengan pada dinding yang akan dipasang AC indoor.

Pakai waterpas agar bisa memastikan bingkai dengan bentuk kotak secara vertikal dan horizontal. Selanjutnya, bor ke dinding di titik yang pas untuk pemasangan lempengan ke dinding dan terakhir tinggal memasukkan jangkar plastik ke lubang, kemudian kencangkan lempengan di dinding menggunakan sekrup.

Baca juga: Biaya Instalasi AC Tergantung Jenis AC nya

3. Membuat Lubang Pipa Saluran Pembuangan

Cara pasang instalasi AC baru selanjutnya lagi adalah Anda tinggal membuat lubang pipa saluran pembuangan dari AC. Caranya adalah temukan titik yang tepat untuk lubang pipa pembuangan air dari AC. Anda perlu mempertimbangkan panjang dan juga jarak AC outdoor.

Lubangnya sebaiknya melandai turun ke AC outdoor agar bisa memastikan drainase cukup. Nah, sisanya bisa dimasukkan pinggiran pipa ke lubangnya. Anda bisa membuat lubang pipa saluran pembuangan dengan peralatan yang sudah dipersiapkan. Pastikan juga saat membuat lubang pada dinding harus perlahan supaya lubangnya pas dan juga tidak mengotori ruangan di dalamnya.

4. Menghubungkan Pipa

Cara instalasi AC baru sendiri terakhir setelah semua bagian terpasang dengan baik, kemudian Anda tinggal menghubungkan pipa, memilih tempat pemasangan unit indoor, menyambungkan ke aliran listrik dan mengeluarkan udara serta kelembaban dari sirkuit pendingin.

Nah, seperti itulah cara pasang AC baru dengan mudah. Anda bisa mengunjungi Suwun.co.id untuk mendapatkan rekomendasi jasa pemasangan AC yang terpercaya.

Suwun juga menyediakan aplikasi yang bisa Anda download. Segeralah download aplikasi Suwun di Play Store atau App Store dan nikmati fitur lengkapnya.

Artikel yang Direkomendasikan