Manfaat Taman yang Dapat Dirasakan Dalam Sebuah Perumahan

manfaat-taman
Banyak Untungnya !! Inilah Fungsi dan Manfaat Memiliki Taman Rumah

Ketika sesorang memutuskan untuk membeli sebuah rumah, tentunya banyak hal yang akan menjadi bahan pertimbangan, diantaranya lingkungan sekitar rumah. Saat ini sedang trend memiliki hunian yang berorientasi pada lingkungan yang asri, karena masyarakat makin menyadari betapa pentingnya lingkungan yang asri bagi kesehatan. Salah satu kriteria hunian yang asri adalah memiliki ruang terbuka hijau atau taman di dalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat taman yang perlu anda ketahui. Semua manfaat ini bisa anda rasakan bersama orang di sekitar anda.

1. Menghasilkan oksigen serta menyaring polusi udara

Ini adalah manfaat utama dari adanya taman di hunian anda. Taman tentunya terdiri dari beragam jenis tanaman yang selain indah untuk dipandang tanaman – tanaman ini juga menghasilkan oksigen. Dengan adanya taman, udara di sekitarnya akan bersih dan bebas dari polusi udara. Maka dari itu bangunan di perkotaan perlu dilengkapi dengan taman agar udaranya tetap bersih.

Debu, asap kendaraan dan asap pabrik mengandung CO2 atau karbondioksida dapat menyebabkan gangguan pernafasan dan gangguan kesehatan lainnya. Namun beberapa jenis tanaman dapat menyerapnya serta menyaring udara. Hal ini tentu membuat lingkungan menjadi lebih sehat dan sejuk karna kaya akan oksigen.

2. Mempercantik rumah dan pelengkap arsitektur hunian

Konsep Smart Living Untuk Rumah Masa Depan | Frideas

Adanya berbagai jenis tanaman hias dan bunga yang beraneka ragam warnanya tentu akan membuat taman menjadi terlihat cantik. Ini adalah manfaat yang pasti dirasakan jika hunian anda ada tamannya. Rumah dengan dilengkapi taman yang indah dan rapi adalah impian setiap orang. Ada berbagai jenis taman yang dapat mempercantik rumah anda di dalam maupun di luar ruangan. Terlebih dilengkapi kolam ikan dan gazebo yang menjadi tempat anda bersama keluarga bersantai.

Taman yang dipadukan dengan hunian anda dengan serasi akan menambah nilai arsitektur dari rumah anda. Beragam jenis taman dapat dipilih untuk hunian anda agar sesuai dan serasi. Misalnya rumah minimalis bisa di padukan dengan taman yang minimalis atau taman vertikal minimalis

3. Dapat melepas penat dan menyegarkan tubuh

Berbagai tanaman yang bermanfaat sebagai penghasil oksigen di taman juga dapat anda manfaatkan untuk melepas penat dan menyegarkan tubuh. Anda dapat melakukan olahraga kecil dan yoga saat pagi hari di taman. Lalu bersantai di gazebo taman mengobrol dengan keluarga, atau sahabat lalu membaca buku ataupun sekedar menikmati udara yang segar dapat anda lakukan di taman. Ini manfaat taman rumah yang akan selalu anda rasakan.

4. Menjadi tempat bermain dan belajar anak

9 Manfaat Bermain untuk Anak - Info Sehat Klikdokter.com

Anak – anak anda juga bisa merasakan manfaat dari adanya taman. Belajar dan bermain di dalam ruangan terkadang membuat anak bosan. Taman di hunian anda dapat menjadi tempat untuk anak anda bermain tanpa khawatir tidak anda yang mengawasi karna anda bisa ikut bersantai atau mengerjakan pekerjaan sembari mengawasi anak anda.

Selain itu anak anda juga dapat belajar di taman. Karna dengan udara yang segar anak anda bisa lebih fokus belajar tanpa merasa penat atau bosan. Adanya manfaat taman rumah sebagai tempat bermain dan belajar adalah solusi untuk mengurangi penggunaan smartphone. Berbagai sarana permainan dapat anda lengkapi di taman tersebut. Jadi anak anda akan bermain dan belajar secara positif.

5. Hobi anda dapat tersalurkan

Beberapa hobi dapat tersalurkan jika anda memiliki taman, misalnya hobi berkebun dan memelihara ikan. Dengan adanya taman yang terdiri dari berbagai tanaman adalah sarana anda untuk menyalurkan hobi berkebun. Ini juga solusi bagi anda yang gemar urban farming. Anda dapat berkebun walaupun di kota.

Taman juga dapat di lengkapi dengan kolam ikan ataupun kolam ikan koi. Selain menambah keindahan. Anda juga dapat menyalurkan hobi memelihara ikan. Berbagai jenis ikan hias dapat anda pelihara untuk membuat taman anda semakin indah. Selain itu taman juga dapat di lengkapi dengan fasilitas olahraga sederhana yang tentunya juga bisa sebagai tempat anda berlatih dengan nyaman dan asri.

6. Area resapan air hujan dan dreinase

Di kota – kota besar terdapat berbagai bangunan besar yang harus di lengkapi dengan daerah resapan air. Biasanya resapan air ada pad ataman – taman di bangunan tersebut. Karena jika bangunan tidak dilengkapi dengan resapan air akan berbahaya jika musim hujan, dapat terjadi banjir apalagi jika kesadaran membuang sampah masih rendah. Taman yang menjadi daerah resapan air akan sangat bermanfaat bagi bangunan anda. Dan tentunya terhindar dari banjir.

Baca Juga: 8 Tips Mendesain Taman di Rumah

Ayo buat tamanmu sendiri

7 Tampilan Taman Rumah Mewah Paling Megah, Sudah Lihat?

Mengingat pentingnya fungsi taman, tak ada salahnya bila kamu berusaha menghadirkan taman di rumahmu. Sekarang ini sudah banyak jasa tukang taman yang dapat membuat pertamanan di manapun kamu tinggal dan berapa pun luas halaman yang ada, kamu dapat membuatnya. Apabila luas halaman rumah hanya tersisa sedikit, kamu dapat membuat taman dengan pola menempel ke dinding tembok. Buat saja penyangga tanaman dari rangka kawat yang di semen ke tembok. Setelah itu letakkan tanaman dengan pot di atasnya.

Begitu juga bila tak ada lagi halaman yang tersisa, kamu juga masih bisa membuat taman dengan menyiasati ruang yang ada. Misalnya dengan membuat tanaman gantung. Tentu saja model ini dibuat dengan menyesuaikan kondisi eksterior yang tersisa. Buatkan penyangga atau tempat menggantung pot-pot dari dua atau empat batang besi yang dihubungkan dengan kawat. Mudah kan? Apakah anda sedang mencari Jasa Untuk Merawat Taman ?

Artikel yang Direkomendasikan