Jarak Lubang Kloset Duduk dengan Dinding, Berikut Ukuran yang Ideal!

Ketika mendesain sebuah ruangan untuk dijadikan toilet haruslah melakukan perhitungan yang tepat, terutama jarak lubang kloset duduk dengan dinding. Jarak tersebut harus diatur sedemikian rupa agar penggunanya tetap duduk dalam posisi yang ideal dan tetap nyaman.

Selain itu, jarak tersebut juga menentukan seberapa efektif Anda bisa mengambil barang-barang di sekitar Anda. Karena itulah, Anda harus tahu berapa ukuran ruangan, jarak di sisi depan dan belakang, serta bagian kanan dan sisi kiri kloset duduk dengan dinding.

Jarak Lubang Kloset Duduk dengan Dinding di Sekelilingnya

Meskipun dipasang menempel, tetapi ada juga kloset duduk yang harus memiliki jarak lubang kloset dengan dinding bagian belakang, tetapi tidak sampai 5 cm. Sela ini memiliki fungsi untuk membersihkan bagian belakang atau punggung kloset.

Lalu untuk ukuran jarak lubang kloset duduk dengan dinding bagian depan yang mengarah ke pintu, disarankan 60 cm. Apabila posisi kloset duduk tepat di depan pintu atau memiliki posisi lurus dengan pintu, jaraknya lebih lebar yaitu 80 cm. Ukuran ini dihitung dari bagian depan kloset duduk ke dinding atau pintu, bukan dari bagian punggung.

Jarak Lubang Kloset Duduk Dengan Dinding, Apa Saja yang Musti Diperhatikan?

Jarak lubang kloset duduk dengan dinding di samping kanan kiri juga harus diperhatikan. Disarankan Anda membuat lebar antara jarak kanan kiri kloset dengan tembok, setidaknya bisa dilalui ketika Anda berjalan atau tidak terbentur dinding maupun kloset itu sendiri.

Lalu jika Anda menggunakan kloset duduk Toto, berapa jarak lubang kloset duduk Toto dengan dinding?

Jika melihat dari dimensi kloset Toto yaitu 70.2 cm x 38.1 cm x 76.8 cm, maka untuk lebar kamar mandi disarankan 80 cm dengan jarak antara toilet as dan dinding di kanan kiri disarankan 20 cm.

Ukuran Ideal Kloset Duduk

Kloset duduk memang memiliki bermacam-macam jenis, tetapi idealnya memiliki tinggi yang dihitung dari dasar lantai hingga dudukan kloset yaitu 40 cm. Kemudian, ukuran lebarnya yaitu sekitar 70 cm hingga 75 cm. Bagian dudukan yang berbentuk oval memiliki ukuran panjang 33 cm dan lebar 20 cm.

Posisi Kloset Duduk yang Tepat

Pada pemasangan kloset duduk akan dibuat permanen menempel pada dinding bersamaan dengan tangki air. Ini bertujuan untuk menghindari kebocoran dari saluran pembuangan serta kloset duduk itu sendiri.

Untuk posisi pemasangannya, sebaiknya dipasang lebih dekat dengan pintu kamar mandi agar sirkulasi udara berjalan baik. Namun, jangan memasangnya dekat jendela, apalagi yang memiliki posisi jendela yang rendah agar tidak terlihat dari luar.

Baca juga: Desain WC Jongkok Modern, Sederhana dan Nyaman

Ukuran Pintu Toilet

Jika melihat rata-rata tinggi orang dewasa di Indonesia, pintu toilet bisa dibuat dengan dimensi tinggi minimal 180 cm dan lebarnya sekitar 65 cm. Untuk ukuran tersebut adalah ukuran bersih dari bukaan pintu, agar nyaman ketika seseorang mengakses pintu toilet.

Disarankan bukaan pintu didesain dengan bentuk diayun, bukan digeser yang rawan tembus air karena kurang rapat. Bahan yang digunakan juga sebaiknya berbahan PVC yang tahan air alih-alih menggunakan kayu yang mudah lapuk.

Penempatan Lubang Drainase

Selain memperhatikan jarak lubang kloset duduk dengan dinding dan dimensi pintu, penempatan lubang drainase juga harus diperhatikan posisinya. Ini penting untuk mengalirkan air yang tumpah ke lantai agar tidak menggenang di toilet.

Untuk posisinya sendiri berada di pojok ruangan atau di sebelah kloset duduk, dan pemasangan lantai memiliki kemiringan 4% ke arah lubang drainase agar air mengalir dengan baik.

Ada juga pipa ukuran jarak lubang kloset duduk dengan dinding yang harus Anda perhatikan yaitu berdimensi 4 inci atau kurang lebih 10 cm.

Nah itu dia cara pemasangan kloset duduk dan jarak lubang kloset duduk dengan dinding yang ideal. Ukuran tersebut dihitung agar pengguna memiliki kenyamanan dan tidak merasa sempit saat berada di toilet.

Namun, jika Anda masih membutuhkan jasa konsultasi pembuatan desain toilet, Anda bisa kunjungi Suwun.co.id. Atau bisa download aplikasi Suwun di Play Store maupun App Store.

Artikel yang Direkomendasikan