Tips Perawatan Mesin Cuci Agar Tetap Awet

jasa-cuci-pakaian

Pekerjaan mencuci sering menjadi musuh bagi ibu-ibu. Untuk itu, mesin cuci dianggap sebagai sahabat yang dapat meringankan pekerjaan ini. Tentunya mesin cuci juga memerlukan perawatan agar tidak cepat rusak. Bukankah kalau mesin cuci rusak Ibu juga yang akan terkena kerepotan tambahan? Rusaknya mesin cuci bisa dikarenakan cara penggunaannya yang salah atau kurangnya perawatan. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik dalam penggunaan dan perawatan agar mesin cuci Ibu jadi awet.

1. Tempat Menyimpan Mesin Cuci

Cara Merapikan Ruang Cuci | Blog Ruparupa

Cara pertama yakni dengan memperhatikan lokasi penyimpanan mesin cuci di bagian rumah anda. Mesin cuci sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab. Tempat lembab dapat mempercepat kerusakan pada bagian mesin cuci.
Selain itu, tempat yang tidak tembus sinar matahari juga tidak baik karena berpengaruh pada suhu dalam tabung mesin cuci.

2. Jangan Paksa Kapasitas

Serba-Serbi Mendulang Untung Besar dari Bisnis Laundry Kiloan

Hal yang sering dilakukan oleh orang-orang karena terburu-buru mencuci adalah dengan memaksakan kapasitas tabung mesin cuci. Anda biasanya secara tidak sadar memasukkan pakaian terlalu banyak. Hindari lakukan hal tersebut karena kinerja mesin cuci tidak maksimal dan kotoran pada pakaian tidak cepat bersih.

3. Jangan Kelamaan Menyimpan Pakaian

Penting! Inilah Cara Menggunakan Mesin Cuci Agar tidak Cepat Rusak

Selain hal di atas, kebiasaan buruk lain adalah terlalu lama menyimpan pakaian kotor di dalam mesin cuci. Padahal, hal ini bisa menyebabkan bau tidak sedap pada mesin cuci, sehingga anda harus mencuci ulang pakaian kotor atau kering yang sudah tersimpan dalam mesin cuci sebelumnya. Jika begitu, anda sama saja melakukan pekerjaan yang sama sebanyak dua kali.

4. Gunakan Mesin Cuci Sesuai Jenis Pakaian

Mesin cuci modern biasanya memiliki pengaturan untuk menyesuaikan jenis pakaian yang dicuci. Misalnya saat mencuci pakaian jenis jeans, tentu memiliki pengaturan berbeda saat mencuci pakaian berbahan katun. Menggunakan pengaturan sesuai dengan jenis pakaian akan membuat awet mesin cuci.

Baca Juga: Cara Memilih Jasa Service Komputer Terdekat

5. Bersihkan Tabung dan Filter sebagai Perawatan Mesin Cuci

Mesin Cuci Pun Perlu Dicuci, Begini Caranya... Halaman all - Kompas.com

Membersihkan tabung dan filter mesin cuci menjadi salah satu tips merawat mesin cuci selanjutnya. Setelah proses pencucian selesai, isi mesin cuci dengan air secukupnya lalu atur dengan mode cleaning. Setelah itu, cuci juga filter mesin cuci yang merupakan tempat bersarangnya noda-noda dari pakaian.

6. Cabut kabel Setelah Digunakan

Cabut Colokan Peralatan Elektornik saat Tak Dipakai, Tagihan Listrik  Bulanan Langsung Turun Drastis - Tribun Jogja

Setelah mesin cuci selesai digunakan, sebaiknya anda juga memperhatikan colokan kabelnya, agar dicabut supaya tidak terjadi konsleting listrik saat terjadi mati listrik karena pemadaman.

7. Bagian Vital Hindarkan dari Air dan Detergen

Beberapa bagian vital mesin cuci seperti panel-panel dan modul PCB wajib dihindarikan dari air dan detergen. Jika terkena air seidkit saja, segera keringkan agar tak terjadi konslet atau kerusakan.

8. Jangan Memaksa untuk Hentikan Timer

Kenali Pengaturan dalam Mesin Cuci Sesuai Jenis Pakaian - Lifestyle  Fimela.com

Timer digunakan untuk mengatur lamanya melakukan proses pencucian oleh mesin cuci, Jangan sekali-sekali memaksa untuk memberhentikan secara paksa timer tersebut. Tunggu hingga mesin cuci menjalankan tugasnya dengan baik.

Artikel yang Direkomendasikan